news
LIGA 1
Duel Borneo FC kontra PSM Makassar Diprediksi Sengit
10 August 2019 12:55 WIB
berita
Striker Borneo FC Lerby Eliandry/Foto: Husni Yamin
SAMARINDA – Meski PSM Makassar berstatus juara Piala Indonesia 2018/19, Borneo FC tidak gentar dan menargetkan menekuk Juku Eja di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (10/8). Optimisme Borneo FC bisa dimaklumi, mengingat mereka sudah menerobos tujuh laga beruntun tanpa kekalahan. 

Jika membuka catatan bentrok kedua tim di Samarinda, Borneo FC mencatat satu kali menang besar dengan skor 4-1 dalam pentas ISC A 2016. Kemudian menang tipis 3-2 pada Liga 1 2017 dan PSM menang satu kali tepatnya pada  Liga 1 2018 lalu. Bentrok kali ini diprediksi kembali sengit, mengingat kedua tim punya rekor positif akhir-akhir ini.




Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen Liga 1 2019, Minggu Malam
- Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2019, Minggu 10 November




Pelatih Borneo FC Mario Gomez mencanangkan tekad timnya meraup tiga poin melawan PSM. "Gelar juara Piala Indonesia pasti penting bagi mereka, tapi bagi kami pertandingan melawan PSM juga penting. Kami ingin menang," Gomez menegaskan, Jumat (9/8).

Wajar pelatih asal Argentina itu mencanangkan tiga poin, sebab dalam laga terakhir Pesut Etam ditahan tamunya PSS Sleman 2-2. "Saya berharap itu laga terakhir kami dicuri poin di kandang, selebihnya kami harus menang," kata Gomez. Optimisme kian terpancar karena hampir semua pemain fit dan siap dimainkan.


Baca Juga :
- Reaksi Skuat Borneo FC Usai Imbang Lawan Perseru BL
- Begini Keputusan Komdis PSSI Soal Laga Persebaya Vs PSM


Striker andalan Borneo FC, Lerby Eliandry, juga tidak mau kehilangan dua poin dari PSS terulang saat menjamu PSM. Baginya, itu sama saja seperti menderita kekalahan. "Kami akan memaksimalkan laga kandang melawan PSM. Di luar kandang kami boleh imbang tapi di kandang wajib menang," kata Lerby, yang musim ini sudah mengemas empat gol.

Sebaliknya pelatih PSM, Darije Kalezic, mengaku setelah performa bagus yang ditunjukkan timnya pada Piala Indonesia, kini timnya fokus pada Liga 1 2019.  "Fokus kami sempat terbagi tiga kompetisi, sekarang hanya satu," kata Kalezic.

Secara taktikal dan fisikal, para pemainnya dinilai sudah sangat siap. Ia memprediksi laga akan berlangsung menarik, karena Borneo FC belum terkalahkan di kandang sementara performa timnya sedang meningkat. "Saya berharap laga melawan Borneo FC kami mendapatkan hasil bagus," ucap Kalezic.

Pelatih asal Swiss ini membantah anggapan, melawan Borneo FC para pemainnya kelelahan usai melakoni tiga kompetisi dan terkuras usai final Piala indonesia. "Kalau mau jujur, gelar Piala Indonesia justru menambah kegembiraan dan kekuatan pemain. Artinya secara mental dan motivasi, tim kami sedang bagus-bagusnya," Kalezic menegaskan.

Timnya sudah tertempa dengan padatnya jadwal, sehingga sudah paham cara bersiap antarlaga per laga termasuk melawan Borneo FC. "Dalam empat bulan ini, kami harus memainkan 29 laga. Kami satu-satunya tim Liga 1 yang belum memainkan lima sampai enam laga dibanding tim Liga 1 yang lain," katanya.

PSM memboyong 18 pemain tanpa beberapa pemain pilar. Yaitu Willem Pluim (cedera), Guy Junior (cedera), Benny Wahyudi (cedera), Aaron Evans (sanksi kartu merah), dan Eero Markkanen (sanksi kartu merah). Kendati banyak pemain cedera, Darije tidak terlalu dipusingkan karena sudah men-drill pemain pengganti.

Striker PSM Ferdinand Sinaga menambahkan, timnya datang ke Samarinda meninggalkan euforia pesta kemenangan di Makassar. "Tapi, semangat pesta itu kami bawa ke sini. Kami akan berikan yang terbaik di Liga 1 untuk masyarakat Makassar," Ferdinand menegaskan.*Agustian Pratama

 

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news