LIGA INTERNASIONAL
Perkenalkan! Wanita Ini Akan Memimpin Pertandingan Liverpool vs Chelsea
02 August 2019 18:40 WIB
berita
Stephane Frappart akan mengukir sejarah.
ISTANBUL - Stephane Frappart akan mengukir sejarah. Wanita ini dipercaya memimpin pertandingan Piala Super Eropa angtara Liverpool vs Chelsea. 

Dia didampingi dua asisten yang juga wanita, yakni Manuela Nicolosi asal Prancis dan Michelle O’Neal dari Irlandia. Sedangkan untuk official pertandingan keempat ada wasit asal Turki, Cuneyt Cakir.




Baca Juga :
- Crystal Palace Siap Bujuk Olivier Giroud Tinggalkan Chelsea
- Rafael van der Vaart Berikan Kritik Pedas Terhadap Penampilan Harry Maguire




Kedua tim Liga Premier akan bertanding di Instanbul, Turki pada 14 Agustus. Liverpool berstatus juara Liga Champions, sedangkan Chelsea penguasa Liga Europa.

Wanita Prancis Frappart telah dipilih untuk memimpin pertandingan. Ini kali pertama kompetisi Eropa dipimpin sang pengadil wanita. Frappart dikenal banyak orang setelah ia berada di lingkaran tengah untuk pertandingan final Piala Dunia Wanita bulan lalu antara Amerika Serikat dan Belanda.


Baca Juga :
- Tak Ada David de Gea, Kiper Liverpool dan Man-City Bersaing di Yachine Trophy
- Abraham Mengaku Suka Curi Ilmu dari Pemain Lain


Wanita berusia 35 tahun juga berhasil meniup semifinal Piala Eropa Wanita. Frappart membuat sejarah awal tahun ini, memimpin pertandingan Ligue 1 putra antara Amiens dan Strasbourg.

"Saya telah mengatakan dalam banyak kesempatan bahwa potensi sepak bola wanita tidak memiliki batas. Saya senang bahwa Stéphanie Frappart telah ditunjuk untuk memimpin di Piala Super UEFA tahun ini bersama dengan asisten wasit Manuela Nicolosi dan Michelle O'Neill," kata presiden UEFA Aleksander Ceferin.

Sejatinya sudah banyak wasit wanita yang memimpin pertandingan sepak bola pria di berbagai kompetisi. Selain Stephanie Frappart, ada pula wasit asal Jerman, Bibiana Steinhaus, yang menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Eropa.

Ketika itu Bibiana Steinhaus memimpin pertandingan di Bundesliga antara Hertha Berlin melawan Werder Bremen 2017 lalu.

"Sebagai sebuah organisasi, kami sangat mementingkan pengembangan sepak bola wanita di semua bidang. Saya harap keterampilan dan pengabdian yang ditunjukkan Stephanie sepanjang kariernya untuk mencapai level ini akan memberikan inspirasi bagi jutaan gadis dan wanita di seluruh Eropa dan menunjukkan mereka seharusnya tidak ada hambatan untuk mencapai impian seseorang."

Ketua wasit UEFA Roberto Rosetti juga memuji kemampuan Frappart. "Stephanie telah membuktikan selama beberapa tahun bahwa dia adalah salah satu wasit wanita terbaik, tidak hanya di Eropa tetapi di seluruh dunia," katanya.

Dia memiliki kemampuan untuk memimpin di panggung terbesar, seperti yang dia buktikan di final Piala Dunia Wanita tahun ini. "Saya harap pertandingan ini di Istanbul akan memberinya pengalaman lebih saat dia memasuki puncak karier wasitnya."
 

news
Penulis
Suryansyah