LIGA SPANYOL
Abe Jadi Magnet Barca di Jepang
23 July 2019 13:50 WIB
berita
Winger Barcelona asal Jepang, Hiroki Abe menjadi pemain paling diburu saat tur pramusim Barca di Jepang.-Topskor/Ist
TOKYO – Hiroki Abe telah menjadi salah satu magnet FC Barcelona dalam turnya di Jepang. Tidak bisa dipungkiri, keberadaannya saat ini tentu bagian dari pemasaran klub di Asia. Namun faktanya bukan hanya nilai komersial itu saja, sebab winger 20 tahun itu memiliki pemahaman sepak bola modern dan menjanjikan.

Perekrutan Abe pada bursa transfer musim panas ini merupakan respons Barca terhadap dua hal. Pertama yakni hubungan dekat klub dengan Jepang menyusul terjalinnya kerja sama dengan Rakuten. Yang kedua adalah adanya transfer Takefusi Kubo yang tidak lain adalah jebolan Akademi Barca, La Masia, ke klub rival abadi mereka Real Madrid.




Baca Juga :
- Update Klasemen La Liga Spanyol, Senin Dini Hari WIB
- Reaksi Zidane Usai Real Madrid Kalah dari Mallorca




Kepindahan Kubo telah menjadi gerakan kejutan untuk Jepang, dan kian menjadi saat Abe menyusulnya ke Spanyol. Walaupun, sejatinya sudah tak asing lagi di Negeri Sakura itu bahwa telah berulang kali klub-klub besar Eropa “memancing di sana” demi mendapatkan pasar Asia. Terlebih sang pemain langsung ditaruh di poster utama klub.

Bahwa tahu bahwa selain tiga pemain barunya; Antoine Griezmann, Frenkie de Jong, dan Norberto Neto, ada Abe yang tak kalah memberikan antusias tinggi bagi fan di Jepang. Keikutsertaannya pada Piala Rakuten yang berlangsung di negara kelahirannya meningkatkan nilai pemasaran baik itu dari media cetak dan online atau siaran televisi.


Baca Juga :
- Update Klasemen La Liga Spanyol Pekan 9, Minggu Dini Hari WIB
- Libas Osasuna, Granada Tekan Real Madrid dan Barcelona


Namun di luar aspek itu, perekrutan yang dilakukan tidak main-main, meski klub hanya perlu mengeluarkan 1,1 juta euro (sekitar Rp17,9 miliar) demi mendapatkannya. Abe dianggap sebagai seorang pemain yang terampil dan memperkaya opsi serangan sebab bisa bermain di dua sisi sayap serangan (bahkan juga bisa main second striker).

Barca telah mengamatinya saat masih membela Kashima Antlers. Tim berjuluk Los Azulgrana ini tahu betul siapa yang direkrutnya itu, yang punya status pemain muda terbaik Liga Jepang musim lalu, dan turut serta bersama tim nasional senior pada Copa Amerika 2019. Karenanya ia diberi kesempatan untuk unjuk gigi di tanah kelahirannya.

Pelatih Barca B, Garcia Pimienta, pun yakin akan potensi yang dimiliki Abe. Pria 44 tahun itu bahkan berharap winger kelahiran Tokyo tersebut bisa menjadi protagonis di timnya musim depan usai mendapat pengalaman berharga pramusim bersama tim senior. “Dia punya kualitas yang cukup untuk menjadi pemain penting,” katanya.

Sementara itu, Abe memilih merendah dan lebih berhati-hati menyikapi sorotan besar terhadapnya dan Kubo. “Saya merasakan punya harapan di klub ini. Tapi saya tak menetapkan batasan waktu tertentu untuk naik ke tim senior. Saya cuma akan berusaha meningkatkan diri secepat mungkin,” katanya yang terlihat beberapa kali berbincang dengan Jordi Alba.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

2: Musim lalu Abe mencetak dua gol dan dua assist dari 1.273 menit mainnya di 25 laga untuk Kashima Antlers.

D
Penulis
Dini Wulandari