INFOGRAFIS
6 Hal Patut Dicatat Jelang Indonesia Vs Timor Leste
31 July 2019 10:15 WIB
berita
CHONBURI- Timnas Indonesia U-15 sudah seharusnya tak boleh memandang sebelah mata Timor Leste U-15. Timor Leste adalah lawan ketiga yang akan dihadapi tim Garuda Muda dalam Grup A Piala AFF U-15 2019 di Stadion IPE Chonburi Campus, Rabu (31/7). Pandangan akan bisa menang mudah atas negara yang dulunya bagian dari Indonesia harus dibuang jauh-jauh.

Sebab, pertama tim asuhan pelatih Kim Shin Hwan, tersebut kini sudah jauh berkembang. Pria asal Korea Selatan tersebut merupakan sosok pelatih yang sangat dihormati di Timor Leste. Pelan tapi pasti, Kim membangun Timor Leste menjadi kekuatan baru di Asia Tenggara. Targetnya memang jangka panjang.




Baca Juga :
- Ketok Palu! Indonesia Ikut 49 Cabor di SEA Games 2019
- Indonesia Kalahkan Malaysia




Namun, Kim yang juga membidani semua kategori timnas Timor Leste, mulai memperlihatkan hasil kerjanya. Dedikasi Kim untuk sepak bola Timor Leste bahkan sempat diangkat ke layar lebar oleh sineas Korsel. Jadi, tidak ada alasan bagi timnas untuk meremehkan potensi Timor Leste.

Kedua, pelatih timnas U-15 Bima Sakti Tukiman perlu meracik taktik dan strategi ampuh untuk meredam kejutan Timor Leste. Untungnya, motivasi dan kepercayaan diri Muhammad Valeroen dan kawan-kawan sedang tinggi-tingginya. Itu menyusul dua kemenangan yang diraih atas Vietnam dan Singapura.


Baca Juga :
- Jelang Timnas Indonesia Vs Vietnam, Pemain Lelah dan Bakal Sulit
- Indonesia vs Malaysia Rusuh, FIFA Denda PSSI


Ketiga, duel nanti diyakini bakal sengit dan menguras tenaga. Bima pun mengindikasikan bakal kembali merotasi skuatnya, meskipun cukup berisiko. Paling tidak, beberapa pemain yang selalu tampil penuh dalam dua laga sebelumnya, kemungkinan mendapat tambahan waktu rehat.

Keempat, melihat karakter pemain Timor Leste yang selalu ngotot dan kerap bermain keras, Bima pun akan mengingatkan pasukannya. Para pemain diminta untuk tidak mudah terpancing provokasi lawan dan tidak meladeni permainan keras Timor Leste.

“Karena itulah yang diinginkan mereka. Dari pengamatan tim pelatih, tim Timor Leste memiliki beberapa pemain yang punya kecepatan. Mereka selalu punya motivasi berlipat setiap kali bertemu Indonesia. Itu yang harus kami waspadai,” kata Bima kepada TopSkor. “Doakan anak-anak bisa konsisten berikan yang terbaik buat rakyat Indonesia.”

Kelima, melawan Timor Leste akan menjadi ujian sesungguhnya bagi timnas Indonesia. Lini depan dipastikan akan berhadapan dengan sektor pertahanan Timor Leste yang gigih dan tak mudah ditaklukkan. Sebaliknya, lini belakang Garuda Muda juga patut tampil solid sepanjang pertandingan.

Pasalnya, Timor Leste juga memiliki lini serang yang cukup berbahaya sejauh ini. Terutama dua pemain Timor Leste yang layak diwaspadai yakni Paulo Freitas dan Alexandro Kefi. Keduanya masing-masing telah mencetak empat gol dari dua laga yang dimainkan.

Keenam, kemenangan atas Timor Leste akan membuka jalan menuju semifinal. Pasalnya di laga berikutnya, Indonesia akan berhadapan dengan Filipina, yang dinilai sebagai tim terlemah di Grup A dan terakhir Myanmar yang diyakini bakal kesulitan mengemas banyak poin.

Jika berhasil peluang menjadi juara grup terbuka dan terhindar dari tim kuat seperti Australia atau Thailand yang juga berpeluang jadi juara grup B di semifinal.***FURQON AL FAUZI

 

 

R
Penulis
Rizki Haerullah