TOP FEATURE FOOTBALL
Jumlah Pemain Asal Inggris yang Tampil sebagai Starter Meningkat
14 August 2019 13:42 WIB
berita
Luke Shaw, Tammy Abraham, dan Marcus Rashford (ki-ka) menjadi tiga dari 83 pemain asal Inggris yang diturunkan sebagai starter pada pekan pertama Liga Primer 2019/20./Istimewa
ADA fenomena positif terjadi pada pekan perdana Liga Primer 2019/20. Jumlah pemain asal Inggris mengalami kenaikan tertinggi untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun terakhir. Tercatat ada 83 pemain lokal yang tampil starter untuk 20 klub peserta. Dan, Manchester United FC (MU) menurunkan yang paling banyak, yakni lima nama!

Terakhir kalinya, pemain lokal turun dalam jumlah besar mengawali laga pekan pertama di Liga Primer terjadi pada musim 2010/11, dengan total 85 pemain lokal tercatat dalam daftar starter 20 klub. Kali ini, dengan 83 nama, artinya 37,73 persen pemain yang starter sepanjang laga akhir pekan lalu adalah pemain asal Inggris.


Baca Juga :
- Yeo Mariba, Sosok Ibu Super bagi Pogba Bersaudara
- Walker-Peters, Pemain Sekaligus Fan Fanatik Tottenham




Yang juga menarik disimak adalah dari 83 pemain itu, 22 di antaranya tersebar di enam klub teratas: Manchester City FC, Liverpool FC, Chelsea FC, Tottenham Hotspur FC, Arsenal FC, dan MU. Itu tertinggi sejak 2016/17. Dan semua starter untuk keenam tim itu berusia di bawah 30 tahun, dengan usia rata-rata adalah 23 tahun 351 hari.

Ainsley Maitland-Niles, Calum Chambers, Joe Willock dan Reiss Nelson dimainkan sejak awal saat Arsenal mengalahkan Newcastle United FC 1-0. Sementara itu, Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, dan Jordan Henderson bermain penuh saat Liverpool  membukukan kemenangan 4-1 atas Norwich City FC pada laga Jumat (9/8) lalu.


Baca Juga :
- Kontroversi Masih Menjadi Bumbu Penerapan VAR
- Klopp Kagumi Hasil Kerja Farke


MU menjadi skuat yang paling Inggris. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer menurunkan lima pemain lokal ketika menaklukkan Chelsea 4-0 di Old Trafford, Minggu (11/8). Pemain baru Aaron Wan-Bissaka dan Harry Maguire dipasang starter bersama kolega senegara mereka dari Inggris: Luke Shaw, Jesse Lingard, dan Marcus Rashford.

Mason Mount, Ross Barkley, dan Tammy Abraham memulai pertandingan lawan Setan Merah untuk Chelsea. Sial bagi Frank Lampard yang menandai debut kompetitifnya sebagai pelatih The Blues dengan kekalahan menyakitkan. Gawang The Blues kebobolan empat gol yang berakibat pasukan Stamford Bridge berada di zona degradasi.

Juara Liga Primer, Man. City, memasukkan nama tiga orang Inggris dalam komposisinya untuk laga pertama menghadapi West Ham United FC di London Stadium. Kyle Walker, John Stones, dan Raheem Sterling bermain sejak kick-off. Sterling bahkan hattrick dalam laga yang berakhir dengan kemenangan 5-0 The Citizens tersebut.

Sementara itu pelatih Mauricio Pochettino menurunkan Kyle Walker-Peters, Danny Rose, Harry Winks, dan Harry Kane untuk Tottenham. Dan, kemenangan 3-1 mampu mereka raih atas Aston Villa FC. Namun, mungkin ada lebih banyak pemain Inggris lainnya yang bermain starter untuk Spurs jika gelandang Dele Alli dalam kondisi fit.

“Saya pikir ini bukan kebetulan,” ujar Ged Roddy, Manajer Akademi Sepak Bola Reading FC. “Dengan kehadiran pelatih asal Inggris, artinya akan lebih banyak talenta-talenta lokal yang mendapatkan kesempatan. Mereka tentu ingin membantu pemain-pemain Inggris berkembang di Liga Primer.”*NURUL IKA HIDAYATI

 

 

I
Penulis
I Gede Ardy E
news