LIGA 1
Jelang Laga Besar Persija Jernihkan Pikiran
14 August 2019 13:45 WIB
berita
JAKARTA - Persija Jakarta terus melakukan persiapan metang demi mendapatkan hasil y positif ketika mereka bertanding ke markas tim bertabur bintang Madura United di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Jumat (16/8) mendatang.

Diketahui kini Macan Kemayoran, julukan Persija, sedang mengalami situasi sulit. Raihan poin penuh di Liga 1 tak kunjung mereka dapatkan sejak awal Juli lalu. Anak asuk Julio Banuelos itu tercatat mendapatkan poin penuh di Liga 1 terakhir kali kala mengalahkan PSS Sleman dengan skor 1-0 pada 3 Juli lalu.


Baca Juga :
- Percuma jika Persija Tak Menang
- Hadapi PSS, Tira Persikabo Ibarat Buldoser




Terkait hal tersebut, lini pertahanan serta transisi dalam bertahan tim ibu kota dipertanyakan. Banuelos mengaku sedang mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan timnya dalam beberapa partai terakhir ini.

Masalah fokus pemain dan kurang rapatnya lini pertahanan menjadi beberapa faktor utama yang dibenahi. Terpenting, juga menjernihkan pikiran pemain lebih dulu usai menghadapi berbagai tantangan dan tekanan.


Baca Juga :
- Ragam Ucapan HUT Republik Indonesia Ke-74 dari Klub Sepak Bola
- Ini Strategi Bali United Saat Hentikan Rekor Tira Persikabo


Karena hal itu, pelatih asal Spanyol menekankan dan melatih para pemainnya dengan intensitas latihan yang cukup tinggi namun dengan suasana menyenangkan di lapangan Sutasoma PS AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin.

Dalam latihan ini pemain di bagi dua kelompok, yaitu kelompok oren dan biru. Sesi pertama pemain ditugaskan untuk memainkan penguasaan bola. Grup yang memegang bola sebisa mungkin mempertahankan penguasaan bola dengan baik. Namun tim yang mengejar bola harus merebut dengan strategi pressing.

Latihan ini dikhususkan untuk melatih konsentrasi dalam bertanding nanti dan juga tentu ini akan berdampak dengan baik bagi lini pertahanan Persija yang selama ini selalu hilang fokus setelah berhasil unggul dalam pertandingan.

“Persiapan tim sudah kami jalani selama dua hari untuk menuju laga besar. Bagi saya dalam dua hari ini (kemarin) respons pemain dalam latihan fantastis. Selalu ada perkembangan yang baik dari mereka. Para pemain juga dalam kondisi bagus dan kami tahu laga nanti akan sulit tetapi jangan khawatir tim sudah siap untuk laga itu,” ujar Banuelos.

Belum bisa membawa Macan Kemayoran mendapat hasil sempurna, membuat Banuelos semakin termotivasi untuk terus berusaha dengan maksimal. Dirinya juga mengaku tidak jarang mendapat pressure yang kuat dari luar lapangan.

“Ya, selalu ada tekanan. Apalagi saya memimpin tim besar seperti di Persija. Pasti selalu ada tekanan. Tetapi saya harus selalu positif, saya pikir kerja keras tim yang fantastis, saya harap hasil positif akan segera tiba,” ujar Banuelos.

Di sisi lain, Steven Paulle dan Fitra Ridwan yang mengalami cedera melakukan latihan terpisah. Tim kepelatihan memberikan sesi latihan joging kepada pemain yang berposisi bek dan gelandang itu. Harapan untuk keduanya agar cepat pulih terpancar dari sang pelatih. Banuelos selalu mengamati setiap perkembangan kedua pemainnya itu.

“Perkembangan pasti ada tetapi kami akan mengadakan rapat terlebih dahulu dengan tim dokter. Untuk kondisi mereka sekaligus list pemain (ke Madura) nanti,” kata Banuelos yang akan memboyong skuatnya ke Madura, siang ini.

Banuelos sadar tim yang akan dihadapinya adalah tim yang kuat. Hal itu dilihat dari materi pemainnya yang bisa dibilang replika timnas Indonesia bercampur pemain asing yang mempunyai kualitas yang tidak dapat diragukan lagi.

Salah satu pemain yang menjadi sorotannya adalah Alberto Goncalves. Pemain ini diyakini akan merepotkan lini pertahanan Persija. “Saya tahu dia salah satu pemain andalan di tim nasional maupun di timnya. Dia sangat bahaya dan dia pasti mau melakukan yang terbaik. Tetapi tak ada yang istimewa. Yang paling berbahaya justru kesatuan timnya,” kata Banuelos.

Sementara itu, dalam laga nanti striker Persija Marko Simic akan berduel dengan teman lamanya di Persija yaitu Jaimerson Xavier. Menanggapi hal ini, Simic mengaku akan profesional dan tetap bermain dengan maksimal.

“Jaimerson adalah teman yang baik. Dia juga merupakan satu pemain belakang terbaik dan saya senang dapat kembali bertemu dengan dia di pertandingan nanti,” ujar striker asal Kroasia tersebut.***NIZAR GALANG GANDHIMAR

 

R
Penulis
Rizki Haerullah
news