OTO SPORT
Ott Tanak Sebut Reli Finlandia Akan Panas
31 July 2019 13:10 WIB
berita
Ott Tanak (Istimewa)
JYVASKYLA – Pereli Toyota Gazoo Racing Ott Tanak dalam atmosfer positif jelang putaran kesembilan Kejuaraan Reli Dunia (WRC) 2019 di Finlandia, 1-4 Agustus mendatang. Padahal, dirinya berada dalam posisi yang kurang menguntungkan. Meski berstatus pimpinan klasemen dengan 150 poin, dirinya hanya terpaut empat angka dari Sebastien Ogier.

Tanak berhasil memenangi dua dari tiga putaran terakhir, sekaligus mengambil alih posisi pertama dari Ogier. Ia pun bertekad melanjutkan hasil itu, terlebih lomba digelar di Finlandia yang merupakan markas timnya. Raihan poin penuh juga akan menguatkan posisinya di klasemen WRC 2019.




Baca Juga :
-
-




“Saya siap menghadapi reli pembuka paruh kedua. Ini reli yang saya suka karena berkarakter cepat dan punya trek mulus. Kemenangan di sini, tahun lalu, terasa luar biasa dan kami ingin mengulangnya. Walau sepertinya lebih sulit karena kami yang pertama masuk trek,” kata Tanak via Speedweek.com.

Toyota Yaris WRC yang dikendarainya terbukti tampil kuat di trek berkarakter pasir berkerkil. Tapi, kali ini, pasir dan kerikilnya cenderung halus dan itu akan memberi tantangan tersendiri untuk Tanak. Status sebagai pembuka lomba juga diyakini bakal jadi pembeda Reli Finlandia edisi kali ini.


Baca Juga :
-
-


“Dua pekan lalu, saya mengikuti reli di Estonia dan menang. Itu tes yang benar-benar bagus untuk persiapan Reli Finlandia. Saya merasa sangat siap kali ini. Apalagi, saya memiliki waktu istirahat yang bagus sepanjang jeda musim panas lalu. Saya merasa sangat bugar untuk kembali berlomba,” kata Tanak.

Prinsipal Toyota Tommi Makinen optimistis timnya menuai hasil positif pada Reli Finlandia. “Ini menjadi lomba spesial bagi tim karena selalu ada tambahan semangat.  Terlebih kami meraih kemenangan di sini, dua tahun terakhir. Kami mengenal trek ini dengan baik dan pembalap menyukainya,” katanya.

Di sisi lain, Ogier berharap tampil kuat dan bisa meraih poin penuh agar kembali memimpin klasemen. Pasalnya, insiden di Reli Italia, 13-16 Juni lalu, membuatnya kehilangan banyak poin. Ia pun menegaskan sudah melakukan persiapan yang matang sepanjang jeda musim panas lalu.

“Salah satu rival selalu memberi tantangan besar. Tapi, setelah jeda musim panas, saya memulihkan kondisi dan merasa lebih bugar. Pada kecepatan tertinggi, Anda harus bergantung sepenuhnya pada diri sendiri dan mobil. Setelan mobil yang tepat juga akan membantu kami,” Ogier menuturkan.

Pereli Hyundai Shell Mobis Thierry Neuville juga berpeluang memimpin klasemen jika memenangkan Reli Finlandia. Pasalnya, saat ini, ia ada di urutan ketiga dan hanya berjarak tujuh poin dari Tanak. Ia pun berharap tim mempersiapkan Hyundai i20 Coupe WRC dan menerapkan setelan yang tepat.

“Reli Finlandia jadi salah satu yang paling menantang. Saya berharap trek bersahabat dengan mobil. Fokus utama kami saat ini adalah posisi konstruktor di klasemen,” kata Neuville yang tak pernah naik podium di Reli Finlandia sejak bergabung dengan Hyundai, lima tahun yang lalu.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati