UMUM
Sudah Pelajari Rekaman Pertandingan Vietnam, Bima Sakti Optimistis
26 July 2019 15:15 WIB
berita
Pemain timnas Indonesia U-16 melakukan peregangan di hotel - Istimewa
JAKARTA – Timnas Indonesia U-16 langsung melakukan persiapan intensif menjelang pertandingan pertama Piala AFF U-15 2019, di Chonburi, Thailand pada Sabtu (27/7). Dalam laga perdana ini, skuat Garuda Muda akan menghadapi salah satu tim favorit juara, yakni Vietnam U-16.

Sebelum duel dalam ajang tersebut, kondisi fisik dan daya tahan tubuh pemain menjadi fokus perhatian tim pelatih. Sebab, Vietnam dikenal memiliki ciri khas permainan yang cepat, gigih, dan bertenaga. Hal itu hanya bisa diantisipasi dengan kondisi stamina yang prima dari setiap pemain.


Baca Juga :
- FIFA Farmel Siap Rasakan Atmosfer Liga TopSkor, Play-off LTS U-16 Dimulai Hari Ini
- Guus Hiddink Dipecat Timnas U-23 Cina Usai Kalah dari Vietnam




Setibanya di Thailand pada Rabu (24/7) lalu, Bima sengaja memberi waktu istirahat untuk semua pemain. Latihan baru dimulai pada Kamis (25/7) pagi, dengan melakukan peregangan di sekitar hotel tempat tim menginap. Sore harinya, tim mendapat kesempatan menjajal arena pertandingan, IPE Stadium, Chonburi.

“Hari ini (kemarin) kami hanya latihan ringan saja untuk mengembalikan kekuatan otot-otot pemain, setelah melakukan perjalanan yang cukup melelahkan dari Bogor, ke Bandara Soekarno Jatta, lantas ke Bankok, dilanjutkan perjalanan darat sekitar dua jam ke Chonburi” kata Bima kepada TopSkor.


Baca Juga :
- Hancur di Awal Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia Bisa Terlempar ke AFC Solidarity Cup
- Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, Vietnam Bungkam Timor Leste 2-0


Terkait cuaca, pemain memang diminta untuk cepat beradaptasi. Apalagi, saat ini Indonesia memasuki fase musim panas, sedang di Thailand sendiri setiap harinya hampir diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras. Kesehatan pemain dikhawatirkan terganggu karena perbedaan cuaca tersebut.

“Di sini sedang musim hujan. Untungnya sore ini (kemarin) kami mendapat kesempatan latihan mencoba lapangan sekaligus untuk adaptasi cuaca. Untuk waktu, tidak ada perbedaan antara Thailand dengan Jakarta. Hanya saja, suhu di sini agak lembab dibanding Bogor,” Bima menjelaskan.

Selama masa senggang menuju pertandingan, Bima bersama jajaran pelatih lainnya, memanfaatkan waktu luang untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan Vietnam. Berbekal beberapa video pertandingan Vietnam, Bima berharap timnya bisa memetik hasil positif pada laga pembuka.

“Pada sesi latihan pertama, kami berikan latihan rondo dan small-sided game. Kami akan terus menjaga Filanesia (Filososfi Sepak bola Indonesia) agar anak-anak terbiasa sambil melatih kemampuan transisi dari menyerang ke bertahan dan sebaliknya. Pemahaman setiap individu sangat pentingnya soal transisi,” ujar Bima.

Adapun seluruh pertandingan Indonesia U-16 selama Piala AFF U-15 2019 rencananya akan disiarkan televisi swasta nasional. Grup Emtek bersedia menayangkan pertandingan tersebut secara penuh, tepatnya di SCTV. Dalam ajang ini, Indonesia berstatus juara bertahan.* Furqon Al Fauzi 

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news