LIGA 2
PSIM Superior, Persis Solo Raih Kemenangan Kandang Perdana
30 July 2019 14:30 WIB
berita
Penyerang Persis Solo Ugik Sugiyanto (kanan) berupaya lolos dari kawalan Dody Gultom, pemain Sulut United, Senin (29/7) di Stadion Wilis/Foto: Sri Nugroho
YOGYAKARTA – PSIM Yogyakarta memetik kemenangan tipis pada laga pekan kedelapan Liga 2 2019 Wilayah Timur. Bermain di kandang sendiri Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (29/7), Laskar Mataram unggul 1-0 atas Persewar Waropen. Gol tunggal PSIM dicetak Raphael Maitimo lewat titik penalti menit ke-60.

Turun tanpa striker senior Cristian Gonzales yang terkena akumulasi kartu kuning, pelatih PSIM, Aji Santoso memilih pemain debutan Dwi Rafi Angga sebagai pengganti. Selain itu, juga diturunkan debutan lainnya yakni gelandang Redi Rusmawan.




Baca Juga :
- Tentukan Nasib PSIM dan Persis, Begini Komentar Manajer PSBS
- Update Hasil dan Klasemen Liga 2 2019, PSMS Menerobos, Persewar Lolos




Pada laga itu, Persewar harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-63 usai Victor Pae mendapat kartu kuning kedua. Namun meski melawan 10 pemain, namun nyatanya PSIM tidak mampu menjebol lagi gawang Persewar.

"Tidak hanya bersyukur mampu memenangi pertandingan, kami juga senang dengan permainan cantik yang diperahakan pemain. Tim mampu bermain baik. Kami bisa pressing di atas sehingga lawan tidak mampu menembus dan akhirnya banyak bermain long pass yang sia-sia," kata Aji, usai laga.


Baca Juga :
- Persatu Melawan Diri Sendiri saat Jumpa Persewar di Biak
- PSIM Kalahkan Persatu, Masih Ada Peluang ke Babak 8 Besar


Mengenai dua debutannya, Aji mengakui kedua pemain ini sebenarnya memiliki kualitas yang kompetitif namun memang belum mendapatkan kesempatan. Diakui mantan pelatih timnas U-23 ini, ia selalu membuka kesempatan kepada semua pemain yang memang mampu memperlihatkan kerja keras dalam tiap sesi latihan.

Dengan hasil ini, PSIM melangkah mantap ke posisi ketiga klasemen sementara dengan 12 poin. Laga berikutnya, Laskar Mataram akan tandang lawan Sulut United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (3/8).

Sementara itu, Persis Solo juga memetik poin penuh di kandang. Tampil di Stadion Wilis Madiun, Laskar Sambernyawa unggul 2-0 atas Sulut United. Dua gol Persis dicetak Iman Budi dan Ugik Sugiyanto pada babak pertama. Kemenangan ini adalah yang pertama bagi Persis saat tampil di kandang.

Sebelumnya, Persis mencatat hasil dua kali imbang di kandang sendiri atas Persik Kediri dan Martapura FC. "Ini kemenangan penting sebagai modal untuk laga kandang berikutnya melawan Persewar. Meski tampil cukup baik di laga ini, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi," kata pelatih sementara Persis, Choirul Huda.

Pelatih Sulut United, Herry Kiswanto mengatakan dua gol yang terjadi adalah akibat dari kesalahan para pemainnya sendiri. "Ini jadi evaluasi kami sebelum laga kandang lawan PSIM nanti. Harapannya kesalahan fatal tidak lagi terjadi," ucap Herkis, sapaannya.

Sementara itu, Persik Kediri kini kembali menguasai puncak klasemen Wilayah Timur. Kemenangan dua gol tanpa balas atas Persatu Tuban di Stadion Brawijaya Kediri membawa Macan Putih gagah memimpin. Sebelumya beberapa pekan awal kompetisi kasta kedua, Persik juga bertengger di posisi teratas.*Sri Nugroho

 

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id