news
LIGA INGGRIS
Kiper Chelsea Bisa Bermain sebagai Gelandang
31 July 2019 15:39 WIB
berita
Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga dianggap salah satu penjaga gawang komplet karena piawai dalam penguasaan bola dan mengirim operan akurat./AFP
LONDON - Kiper utama Chelsea FC Kepa Arrizabalaga diyakini mampu diturunkan sebagai salah outfield player, pemain di luar penjaga gawang. Kemampuan kiper asal Spanyol tersebut mengontrol bola membuatnya memiliki kapasitas untuk bermain sebagai gelandang tengah.

Hal tersebut diungkapkan mantan rekan setim Kepa di Chelsea yang pensiun pada akhir 2018/19 lalu, Rob Green. Kiper 39 tahun itu memang hanya musim lalu menjadi salah satu pelapis Kepa, bersama Willy Caballero. Namun, ia tahu betul kemampuan Kepa dalam mengolah bola jauh di atas rata-rata kiper lain.




Baca Juga :
- Statistik Kiper Utama Chelsea Ini Bikin Waswas
- Chelsea Berambisi Rekrut Bintang Leicester Bulan Depan




Di sepak bola modern, seorang kiper memang tidak hanya dituntut mampu menjaga gawang tapi juga harus mahir dalam penguasaan bola dan operan. Menurut Green, situasi tersebut mampu melahirkan pemain seperti Kepa, kiper dengan kemampuan seorang outfield player.

“Ia biasa meletakkan bola di lapangan, mengolahnya dengan kaki kanan atau kiri, untuk kemudian melepas operan panjang yang akurat ke bek sayap (full-back) yang berlari menyisir lapangan,” ucap Green. “Dengan teknik seperti itu, Kepa seharusnya sudah bisa dimainkan sebagai gelandang tengah,” kata kiper yang sebelum ke Chelsea pernah memperkuat Huddersfield Town, Leeds United, Queens Park Rangers, West Ham United, dan Norwich City, tersebut.


Baca Juga :
- Lampard Identifikasi Masalah Utama Chelsea Usai Dipermalukan EvertonĀ 
- Update Hasil dan Klasemen Liga Inggris, Minggu Dini Hari WIB


Green menambahkan, Caballero juga piawai mengontrol bola serta memiliki operan bagus. “Kiper seperti mereka itulah yang dituntut klub saat ini,” tutur Green. “Saya jadi ingat soal larangan kiper menangkap operan dari rekannya (back-pass). Rasanya itu belum terlalu lama bagi saya. Namun saya takjub dengan besarnya dampak dari penerapan aturan tersebut,” kata Green, yang tidak pernah dimainkan Chelsea di laga kompetitif namun ikut mengangkat trofi Liga Europa musim lalu.

Kiper dimainkan sebagai outfield player sebenarnya bukan hal baru. Mantan kiper Liverpool FC, Pepe Reina, pernah sekali menjadi gelandang pada 2006. Itu terjadi saat uji coba The Reds melawan FC Kaiserslautern Liechtenstein. Bahkan, Reina hampir membuat gol dua kali.

Sir Alex Ferguson tercatat sekali mengizinkan kiper Fabien Barthez turun sebagai sayap kiri. Tepatnya saat Manchester United (MU) menjalani laga pramusim 2001 melawan timnas Singapura.

Tahun lalu, kiper nomor satu Manchester City FC, Ederson Moraes, mengaku pada FourFourTwo dirinya mampu bermain sebagai gelandang. “Saat bermain untuk SL Benfica, mereka biasa meminta saya urun sebagai gelandang saat ada rekan yang absen. Jadi, jika diperlukan, kini saya tetap siap. Memang tidak mudah, khususnya di Liga Primer. Tapi, saya yakin sanggup memenuhi tantangan itu,” kata kiper asal Brasil itu.*TRI CAHYO NUGROHO

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news