LIGA INGGRIS
Lampard Ingin Jorginho Lebih Adaptif dengan Peran Baru
20 July 2019 15:32 WIB
berita
Gelandang Chelsea Jorginho (kanan) saat membela timnya menghadapi Kawasaki Frontale, Jumat (19/7) lalu./Istimewa
YOKOHAMA – Musim lalu, Jorginho selalu diplot sebagai sentral di lini tengah Chelsea FC oleh Maurizio Sarri dalam skema 4-3-3. Eks pelatih The Blues tahu, itu posisi terbaik bagi pemain yang juga pernah bekerja dengannya di SSC Napoli. Keputusan ini sempat memicu kontroversi karena sebelumnya N’Golo Kante yang mengisi peran tersebut. Kini, setelah Sarri pergi, Jorginho harus siap bergeser dari satu posisi ke posisi lain.

Pasalnya, pelatih anyar Frank Lampard ingin Chelsea bisa adaptif dengan beberapa formasi tergantung lawan yang dihadapi. Ia pun telah mengungkapkan harapannya agar Jorginho lebih fleksibel pada 2019/20 nanti. Sebelumnya, masa depan gelandang 27 tahun itu jadi sorotan menyusul kepergian Sarri ke Juventus FC. Ia santer dikabarkan bakal mengikuti jejak sang mentor.


Baca Juga :
- Lampard Punya Alasan Jadikan Pemain Ini sebagai Epitome Chelsea
- Lampard Akui Manajemen Performa Chelsea Masih Buruk




Namun Lampard menegaskan bahwa Jorginho bakal tetap krusial bagi The Blues. Pelatih 41 tahun tersebut pun mengaku terkesan, bukan hanya dengan kualitas, tetapi juga dengan sikapnya di dalam maupun luar lapangan. “Jorginho adalah pemain fantastis. Dia sangat vital bagi tim musim lalu,” kata Lampard. “Sikapnya ketika latihan membuktian Jorginho adalah pemain top dan profesional.”

Lampard pun telah menyadari kelebihan-kelebihan Jorginho yang akan membantunya membangun fondasi Chelsea mengarungi musim baru. “Semua orang tahu penguasaan bola, kreativitas, dan kinerjanya luar biasa. Dia rajin menjemput dan menerima bola di area-area sulit. Jorginho juga sangat piawai mengirim umpan,” ujar sang pelatih.


Baca Juga :
- Pertarungan hukum Chelsea vs Conte Berlanjut, Abramovich Habiskan Rp 1,4 Triliun
- Salah Fatal! Nama Jorginho Ditulis Jorghino, Wajah Staf Chelsea Merah


Ini menjadi sinyal bahwa Lampard punya skenario untuk mengubahnya menjadi gelandang box-to-box. Sang pelatih tahu Jorginho tipikal pemain yang fleksibel. Ia bisa mengisi peran mana pun di lini tengah. Kemungkinan, Lampard ingin mendorong posisi Jorginho lebih ke depan atau melebar. Dengan begitu, ia dapat mengembalikan Kante ke tempat seharusnya, sebagai jangkar The Blues.

Percobaan menguji fleksibilitas Jorginho telah dilakukan Lampard dalam laga J-League World Challenge 2019 melawan Kawasaki Frontale, Jumat (19/7) kemarin. Ia memplot sang gelandang sebagai sentral lini tengah. Posisinya digeser lebih melebar ke kanan, berduet dengan Mateo Kovacic di sisi kiri dalam formasi 4-2-3-1. Keduanya ditugaskan untuk mengover pertahanan sekaligus serangan.

Seperti dugaan Lampard, Jorginho mampu bermain baik di posisi baru tersebut. Ia tetap mampu mendikte dan menjaga ritme permainan. Ia pun tetap bisa memberikan umpan-umpan panjang akurat ke lini serangan. The Blues memang menelan kekalahan 0-1 dari Kawasaki, tetapi penampilan Jorginho dalam laga tersebut membuktikan kehadirannya akan tetap dibutuhkan tim pada 2019/20 nanti. 

Debut Pulisic

Pertandingan uji coba di Stadion Nissan, Yokohama itu juga menandai debut Christian Pulisic bersama Chelsea. Gelandang serang 20 tahun tersebut masuk pada menit ke-65 menggantikan Mason Mount. Meskipun baru bergabung beberapa hari dengan pasukan Lampard seusai tampil membela timnas Amerika Serikat di Piala Emas 2019, penampilan Pulisic terbilang memuaskan.

Pergerakannya, baik dengan maupun tanpa bola kerap kali menyulitkan para pemain Kawasaki. Pulisic sendiri mengaku sangat senang bisa bermain untuk The Blues meskipun ia gagal membantu tim terhindar dari kekalahan. “Tentu menyenangkan akhirnya mendapatkan waktu tampil membela Chelsea dalam laga sesungguhnya. Saya harap pada laga berikutnya kami bisa lebih baik,” kata Pulisic.***     

Posisi Bermain Jorginho Sepanjang Kariernya
Gelandang bertahan

Total laga: 221
Gol: 15
Assist: 21

Gelandang sentral

Total laga: 66
Gol: 4
Assist: 2

Gelandang serang

Total laga: 4
Gol: 0
Assist: 0

Gelandang kiri

Total laga: 1
Gol: 0
Assist: 0
 

I
Penulis
I Gede Ardy E
news