UMUM
Timnas Rugby 7 Indonesia Ingin Hadapi Tim Kuat Lainnya, Targetnya ke Sri Lanka atau Australia
12 August 2019 16:40 WIB
berita
Sekjen PB PRUI sekaligus manajer Timnas Rugby 7 Indonesia, Doedie Gambiro (Foto: Topskor.id / Muhammad Pratama Supriyadillah)
JAKARTA – Timnas Rugby 7 Indonesia membutuhkan jam terbang agar bisa menjadi tim yang kompetitif dalam olahraga rugby sevens. Oleh karena itu, Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia (PB PRUI), menargetkan akan menggelar latih tanding di luar negeri.

Dalam ajang Asia Rugby Sevens Trophy 2019, Indonesia meraih peringkat ketiga di kategori putri dan keenam di kategori putra. Ini menjadi pencapaian yang cukup baik bagi tim yang baru serius menggeluti rugby 2 atau 3 tahun terakhir.




Baca Juga :
- Rugby 7 Indonesia Punya Modal ke SEA Games 2019 Filipina
- Ini yang Dibutuhkan Timnas Rugby 7 Indonesia untuk Jadi Tim Besar




Indonesia sendiri sebenarnya bisa meraih gelar juara di ajang tersebut, terutama di tim putri. Namun, diakui pelatih Timnas Rugby 7 Indonesia, George Wilson, dan sekjen PB PRUI, Doedie Gambiro, para pemain masih minim jam terbang.

Oleh karena itu, rencananya PB PRUI akan menggelar pemusatan latihan di luar negeri. Tujuannya adalah agar bisa melawan tim-tim besar lainnya, terutama di kawasan Asia terlebih dahulu.


Baca Juga :
- Rugby 7 Indonesia Bisa Bersaing di Tiga Besar SEA Games 2019!
- Hasil Lengkap Asia Rugby Sevens Trophy 2019: Indonesia di Peringkat 3 dan 6


Menurut Doedie sendiri, setidaknya ada 2 negara yang menarik perhatiannya. Kedua negara tersebut adalah Sri Lanka dan Australia. “Jika dananya ada, rencananya kami ingin ke Sri Lanka atau Brisbane (Australia),” ucap Doedie.

“Sri Lanka itu juga merupakan tim kuat. Klub-klub rugby di sana juga memiliki kekuatan yang sama rata. Mereka itu sama seperti India, yang sudah memainkan rugby sejak lama, karena mereka merupakan negara jajahan Inggris.”

“Jadi, jika dilihat atau diukur dari usia memainkan rugby, kita ini sudah luar biasa di turnamen ini, toh kita baru 3 tahun terakhir main rugby, baru diseriusin saja sebelum Asian Games kan,” tambahnya.

Jika memang jadi, Doedie mengatakan bahwa pemusatan latihan di luar negeri itu akan digelar pada akhir atau awal Oktober, sebulan jelang gelaran SEA Games 2019. ***

M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah