TINJU
Pacquiao Bisa Masih Juara Dunia di Usia 40 tahun, Ini Penjelasan Bernard Hopkins
12 August 2019 10:07 WIB
berita
Manny Pacquiao saat berlatih dengan Buboy Hernandez. -TopSkor.Id/Istimewa-
NEW YORK – Pada 17 Desember nanti, Manny Pacquiao akan berusia 41 tahun. Apakah saat itu dia masih jadi juara dunia atau tidak, belum ada yang tahu. Pastinya saat ini, Pacquiao adalah pemegang sabuk juara dunia kelas welter WBA Super. Satu nama lagi yang pernah jadi juara dunia di atas usia 40 tahun adalah Bernard Hopkins.

Di usia 49 tahun, Hopkins masih berstatus juara dunia kelas berat ringan WBA Super dan IBF. Sabuknya lepas setelah Hopkins dikalahkan Sergey Kovalev pada 8 November 2014 di usia 49 tahun 9 bulan. Melihat Pacquiao masih tampak luar biasa bugar, Hopkins bisa memberikan penjelasan.




Baca Juga :
- Klopp Kritik Cara Bermain MU, Jose Mourinho Datang Membela
- Lloris Cedera Lama, Tottenham Panggil Lagi Kiper Lama Ini tapi untuk Cadangan Saja




“Tubuh, pikiran, dan jiwa harus sangat dirawat,” kata Hopkins yang kini berusia 54 tahun. Soal ini, Pacquiao nomor satu. Dengan uang yang dia miliki, Pacquiao berlatih senyaman mungkin dan makan seenak mungkin. Dia akan lebih puas jika bisa makan bersama dengan semua kru.

Hopkins juga menilai kalau Pacquiao adalah petinju yang sangat komplet. Menurutnya, dengan segala kelengkapan yang dimiliki, bisa membuatnya bertahan lebih lama. Artinya, Pacquiao bisa bertinju dengan berbagai gaya, baik boxer atau fighter dengan sama baiknya. Bahkan, dia bisa bikin gaya sendiri sehingga semua lawannya bingung.


Baca Juga :
- Bobot Menyusut dan Pipi Tidak Tembam Lagi, Andy Ruiz Jr Buktikan Omongannya
- Cerdas! Juventus Pakai Pemain Gratisan Ini untuk Muluskan Langkah Boyong Eriksen


Namun, satu hal yang paling mendasar yang selalu jadi kunci kemenangan Pacquiao adalah kecepatannya membaca karakter lawan. “Ada satu momen saat pelatih tak bisa melihat itu,” ujar Hopkins. Saat itulah, Pacquiao mengubah gayanya dan langsung mengeksekusinya sendiri.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!