news
UMUM
Munafri Siapkan Bonus Istimewa jika PSM Juara
26 July 2019 15:20 WIB
berita
Gelandang PSM Rizki Sanjaya Pellu - TopSkor/Ady Sesotya
MAKASSAR – PSM tak ingin tiga kali jatuh di lubang yang sama. Musim lalu tergelincir pada pekan-pekan terakhir kompetisi sehingga gelar juara liga jadi milik Persija, sedang musim ini terlempar pada babak semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019 karena teledor pada menit-menit akhir pertandingan.

Minggu (21/7) lalu, kejadian seperti itu terulang di Senayan. Dalam laga final leg pertama Piala Indonesia 2018/19, gawang PSM dibobol Persija pada menit ke-88. Kekalahan ini membuat kans Juku Eja menyudahi puasa gelar selama 19 tahun, menipis. Tetapi peluang juara belum benar-benar habis.




Baca Juga :
- Alumnus Akademi Persib, Hati Striker Muda Ini Lebih Ingin ke Persib ketimbang Klub Tanah Leluhurnya, Persipura
- Demotivasi, Sebab Tira Persikabo dan PSM Melempem pada Putaran Kedua Liga 1




Kuncinya ada pada pertandingan leg kedua di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Makassar, Minggu (28/7) nanti. Asal bisa menaklukkan Persija dengan dua gol atau lebih tanpa kebobolan, dahaga gelar itu akan terpuaskan. Bukan hal mudah, sebab Persija punya barisan lini depan mematikan.

Dalam pertandingan ini, mentalitas juara harus dimunculkan pemain PSM. Khususnya, pemain-pemain yang pernah mengangkat piala, menularkan DNA-nya. Untuk saat ini, DNA juara dalam diri skuat Pasukan Ramang hanya dimiliki tujuh pemain: Zulkifli, Ferdinand, Zulham, Guy, Abdul Rahman, Asnawi, dan Beny Wahyudi.


Baca Juga :
- Ciro Immobile Yakin Gli Azzurri Bisa Juara Euro 2020
- Kalah dari PSM, Mimpi Persipura ke Kompetisi Asia Bisa Melayang


Ini kontradiktif dengan Persija. Kesuksesan Macan Kemayoran pada 2018, dengan menjuarai kompeti dan turnamen pra musim Piala Presiden, membuat 17 peman berdarah jawara. Namun, DNA juara sekalipun akan bisa dihancurkan, bila PSM memiliki darah juang yang berlipat ganda.

Demi meningkatkan motivasi bertanding, CEO PSM Munafri Arifuddin berjanji mengguyur pemain dengan bonus besar. Meski tak menyebutkan angka, jumlahnya dipastikan lebih besar dari bonus-bonus sebelumnya. Itu belum termasuk guyuran bonus dari sponsor dan donatur PSM lainnya.

“Ini merupakan kesampatan besar kami dan kami pihak manajemen harus bicara ke tim, memberikan motivasi, semangat, dan dukungan langsung. Kami semua melihat ini merupakan peluang yang sudah ada di depan mata yang harus bisa kami rebut, sehingga menjadi sejarah penting PSM,” kata Munafri kepada TopSkor.

Pengusaha berpengaruh di Makassar itu menambahkan, pelatih PSM Darije Kalezic telah memiliki gambaran untuk menumbangkan Persija. Sepulang dari Jakarta, segenap pemain pun memperlihatkan gairah besar. Tak ada satu pun pemain yang ragu akan kesuksesan meraih gelar juara Piala Indonesia.

Namun demikian, Munafri memastikan, seluruh manajemen PSM tak diperkenankan memberikan tekanan ke pelatih dan pemain. Menurutnya, tim harus datang ke pertandingan dengan perasaan tenang dan nyaman, namun punya gairah besar untuk menghabisi lawan dengan skor meyakinkan.

“Ini bukan melulu soal pemain, tapi ini merupakan sebuah kesatuan yang wajib dimaknai oleh PSM. Kami tidak ingin menekan terlalu kencang terhadap pemain sehingga itu bisa menjadi beban. Kami ingin mereka bermain relaks dan memiliki satu tujuan bahwa mereka harus menang,” ucap Munafri.*** Sumargo Pangestu

loading...
news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news
news