TOP FEATURE FOOTBALL
Sepak Bola Spanyol Pabrik Pemain Juara
22 July 2019 14:25 WIB
berita
Bek Betis, Aissa Mandi, Afred N’Diaye (Villarreal) dan Moussa Wague (Barcelona) jadi pemain teranyar yang beraksi di final Piala Afrika 2019.-Topskor/Ist
SEPAK bola Spanyol jelas telah masuk dalam jajaran kompetisi terbaik, tak hanya Eropa bahkan Dunia. Kedigdayaan Real Madrid, FC Barcelona, serta Atletico Madrid tentu jadi bukti sahih akan hal itu. Namun faktor tersebut bukanlah satu-satunya. Pasalnya sepak bola Spanyol pun telah menunjukkan dapat menjadi pabrik pencetak para pemain juara.

Para pesepak bola yang berkompetisi di La Liga atau Segunda (kompetisi kasta teratas dan kedua di Spanyol) mampu menunjukkan mental pemenangnya ketika saling membela tim nasional. Untuk talenta lokal, para pemuda Spanyol sukses membawa tim level U-21 kembali menjuarai Kejuaraan Eropa 2019 usia menaklukan Jerman di Italia, 30 Juni.


Baca Juga :
- Gemilang saat Lawan PSG, Pemuda Stade Rennes Ini Langsung Dipantau 3 Klub Inggris
- Rafinha Selalu Bisa Bangkit




Sepak bola Spanyol tentu tak hanya diisi oleh pemain asal Spanyol. Para pemain dari luar negeri pun berbondong-bondong meniti karier di sana, dan pada 2019 ini juga membuktikan tajinya sebagai pemain juara. Mereka, para perantau, berhasil menjadi kampiun kala bertugas membela negaranya.

Ada enam turnamen timnas lainnya, dan tim pemenang selalu diperkuat pemain yang merumput di sepak bola Spanyol. Dari Piala Dunia level usia muda (U-20), hingga turnamen di benua berbeda: Piala Asia AFC, Liga Negara-negara Eropa (LNE) UEFA, Copa Amerika CONMEBOL, Piala Emas CONCACAF, dan Piala Afrika CAF.


Baca Juga :
- Debut Negatif Rubi dan Iglesias
- Marcelo Menjawab Tantangan Zidane


Pembuktian sepak bola Spanyol sebagai pabrik pemain juara ini dimulai sejak Januari, ketika Qatar menjadi raja Asia. Tarek Salman dan Akram Afif sukses membantu negaranya menklukan Jepang di partai puncak. Perlu diketahui, keberhasilan pertama menjuarai Piala Asia itu berkat tangan dingin pelatih asal Spanyol, Felix Sanchez.

Setelahnya berbagai bakat yang merumput di Negeri Matador terus menonjol bersama timnasnya. Dua pemain juga ada di Ukraina yang juara Piala Dunia U-20 yakni Andri Lunin dan Oleksiy Khakhlyov. Sementara tiga pemain memperkuat Portugal yang juara LNE, serta empat untuk Brasil dan Meksiko di Copa Amerika dan Piala Emas.

Untuk Piala Afrika, di Aljazair ada satu pemain, Aissa Mandi, yang sejatinya bisa ada dua jika Senegal yang juara; Alfred N’Diaye (Villarreal CF) dan Moussa Wague (FC Barcelona). Dengan demikian dari para tim juara turnamen negara di 2019, total ada 34 pemain yang merumput di Spanyol; 18 dari talenta lokal dan 16 pemain asing (negara luar).

Lewat jumlah tersebut, sepak bola Spanyol juga menjadi yang terbaik. Kompetisi lainnya yang menyumbang para juara lainnya adalah 22 pemain dari Liga Aljazair, 21 di Qatar, 19 Ukraina, Inggris 17, dan 14 dari Meksiko. Sementara untuk klub peyuplai pemain juara terbanyak ada Real Betis, Real Madrid, dan Real Sociedad; empat pemain.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

Pemain Juara dari Sepak Bola Spanyol
Pemain          Klub               Timnas          Kompetisi

Lunin              Leganes          Ukraina           Piala Dunia U20
Khakhlyov      Alaves B         Ukraina           Piala Dunia U20
Casemiro        Madrid            Brasil              Copa Amerika
Filipe Luis      Atletico           Brasil              Copa Amerika
Arthur             Barca              Brasil              Copa Amerika
Coutinho        Barca              Brasil              Copa Amerika
Salman            Jupiter            Qatar               Piala Asia
Afif                  Villarreal B     Qatar               Piala Asia
F.Sanchez*     Spanyol          Qatar               Piala Asia
Araujo           Celta                Meksiko          Piala Emas
H.Moreno       Sociedad         Meksiko          Piala Emas
D.Reyes          Leganes          Meksiko          Piala Emas
Guardado       Betis                Meksiko          Piala Emas
Semedo          Barca              Portugal         Liga Negara-negara Eropa
Guedes           Valencia          Portugal         Liga Negara-negara Eropa
W.Carvalho    Betis                Portugal         Liga Negara-negara Eropa
A.Mandi          Betis                Aljazair           Piala Afrika
Ket;*Kasus tersendiri sebab ia adalah pria asal Spanyol, yang juara sebagai pelatih.

D
Penulis
Dini Wulandari
news