INFOGRAFIS
Prediksi PSIS Vs Tira Kabo, Misi Suci Tuan Rumah
02 August 2019 08:33 WIB
berita
MAGELANG - PSIS Semarang akan menjamu tim papan atas, Tira Persikabo. Duel kedua tim akan dilakoni di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (2/8). Laga nanti menjadi pertaruhan untuk sang tamu yang hingga saat ini masih belum tersentuh kekalahan.

Tira Persikabo hingga pekan ke-11 ada di peringkat teratas dengan 23 poin dari 11 pertandingan yang dilakoni. Enam kemenangan dan lima hasil imbang menjadi bukti konsistensi tim asuhan Rahmad Darmawan (RD) hingga saat ini.




Baca Juga :
- Duel Barito vs PSIS, Tekad Perpanjang Tren Positif
- Komentar Banur Soal Kemenangan PSIS di Kandang Persela




Tira Persikabo juga menjadi tim dengan grafik paling stabil. Pada lima laga terakhirnya, The Army mencatat hasil menang-imbang-menang-imbang-menang. Bahkan, sementara ini Tira Persikabo menjadi tim produktif kedua setelah Madura United dengan mampu membobol gawang lawan 25 kali dan kebobolan 13 gol, ada surplus 12 gol.

Statistik ini memang bertolak belakang dengan tuan rumah, PSIS. Dari 10 laga yang sudah dijalani, PSIS ada di peringkat kesembilan dengan nilai 14. Makin terlihat mencolok saat melihat produktivitas gol tim asuhan Jafri Sastrak itu. Mahesa Jenar sejauh ini baru mencetak 10 gol dan kebobolan sembilan gol atau hanya surplus satu gol saja.


Baca Juga :
- Tiga Pemain Muda Promosi ke Bhayangkara FC
- Tira Persikabo vs Bhayangkara FC, Cari Poin Pengganti


Menghadapi Tira Persikabo, tuan rumah dipastikan memiliki kondisi yang lebih bugar. Ini karena PSIS terakhir kali bertanding saat menjamu Persib pada 21 Juli silam. Ini berarti ada waktu sekitar 10 hari istirahat yang dimiliki Hari Nur Yulianto dan kawan-kawan.

Semestinya memang akan menjalani laga tandang versus PSM di Makassar pada Senin (29/7) lalu. Namun laga ditunda karena PSM harus menjalani laga final leg kedua Piala Indonesia 2018 yang ternyata akhirnya ditunda juga. Sedangkan Tira Persikabo menjalani laga terakhirnya pada Jumat (26/7) lalu.

“Waktu yang panjang dalam recovery cukup menguntungkan tim kami. Namun ini tidak bisa jadi jaminan karena Tira Persikabo hingga saat ini adalah tim yang paling stabil,” kata Jafri, Kamis (1/8). Bakal absennya dua pemain lawan yakni Abduh Lestaluhu dan Parfait Essengue karena akumulasi kartu kuning dikatakan Jafri tidak akan banyak merubah kekuatan Tira Persikabo.

“Lawan sudah empat tahun bersama. Mereka tidak banyak mengalami perubahan komposisi pemain kecuali pemain asingnya. Mereka tetap saja tim yang solid dan sangat kuat musim ini,” mantan pelatih Mitra Kukar itu menambahkan. Dia juga mengaku memberikan sangat respek dengan trio pemain depan lawan yakni Osas Saha, Loris Arnaud, dan Ciro Alves yang sejauh ini sudah mencetak 17 gol.

PSIS sendiri dipastikan masih akan diperkuat oleh gelandang Patrick Mota. Meski harus diganjar kartu merah di laga lawan Persib sebelumnya, namun hukuman Mota hanya berlaku untuk laga lawan PSM yang akhirnya tertunda.

Sementara itu, meski di atas angin, pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan tak mau anak asuhnya jemawa. Menurut pelatih yang akrad disapa RD itu, PSIS adalah tim yang kuat dan wajib diwaspadai.

“Sejauh ini yang saya tahu, PSIS adalah tim yang ngeyel dan selalu dengan motivasi yang tinggi. Apalagi mereka akan tampil di depan pendukungnya sendiri,” kata RD.***SRI NUGROHO

 

 

R
Penulis
Rizki Haerullah