news
TOP INTERVIEW
WAWANCARA - Marquez: Lawan Tak Akan Menyerah
30 July 2019 13:15 WIB
berita
Marc Marquez (Instagram).
BARCELONA – Pembalap Repsol Honda Marc Marquez unggul 58 angka atas Andrea Dovizioso yang ada di urutan kedua dengan 127 poin. Meski terpaut jauh, pria asal Spanyol itu menegaskan tak akan mengendurkan kinerja dan memenangi lebih banyak lomba pada  paruh kedua MotoGP 2019.

Sejauh ini, Marquez sudah mengumpulkan lima kemenangan dari total sembilan lomba atau masih kurang empat dari capaian tahun lalu. Jika melihat fakta cederanya Jorge Lorenzo, dirinya memang wajib membukukan lebih banyak kemenangan demi tim. Berikut petikan wawancara bersama As.com:




Baca Juga :
- Alex Marquez Debut Bersama Honda, Baru Delapan Lap Sudah Jatuh, Begini Komentarnya
- Line Up Sementara Rider MotoGP Musim 2020 Saat Ini




Bagaimana liburan Anda?

Kami telah mengisi ulang baterai. Saya ke Almeria selama satu pekan dan ke Costa Brava, pekan berikutnya. Saya menghabiskan waktu dengan baik di sana agar bisa kembali berlomba dengan tekad yang lebih besar.


Baca Juga :
- Marquez Tiga Kali Persembahkan Triple Crown untuk Honda
- Jatuh Saat Berusaha Salip Marquez, Vinales Merasa Bangga


Tahun lalu, Anda memenangi sembilan lomba. Anda akan menyamai itu?

Sensasi tahun ini benar-benar bagus. Kami baru sampai pada pertengahan musim dan saya melihat ada banyak hal bisa terjadi, baik dari diri sendiri dan rival. Anda harus merasa memulai dari nol pada setiap putaran. Saya akan mencoba melanjutkan kinerja seperti di paruh pertama.

Anda unggul 58 poin atas Dovizioso. Ini membuat Anda lebih tenang?

Ini belum berakhir, tapi saya akan berusaha mengaturnya dengan cara terbaik. Sejauh ini strategi dan dinamika yang ada bekerja dengan baik, jadi tidak harus mengubah apa pun. Ada banyak faktor seperti rival dan mekanik yang asing bagi Anda, tetapi Anda harus mengambil keuntungan ketika segala sesuatunya berjalan baik. Tapi Anda harus merasa sedang dalam masa sulit hingga akhir musim.

Apakah pengendalian emosi lebih baik saat ini?

Anda akan dewasa baik di trek dan di kehidupan seiring berjalannya waktu. Saya sudah berada di MotoGP selama enam tahun dan di setiap tahunnya Anda mempelajari sesuati. Pengalaman memberikan Anda lebih dari sekadar teknik untuk berkembang dan setiap saat dapat belajar mengendalikan waktu lap, strategi dan emosi.

Tahun lalu Anda terjatuh 23 kali dan saat ini hanya enam. Apa yang berubah?

Sejujurnya, ini bukan hal yang biasa. Saya memang tak banyak terjatuh tahun ini tapi membuat banyak penyelamatan. Benar bahwa saya masih cukup muda. Jadi, memiliki banyak pengalaman akan membantu Anda mengatur segala situasi dengan lebih baik.

Benarkan motor Anda mengalami peningkatan?

Saya pikir, kami telah meningkatkan kecepatan tapi mungkin motor menjadi lebih aman karena ada banyak informasi dari tahun lalu. Tetapi, baik atau buruknya motor Anda, dapat ditentukan oleh rival. Jika mereka memiliki motor lebih baik, maka milik Anda lebih buruk atau sebaliknya. Saya dapat mengatakan, RC213V, terbaik karena saat ini memimpin klasemen. Tapi, kami harus tetap bekerja agar semakin baik. Ini soal membuat Honda terlihat mudah dikendarai hingga banyak orang ingin datang.

Akhir pekan ini, paruh kedua musim akan di mulai di Brno. Anda dua kali menang di sana (dalam MotoGP). Tapi, tahun lalu, hanya podium ketiga….

Tahun lalu, Andrea menang di sana. Saya pikir sangat penting memulai paruh kedua dengan podium. Kami akan mencoba tampil lebih baik di Brno, sekaligus melanjutkan tren positif yang selama ini sudah dibangun.

Jika melihat keunggulan poin, Anda merasa Dovizioso bakal terus menekan?

Andrea jadi yang paling konsisten, saat ini. Ia menunjukkan kinerja yang baik, tetapi untuk yang tercepat ada Fabio Quartararo dan Alex Rins. Mereka selalu ingin berkembang. Saya tidak yakin ada yang ingin menyerah, bahkan diri saya sendiri.

Berbicara soal Lorenzo dalam tahun pertamanya bersama Honda, menjadikannya memiliki kinerja terburuk sepanjang karier….

Jorge tentu tak mengharapkan awal musim seperti ini, begitu pula dengan tim. Saya yakin,  ambisi tim dan Jorge akan terlihat di masa mendatang, di mana mereka dapat membalikkan situasi. Sekarang, dia tak dalam kinerja terbaik karena sedang cedera. Tim juga berharap dia segera pulih dan kembali secepat mungkin untuk kembali mengembangkan motor.

Apakah Anda melihat Alex Marquez dalam masa terbaik?

Tahun lalu, tak banyak hal yang bisa diperlihatkan. Sekarang, dia sedang ada di performa terbaik. Dia salah satu dari tiga pembalap terbaik di Moto2 dan itu bagus untuk mengulang 2014, di mana kami sama-sama meraih gelar. Saya di MotoGP dan Alex di Moto3.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

loading...
L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news
news