LIGA INGGRIS
Solusi Terbaik untuk Sheffield dan Man. United
30 July 2019 13:35 WIB
berita
Kiper muda Man. United Dean Henderson memilih tetap dipinjamkan ke Sheffield United musim ini meskipun sudah memperbarui kontrak dengan Setan Merah.
SHEFFIELD - Dean Henderson resmi memperpanjang masa baktinya bersama Manchester United (MU). Durasinya hingga Juni 2022 mendatang dengan opsi tambahan pada musim berikutnya. Namun, kiper 22 tahun ini tidak akan memperkuat Setan Merah pada Liga Primer 2019/20 ini. Melainkan, tetap bersama Sheffield United yang baru promosi dari Championship.

Ya, Dean sudah memperkuat klub berjulukan The Blades itu sejak 18 Juli 2018 dengan status pinjaman hingga akhir musim. Performa impresif di bawah mistar berkontribusi mengantar Sheffield finis sebagai runner-up Championship musim lalu. Manajemen Sheffield pun ingin merekrut Dean secara permanen.




Baca Juga :
- Thomas Tuchel Bicara Masa Depan Superstar PSG yang Dikaitkan Manchester United
- Liverpool Spesialis Pemecat Pelatih Lawan




Hanya, tidak ada opsi tersebut dari MU. Sebaliknya, Jumat (25/7), Setan Merah memperpanjang kontrak Dean. MU pun kembali meminjamkan kiper kelahiran Whitehave, Inggris, ini ke Sheffield. Menurutnya, pinjaman ini sangat ideal. Sekaligus, jadi solusi terbaik untuk semua pihak.

Maklum, sulit bagi Dean untuk jadi kiper nomor satu MU. Sebab, sudah ada David De Gea yang kokoh di gawang MU sejak 2011 silam. Pindah ke Sheffield membuatnya memiliki kans untuk jadi kiper utama.


Baca Juga :
- Laga Pembuktian Dua Bek Termahal
- Belanja Manchester United Belum Sesuai Ekspekstasi


“Ini suatu kehormatan bagi saya bisa mewakili Sheffield. Dari sudut pandang saya, ini cocok untuk semua orang. Saya tak sabar untuk segera memulainya,” kata Dean, semringah. Sebagai jebolan akademi sepak bola MU, sudah pasti, dia berharap bisa memperkuat klub tersebut. Namun, Dean sadar, jika bertahan di MU hanya jadi pelapis De Gea yang membuat bakatnya terancam sia-sia.

Dalam skuat MU saat ini, terdapat lima kiper. De Gea merupakan yang utama dibantu Sergio Romero, Joel Castro Pereira, Kieran O’Hara, dan Lee Grant. Dean juga mengaku sangat memikirkan kembali ke Sheffield setiap harinya. Wajar saja mengingat sepanjang musim lalu, dia dan skuat menjalani suka dan duka bersama.

Termasuk, ketika memastikan Sheffield sebagai runner-up Championship 2018/19 yang berujung tiket promosi. “Saya selalu khawatir. Namun, sekarang sudah beres. Saya sangat lega. Saya senang bisa kembali. Semua orang tahu dan bisa melihat itu,” Dean, menambahkan.

Ya, dengan tetap di Sheffield membuat masa depan Dean cerah. Termasuk, bisa dipanggil tim nasional (timnas) Inggris jika konsisten sepanjang musim. Sebelumnya, Dean sudah memperkuat timnas U-16, U-17, U-20, dan U-21.

Sementara, dengan meminjamkan pemainnya membuat MU lepas dari beban membayar gaji. Begitu juga dengan Sheffield yang butuh pemain berpengalaman. Mereka bisa memakai jasa Dean tanpa perlu mengeluarkan dana transfer.*CHOIRUL HUDA DARI BERBAGAI SUMBER

Statistik Dean Henderson di Championship 2018/19
Main: 46
Kebobolan: 41
Clean sheet: 21

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho