LIGA INGGRIS
Bielsa Targetkan Bawa Semifinalis Liga Champions 2000/01 Promosi ke Kasta Tertinggi
02 August 2019 15:15 WIB
berita
Pelatih Leeds United Marcelo Bielsa tampak serius mengawasi timnya bertanding dari sisi lapangan./Istimewa
LEEDS – Pelatih Marcelo Bielsa tidak ingin melewatkan kesempatan kedua untuk menyajikan sepak bola Liga Primer kepada fan Leeds United FC. Maklum, publik Elland Road memang sudah lama menantikan kebangkitan tim kebanggaannya. Musim lalu mereka nyaris promosi ke kasta tertinggi. Namun pada akhrinya gagal akibat kalah dari Derby County FC dalam play-off.

Sekarang Bielsa dan timnya akan berjuang lagi untuk itu ketika Divisi Dua (Championship) 2019/20 mulai bergulir akhir pekan ini. Juru taktik karismatik asal Argentina yang diidolakan pelatih Tottenham Hotspur FC Mauricio Pochettino itu membuat lega manajemenThe Whites. Ini menyusul kesediaannya bertahan di Elland Road musim ini.




Baca Juga :
- Liverpool Spesialis Pemecat Pelatih Lawan
- Laga Pembuktian Dua Bek Termahal




Leeds, yang merupakan semifinalis Liga Champions 2000/01 itu, akan memulai upayanya untuk memenangkan Championship pada Minggu (4/8) dengan menghadapi Bristol City FC. Kekecewaan pahit lantaran membuang keunggulan agregat 2-1 atas Derby County dalam semifinal play-off  pada Mei lalu, menjadi pengingat The Whites untuk tidak mengulang kesalahan serupa.

Dengan misi yang sama, Derby bahkan telah memperkuat diri dengan menunjuk Phillip Cocu sebagai pengganti pelatih Frank Lampard, yang memutuskan untuk menangani Chelsea FC. Tantangan juga datang dari West Bromwich Albion FC, semifinalis play-off, yang menunjuk Slaven Bilic yang sebelumnya melatih West Ham United FC.


Baca Juga :
- Belanja Manchester United Belum Sesuai Ekspekstasi
- Rapor Rashford Lebih Baik dari Trio Liverpool


Kali ini, Championship juga akan dipanaskan oleh kehadiran Cardiff City FC, Fulham FC, dan Huddersfield Town AFC yang terdegradasi dari Liga Primer akhir 2018/19 lalu. Dan, jika menyisir sejarah, Newcastle United FC adalah tim terakhir yang langsung kembali ke Liga Primer setelah tergelincir dari kompetisi elite Inggris itu pada 2016.

Sejauh ini, Leeds yang menghilang dari Liga Primer sejak 2004, paling difavoritkan bisa promosi otomatis ke papan atas. Dan, Bielsa, yang menjaga kepercayaan dengan mayoritas skuatnya musim lalu, ditambah meminjam Helder Costa dari Wolverhampton Wanderers FC, optimistis. "Kami pasti bisa mencapai target yang kami punya," katanya.

Terutama karena target promosi otomatis telah dibuat tanpa syarat oleh hierarki klub itu. Pemilik Leeds asa Italia, Andrea Radrizzani, membantah isu bahwa ia berusaha menjual klub. Pihak klub juga mengaku tak khawatir dengan minimnya wajah-wajah baru di Elland Road, bahwa "kontinuitas adalah nilai kami untuk musim depan".

"Ketika Anda benar-benar dekat dengan sesuatu dan Anda tidak mendapatkannya, Anda dapat mengambil dua jalan," kata Direktur Sepak Bola Victor Orta kepada BBC. "Bisa memikirkan kemungkinan kegagalan, atau memikirkan yang ada di depan Anda. Kami memutuskan yang kedua. Ketika Anda melihat ke belakang, Anda tidak bisa maju."

Minimal rezim latihan Bielsa yang terkenal ekstrim itu tak akan mengejutkan lagi. "Anda dapat melakukan dua, tiga, empat sesi sehari," kata kapten Liam Cooper. "Ada lepuhan keras di kaki saya. Sekujur badan sakit. Terkadang saya bahkan tidak bisa menidurkan gadis kecil saya pada jam 7:00 malam. Dan, itu berjalan hari demi hari."*NURUL IKA HIDAYATI

 

I
Penulis
I Gede Ardy E