news
LIGA INTERNASIONAL
Madrid yang Jorjoran dan Muenchen yang Irit
20 July 2019 16:40 WIB
berita
Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, mengkritik klubnya sendiri yang lesu dalam mendatangkan bintang besar.
HOUSTON – Contohlah Real Madrid, mungkin demikian pesan yang tersirat dari pernyataan Roberto Lewandowski. Penyerang Bayern Muenchen tersebut memang melontarkan kritik yang belakangan menjadi perhatian publik dan pers Jerman.

“Jika Anda ingin terus bermain di level kompetisi tertinggi dan berambisi untuk terus meraih gelar, artinya Anda harus membuat tim ini lebih kuat,” kata penyerang 30 tahun tersebut. “Saya harus mengatakan sejujurnya, bahwa saat ini, kekuatan kami tidaklah optimal dan semua orang tahu hal itu,” dia menegaskan.




Baca Juga :
- Madrid Butuh Dana Rp 3,1 Triliun, Pemain Ini Harus Jual Pemain
- Klub Besar yang Memburu Pochettino




Musim ini, Muenchen memang mendatangkan bek Atletico Madrid, Lucas Hernandez dengan nilai transfer besar, 80 juta euro. Namun, tampaknya itu belumlah cukup setidaknya dalam penilaian penyerang yang total telah menorehkan 191 gol dalam semua ajang sejak bergabung ke Muenchen pada 2014 lalu.

Selain Hernandez, ada Benjamin Pavard (35 juta) dan bintang muda Jan Fiete Arp yang didatangkan dengan nilai 2,5 juta. Bagi pendukung Muenchen, pengeluaran tersebut terbilang mengejutkan karena akhirnya pada musim ini klub kebanggaan mereka aktif dalam pembelian pemain pada bursa transfer musim panas ini.


Baca Juga :
- Madrid Tak Rela Mourinho ke Tottenham, Diimingi Rp 222 Miliar tapi Ditolak
- Havertz Siap Bermain di Klub Besar Eropa


Situasi ini sangat jauh berbeda dibandingkan dengan musim panas lalu ketika tidak satu pun Muenchen melakukan pembelian. Satu-satunya pemain baru ketika itu adalah Leon Goretzka yang bergabung dengan status bebas transfer. Selebihnya adalah pemain yang kembali dari masa peminjaman seperti Serge Gnarby, Renanto Sanches, dan Douglas Costa.

Karena itu pula, boleh jadi yang membuat Muenchen gagal meraih gelar Liga Champions dan mereka nyaris gagal pula meraih gelar Bundesliga. Persaingan meraih gelar kompetisi domesitk pada musim lalu memang sangat ketat karena Borussia Dortmund mampu memberikan persaingan yang tajam. Isu minimnya transfer di Muenchen, hingga saat ini, memang mulai menjadi perhatian.

Wakil kapten Muenchen, Thomas Mueller, pun mencoba memberikan jawaban yang berbeda. Menurut pemain senior ini, bursa transfer musim panas masih akan bergulir hingga 2 September nanti. Jadi masih ada waktu untuk manajemen dalam mendapatkan pemain yang mereka inginkan.

Mueller ingin agar tim tidak panik dengan situasi saat ini. Lagi pula, kondisi ini dialami Muenchen pada musim lalu itu dan pada akhirnya mereka tetap sukses di Bundesliga.

“Semua orang di Jerman sepertinya selalu membicarakan tentang kebijakan transfer Muenchen. Namun, selama kami masih terus berada di atas, artinya kami telah melakukan segalanya dengan baik,” kata Mueller, tersenyum.

Hal senada juga diungkapkan sang kapten, kiper Manuel Neuer. “Ini bukan waktu yang tepat atau saat yang tepat untuk menilai. Para pemimpin kami ingin memiliki skuat yang sangat kuat, dan kami tahu mereka tengah melakukan tugas mereka tersebut,” katanya.

Faktanya, dalam lima musim terakhir, Muenchen selalu berusaha untuk membuat mereka lebih kuat dengan mendatangkan sejumlah pemain. Total, Muenchen mengeluarkan 378,5 juta euro dari lima musim tersebut dalam aktivitas transfer (pembelian) dalam bursa musim panas.

Tentu saja, memang, jumlah tersebut masih sangat jauh dibandingkan dengan Madrid. Jumlah itu hanya setengah dari total yang dikeluarkan Madrid selama lima musim terakhir.

Karena itu, wajar jika kemudian Madrid mampu meraih gelar Liga Champions dalam kurun waktu tersebut. Kini, Muenchen yang musim ini sangat berambisi meraih gelar Liga Champions, seperti sudah kehilangan sejumlah pemain yang memang menjadi target para klub besar.

Selain Hazard yang sudah ke Madrid, bintang seperti Antoine Griezmann, Frenkie De Jong, atau Matthijs De Ligt, pun masing-masing sudah mendapatkan pembeli. Ironisnya, banyak yang menilai bahwa hingga bursa transfer musim panas ini berakhir pun, tidak akan ada lagi pemain bintang yang datang ke Muenchen.

Alasannya, karena target yang mereka kejar yaitu Leroy Sane, tampaknya akan tetap bertahan di Manchester City. Sedangkan terkait Ousmane Dembele, tidak ada pergerakan signifikan dari para bos Muenchen.***

Transfer Musim Panas Muenchen Lima Musim Terakhir, Total: 378,5 juta euro

2019/20: 117,5 juta

Benjamin Pavard, 35 juta

Lucas Hernandez, 80 juta

Jan-Fiete Arp, 2,5 juta

 

2018/19: 0

Leon Goretzka, Gratis

 

2017/18: 103,5 juta

Nicklas Sule, 20 juta

James Rodriguez, 13 juta (pinjaman)          

Crentin Tolisso, 41,5 juta

Kingsley Coman, 21 juta

Serge Gnarby, 8 juta

 

2016/17: 73 juta

Renato Sanches, 35 juta

Mats Hummels, 38 juta

 

2015/16: 84,5 juta

Joshua Kimmich, 7 juta

Sven Ulreich, 3,5 juta

Douglas Costa, 30 juta

Arturo Vidal, 37 juta

Kingsley Coman, 7 juta (pinjam)

Total: 84,5 juta

 

Transfer Musim Panas Madrid Lima Musim Terakhir, Total: 620,25 juta euro

2019/20: 303 juta

Ferland Mendy, 48 juta

Eder Militao, 50 juta

Eden Hazard, 100 juta

Rodrygo, 45 juta

Luka Jovic, 60 juta

 

2018/19: 163,25 juta

Mariano Diaz, 22 juta

Alvaro Odriozola, 30 juta

Thiabut Courtois, 35 juta

Vinicius Junior, 45 juta

Andriy Lunin, 8,5 juta

Omar Mascarell, 4 juta

Lucas Torro, 1,75 juta

Brahim Diaz, 17 juta

 

2017/18: 40,5 juta

Theo Hernandez, 24 juta

Dani Ceballos, 16,5 juta

 

2016/17: 30 juta

Alvaro Morata, 30 juta

 

2015/16: 83,5 juta

Kiko Casilla, 6 juta

Mateo Kovacic, 29 juta

Lucas Vazqquez, 1 juta

Danilo, 31,5 juta

Marco Asensio, 3,5 juta

Jesus Vallejo, 5 juta

loading...
I
Penulis
Irfan Sudrajat
news
news