LIGA 1
Top Scorer Persebaya pada Liga 1 2018 Mulai Berlatih bersama Bajul Ijo
06 August 2019 14:01 WIB
berita
Striker Persebaya David Da Silva saat berlatih bersama skuat Bajul Ijo, Senin (5/8)/Foto: M. Bahrul Marzuki
SURABAYA – Setelah setengah tahun lebih menghilang, David da Silva akhirnya kembali merumput di Surabaya. Calon striker Persebaya Surabaya itu sudah terlihat berlatih dalam tim di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin (5/8). David sendiri sebenarnya adalah striker Persebaya pada musim 2018 lalu.

Dalam musim pertamanya bermain di Liga Indonesia itu ia mampu menjadi top scorer tim dengan capaian 20 gol. Setelah itu, David memilih berkelana ke Liga Korea Selatan. Sayang kariernya bersama klub Korsel, Pohang Stellers, tidak begitu mulus. Ia dirundung cedera dan hanya mampu mencetak dua gol.




Baca Juga :
- Tanpa Diogo Campos, Osvaldo Haay, dan Misbakhus Solikin, Persebaya Campang-camping lawan Persela
- Hadapi Persebaya, Bukan Sekadar Misi Balas Dendam bagi Persib




Kini bersama Bajul Ijo, julukan Persebaya, David berharap karier cemerlangnya bisa kembali. Apalagi Persebaya memang membutuhkan predator andal di lini depan. Sebab dua pemain asing Amido Balde dan Manuchekhr Dzhalilov tampil belum maksimal sesuai ekspektasi yang diharapkan. 

Dari 12 laga yang dilalui Persebaya, dua penyerang asingnya itu hanya menyumbang lima gol. Empat gol oleh Balde sementara satu gol dari Dzhalilov. Ditemui usai latihan, David mengaku merasa senang bisa kembali berlatih dalam tim Bajul Ijo.


Baca Juga :
- Pikal: Melawan Persib Bukan Ajang Coba-coba Pemain Muda
- Hadapi Persib, Osvaldo Haay Diragukan, Namun Persebaya sudah Bisa Diperkuat Diogo Campos


"Sebelumnya saya sudah latihan gym di luar lapangan dan saya rindu lapangan," ujarnya. Dengan latihan lebih awal ini David berharap bisa menyatu dalam tim lebih cepat. "Saya berharap bisa melakukan adaptasi 100 persen setelah satu bulan latihan. Itu yang paling penting," pria asal Brasil ini menegaskan.

Ditanya soal perbedaan tim Persebaya saat ini, David mengatakan belum begitu tahu banyak. "Jadi sangat sulit untuk membandingkan. Saya merasa setiap pemain senang. Tapi saya merasa skuat ini ada kebersamaan," David menuturkan.

Tentang sosok pemain baru seperti Balde, Dzhalilov, dan Damian Lizio, menurut David mereka adalah pemain berkualitas. "Saya merasa ini bagus. Kami bisa berjuang untuk meraih kemenangan dalam semua pertandingan di kandang maupun tandang," bapak dua anak ini menuturkan.

Meski demikian, David menambahkan yang terpenting dari semua itu adalah kesiapan pemain. "Tidak penting kualitas kalau kami tidak siap. Mentalitas harus kuat juga itu paling penting," ia menambahkan.

Sementara itu asisten pelatih Persebaya Bejo Sugiantoro yang memimpin sesi latihan kemarin tidak memberikan banyak komentar perihal kembalinya David ini. "Masalah David lebih pas ditanya ke coach Djanur (Djadjang Nurdjaman),” kata Bejo.

“Kebutuhan pemain yang ngerti  ya head coach. Saya di sini untuk meng-handle coach Djanur yang tidak bisa hadir karena ada urusan keluarga," Bejo menambahkan.

Memang David belum bisa main saat ini. Sebab, pendaftaran pemain untuk putaran kedua Liga 1 belum dibuka. Diperkirakan pemain 29 tahun ini baru bisa main pada September mendatang.*M Bahrul Marzuki

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id