FORMULA 1
Verstappen Yakin Penuhi Target Red Bull di F1 2019
03 August 2019 10:10 WIB
berita
Max Verstappen
MOGYOROD – Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen optimistis target untuk memenangi lima balapan, tahun ini, bisa tercapai. Sejauh ini, tim sudah mendapatkan dua, seiring keberhasilan di Sirkuit Hockenheimrig, Jerman, akhir pekan lalu. Verstappen pun bertekad meneruskannya pada putaran ke-12 Formula 1 (F1).

Meski begitu, Verstappen menyadari balapan di Sirkuit Hungaroring, Hungaria, Minggu (4/8), tak akan mudah. Ini karena duo Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, ingin menebus kekecewaan pada balapan sebelumnya. Setidaknya, itu terlihat dari Latihan Bebas (FP) 1, Jumat (2/8).




Baca Juga :
- McLaren Ubah Filosofi Dasar jelang F1 2020
- Mercedes: Banyak Kesulitan dan Kesedihan yang Kami Lalui di F1




Hamilton langsung menekan dan jadi yang tercepat dengan 1 menit 17,233 detik. “Kami sudah meraih dua kemenangan, jadi untuk capai target, rasanya memungkinkan. Lomba akan memasuki jeda dan saat itu kami harus terus meningkatkan mobil demi memangkas jarak dengan Mercedes,” kata Verstappen.

Kolaborasi RB15 dengan mesin Honda juga makin solid. Meski kalah cepat dari Ferrari di trek lurus tapi tak terlampau jauh. “Menjadi cepat adalah kunci karena artinya akan lebih banyak kesempatan menang. Kami bekerja untuk mencapai target realistis dan sejauh ini mobil makin baik di tiap lomba,” katanya.


Baca Juga :
- Verstappen Sebut Honda Tak Konsisten
- Lewis Hamilton Komentari Team Order Ferrari yang Amburadul di GP Rusia 2019


Sirkuit Hungaroring terkenal dengan trek yang tidak terlalu lebar, serta memiliki banyak tikungan berkecepatan rendah. Pada tahun-tahun sebelumnya, Red Bull tampil baik karena terbantu efek downforce yang dimiliki mobil. Namun, hal itu juga sudah dipelajari Mercedes hingga mereka perlu mewaspadai W10.

“Saya berharap, tahun ini, mobil masih cocok dengan karakter sirkuit. Tapi, tidak pernah ada yang menjamin kami bisa tampil cepat karena Anda masih perlu menemukan setelan yang terbaik pada mobil. Tapi, sudah pasti kami akan memberikan upaya sepenuhnya untuk tampil cepat,” tutur Verstappen.

Hamilton pun menegaskan ingin tampil kuat demi mendapat poin penuh di GP Hungaria. Tim juga telah mempelajari kelemahan W10. B “Kami sadar bagaimana kinerja akhir pekan lalu. Namun, ada beberapa area yang menunjukkan kelemahan. Saya mengantisipasi agar lebih kuat dan hal buruk lalu tak terulang,” katanya.

Berbeda dengan Hamilton dan Verstappen, Sebastian Vettel justru memilih realistis dengan hasil yang mungkin diraih Scuderia Ferrari Mission Winnow di Hungaria. Tapi, pria asal Jerman itu menegaskan, masih fokus dengan raihan tim di sisa musim. Hanya, di sini, ia tak ingin memasang target terlalu tinggi.

“Kami datang ke sini bukan sebagai favorit karena karakter trek yang sedikit berbeda dan saya terbuka untuk itu. Begitu pula di sirkuit lain, di mana kami bisa tampil baik. Kami harus bekerja sama dan memiliki beberapa perangkat baru. Semoga itu membuat kinerja mobil lebih baik,” kata Vettel.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati