LIGA SPANYOL
Oyarzabal ke City Tergantung Sane
30 July 2019 13:43 WIB
SAN SEBASTIAN – Real Sociedad sedang waswas. Salah satu pemain andalan sekaligus ikon klub, Mikel Oyarzabal masuk agenda transfer Manchester City. Klub kaya raya Inggris itu memplot sang winger sebagai antisipasi kepergian Leroy Sane. Saat ini, pemain sayap asal Jerman ini memang intens didekati Bayern Muenchen.

Pelatih City, Josep Guardiola sendiri melihat Oyarzabal sebagai sosok tepat menggantikan Sane. Itu mengapa, juru taktik berkebangsaan Spanyol itu menuntut klub menyiapkan dana 75 juta euro (sekitar Rp1,1 triliun) yang merupakan harga pelepasan klausul Oyarzabal di Sociedad.




Baca Juga :
- Ederson yang Tak Kalah Penting
- Sterling Kembali Trengginas




Minat City tersebut jelas ancaman bagi Sociedad yang sedang membangun skuat kompetitif. Mereka sudah mendatangkan Aleksander Isak, Martin Odegaard, dan Cristian Portu serta berencana untuk mempertahankan para pemain intinya.

Di samping itu, Oyarzabal sudah menjadi representasi masa depan klub. Winger 22 tahun ini bahkan diberikan nomor keramat di Sociedad, angka 10, yang merupakan peninggalan Xabi Prieto, legenda klub. Kehormatan tersebut diberikan klub karena sepanjang kariernya dia membela Sociedad.


Baca Juga :
- Guardiola: Manchester City Belum Siap Memenangkan Liga Champions
- Striker Man. City Sukses Catatkan Milestone di Selhurst Park


Oyarzabal tidak mengenal warna lain di kostumnya kecuali biru-putih milik Sociedad (kecuali tentu saja seragam tim nasional Spanyol). Ada total 151 laga dan 38 gol dipersembahkannya untuk tim berjulukan Txuri-Urdin tersebut sejak naik kelas ke skuat utama pada 2015/16.

Musim lalu, Oyarzabal merasakan musim terbaiknya dengan  bermain sebanyak 41 pertandingan, 40 di antaranya sebagai starter. Dari jumlah itu dia membukukan 14 gol serta menyumbang empat assist. Performa pemain kelahiran Eibar membuatnya masuk radar tim-tim besar di Spanyol, salah satunya adalah FC Barcelona.

Namun, klub asal Katalunya bukan satu-satunya yang terpikat. Dalam beberapa hari terakhir, nama City muncul sebagai peminat baru Oyarzabal. Namun, keberhasilan transfer ini akan sangat tergantung dari sukses atau tidaknya Sane hijrah ke Bundesliga. Jika positif, maka City siap menebus klausul pelepasan Oyarzabal.

Presiden Sociedad, Jokin Aperribay dijadwalkan akan bertemu ayah Oyarzabal, yang juga agen sang pemain. Dia berharap bisa membujuk Oyarzabal bertahan di Anoeta, seperti yang pernah dilakukannya ketika Athletic Bilbao meminang pemainnya itu. Manejemen Sociedad cukup panik saat ini, tetapi mereka berusaha untuk tenang dan ingin berjuang sampai akhir agar Oyarzabal tak pergi ke City.

 

Pardo Diintai

Masalah yang dialami oleh Sociedad  bukan hanya perkara Oyarzabal saja, melainkan juga Ruben Pardo. Gelandang tengah berusia 26 tahun tersebut kontraknya akan habis pada Juni 2020 mendatang, dan klub belum merampungkan perpanjangannya. Hal ini yang coba dimanfaatkan oleh ACF Fiorentina.

Bersama pemilik baru, Rocco Commisso, klub berjuluk La Viola tersebut ingin memperkuat materi skuatnya. Pardo merupakan salah satu pemain yang mereka bidik. Menurut kabar di Spanyol, Fiorentina telah menyatakan minatnya kepada Sociedad perihal Pardo dalam beberapa jam terakhir. Fiorentina serius untuk membawa pemain asal Spanyol tersebut ke Artemio Franchi dan bersedia bernegosiasi dengan La Real. *CR5

 

D
Penulis
Dini Wulandari