UMUM
Denda AFC Kepada PSSI Terbilang Memprihatinkan
22 July 2019 05:50 WIB
berita
JAKARTA - Menggampangkan persoalan dan abai terhadap regulasi, tampaknya masih lekat dalam pekerjaan PSSI. Contoh kecil adalah didendanya PSSI oleh AFC, gara-gara tidak tertib administrasi dalam penyelenggaraan uji coba internasional klub anggotanya.

Sebelumnya diberitakan AFC menjatuhkan denda terhadap PSSI. Itu karena klub Malaysia, Selangor FA, menggelar dua kali uji coba di Indonesia pada September 2018.


Baca Juga :
- FIFA Tolak Keinginan PSSI Mempercepat Kongres
- Soal Kongres Pemilihan, PSSI Tak Bisa Paksa FIFA




Denda dijatuhkan sebagai tidak terdaftarnya laga Selangor FA melawan Madura United dan Persija Jakarta di Pamekasan. Seharusnya laga itu didaftarkan PSSI, berdasarkan permohonan dari klub tuan rumah.

Selangor FA dua kali beruji coba di Indonesia dengan menghadapi Madura United pada 4 September 2018, dan Persija Jakarta pada 6 September 2018.


Baca Juga :
- Evaluasi Timnas U-18 Usai Kalahkan Filipina 7-1
- Mengaku Belum Dibayar, PSBL Langsa Tagih PSSI Match Fee Piala Indonesia


Dalam putusannya, Komite Etik dan Displin AFC menyebut pertandingan internasional tersebut digelar tidak sesuai regulasi. AFC kemudian merujuk Pasal 11.10 dari Regulation Governing International Matches. Isinya
"Setiap tim yang bertanding harus meminta persetujuan dari federasinya masing-masing. Setelah diterima, tim yang bertanding melapor ke federasi tuan rumah."

PSSI pun didenda 2.000 dolar AS atau setara Rp 27,8 juta. "Ini tentu memprihatinkan. Bukan soal jumlahmya, tetapi PSSI yang tidak tahu aturan. Atau bisa saja tahu aturan, tapi budaya melanggar aturan sengaja dilakukan," ujar Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono di Jakarta, Minggu kemarin.

Selain memprihatinkan, kata Suhendra, hukuman dari AFC ini juga memalukan. Bukan saja bagi PSSI melainkan juga masyarakat. Ke depan, Suhendra berharap kasus ini tidak terulang.

Namun ia percaya kalau kepemimpinan PSSI berganti dari rezim yang sekarang, maka akan ada tumbuh perbaikan. Saat ini salah satu yang dijagokan untuk menjadi Ketua Umum PSSI yang baru adalah Komjen (Pol) M. Iriawan.*Ari DP

news
Penulis
Ari DP
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
news