LIGA INGGRIS
Baru Satu Laga, Maguire Menjawab Statusnya sebagai Bek Termahal di Dunia
14 August 2019 14:46 WIB
berita
Bek tengah Harry Maguire tampil impresif dalam laga debut dengan membantu MU membungkam Chelsea di Old Trafford, akhir pekan lalu./AFP
MANCHESTER – Sektor serangan Manchester United FC (MU) dibanjiri pujian usai menjamu Chelsea FC dalam laga perdana Liga Primer, Minggu (11/8) lalu. Efektivitas Marcus Rashford, Anthony Martial, serta Daniel James memastikan kemenangan 4-0 Setan Merah. Tetapi kesuksesan ini tak akan tercapai tanpa soliditas yang diperlihatkan sektor pertahanan. Dan, peran Harry Maguire pada partai tersebut sangat vital.

Laga versus Chelsea menandai debut bek tengah 26 tahun itu bersama MU setelah didatangkan dengan banderol 80 juta paun (Rp1,38 triliun) dari Leicester City FC, 2 Agustus lalu. Semua berjalan sempurna bagi Maguire. Setan Merah menang meyakinkan atas salah satu rival terberatnya, memetik tiga poin, dan mencatatkan clean sheet (tidak kebobolan) di Old Trafford.    




Baca Juga :
- Zidane Bertemu Pogba, Begini Reaksi Solskjaer
- Terungkap, Zidane dan Pogba Bertemu di Dubai, Terlibat Percakapan 10 Menit




Hari itu kian sempurna untuk Maguire karena ia dinobatkan sebagai Man of The Match. Dengan status bek termahal di dunia, pemain timnas Inggris itu tidak terlihat gugup bermain di hadapan lebih dari 70 ribu fan MU. Sebaliknya, Maguire bermain sangat tenang dan membangun koordinasi yang sangat baik dengan rekan-rekan barunya. Efek yang dihadirkannya memang sangat signifikan.

Ia membuat sapuan bola serta intersep terbanyak dibandingkan pemain MU lain, masing-masing tujuh dan dua kali. Maguire juga melakukan blok dan memenangi duel udara lebih banyak daripada rekan-rekannya. Tak sekalipun pemain lawan mampu melewatinya. Eks pemain Hull City AFC ini juga nyaman saat menguasai bola. Maguire 72 kali menyentuh bola serta mencatatkan akurasi operan mencapai 86 persen.  


Baca Juga :
- Jadwal Pertandingan Liga Primer Inggris Pekan 9, Sabtu-Selasa 19-22 Oktober 2019
- Ujian Setan Merah Sesungguhnya


Bukan hanya saat bertahan, sang bek juga turut berkontribusi juga ketika menyerang. Ini terlihat dalam proses gol kedua yang dicetak Martial. Maguire mampu merebut bola yang dikuasai striker Chelsea Tammy Abraham. Dengan cepat ia mengirim umpan ke depan. Hasil intersep Maguire itu lalu berujung gol Martial yang sukses memaksimalkan assist gelandang Andreas Pereira dari sisi kiri pertahanan The Blues.

“Saya menjulukinya ‘The Beast’. Seperti yang Anda lihat, Harry (Maguire) benar-benar impresif. Dia bek dengan karakter dan kualitas hebat. Tak butuh waktu lama baginya untuk menyatu dengan kami,” ujar gelandang MU Paul Pogba. “Kami bicara banyak soal mengontrol pertahanan dengan baik dan Harry langsung mampu menjalin kombinasi solid dengan Victor (Lindeloef).”

Eks pelatih Chelsea dan MU Jose Mourinho pun terkesan dengan performa debut Maguire. Special One bahkan yakin ia akan mampu menjadi pembeda bagi skuat Ole Gunnar Solskjer musim ini. “Sebuah tim selalu butuh sesuatu yang membuat mereka tampil percaya diri, Maguire menghadirkan itu bagi MU,” kata Mourinho. “Saya selalu mengatakan Lindeloef bisa menjadi bek hebat  Dengan Maguire hal itu bisa terjadi.”

Setara Van Dijk 

Bukan hanya Mourinho, Jonny Evans, mantan pemain MU yang juga rekan setimnya di Leicester, percaya Maguire akan mampu menjawab ekspektasi publik Old Trafford. Menurutnya, sang bek berpotensi menghadirkan dampak seperti yang diperlihatkan Virgil Van Dijk di Liverpool FC. Bek asal Belanda itu sukses membantu The Reds menjuarai Liga Champions dan finis sebagai runner-up Liga Primer musim lalu.

Seperti Maguire, Van Dijk pun sempat menanggung beban sebagai bek termahal di dunia setelah Liverpool menghabiskan dana 75 juta paun demi merekrutnya dari Southampton FC, Januari 2018 lalu. Namun ia menjawab ekspektasi dengan penampilan solid sekaligus menjadi solusi lini pertahanan yang sebelum kedatangannya selalu menjadi titik kelemahan The Reds.   

“Anda bisa membandingkan permainan mereka (Maguire dan Van Dijk). Keduanya sama-sama piawai memainkan bola. Refleks mereka sangat bagus. Keduanya juga tangguh, luar biasa dalam duel udara, dan tergolong cepat meski berpostur besar. Harry sosok yang memang dibutuhkan MU,” ujar Evans.

Van Dijk sendiri pun tak kecewa statusnya sebagai bek termahal di dunia kini diambil alih Maguire. Menurutnya, di satu sisi itu akan menjadi beban, tetapi di sisi lain hal tersebut bisa memotivasi pemain. “Nilai transfer akan menghadirkan beban, tetapi itu tidak terlalu berpengaruh karena tekanan selalu ada saat memperkuat tim besar seperti MU. Saya hanya bisa bilang good luck untuk Maguire,” kata Van Dijk.***

RAPOR DEBUT HARRY MAGUIRE BERSAMA MAN. UNITED
(versus Chelsea – 11 Agustus 2019)
Menit main: 90
Menyentuh bola: 72
Menang duel udara: 4
Tekel: 0
Intersep: 4
Clearance: 7
Blok: 2
Pelanggaran: 0
Operan (akurasi): 57 (86%)
Operan kunci: 1
 

 

I
Penulis
I Gede Ardy E