LIGA SPANYOL
Rekonstruksi Benteng Atletico Habiskan Rp1,3 Triliun
20 July 2019 15:25 WIB
berita
Atletico menjual Lucas Hernandez dengan harga 80 juta euro dan mendapatkan empat bek sebagai gantinya: Felipe Monteiro, Renan Lodi, Kieran Trippier, dan Mario Hermoso.-Topskor/Ist
MADRID – Atletico Madrid begitu aktif di bursa transfer musim panas kali ini. Namun dari semua pergerakan yang dilakukan, operasi pada barisan belakang menjadi fokus utama mereka. Terlepas dari pergantian bintang serangan dari Antoine Griezmann ke Joao Felix, terdapat pembaharuan dan peremajaan di sektor pertahanan tim ibu kota ini.

Teranyar ada dua nama lagi yang baru saja bergabung yakni Kieran Trippier dan Mario Hermoso yang dipresentasikan secara bersamaan. Di bawah arahan pelatih Diego Simeone, Atletico memang menjadikan solidnya lini belakang sebagai kekuatan utama. Karenanya, tim berjuluk Los Rojiblancos ini selalu serius merancang pertahanannya.




Baca Juga :
- Atletico Menyamai Start Terburuk Musim Lalu
- Atletico Madrid Bertarung Melawan Manchester United, Inter, Napoli, dan Juventus untuk Edinson Cavani




Empat transfer pemain bertahan di lakukan kali ini. Alhasil untuk menghadapi kompetisi 2019/20 yang akan segera bergulir, mereka setidaknya memiliki dua pemain di tiap posisi pada lini belakang; dalam skema empat bek. Di posisi bek kanan tersedia tiga pemain, dan di kanan bisa pula diperankan Hermoso yang sejatinya bek tengah.

Atletico memang mengalami eksodus pemain bertahan sehingga pembaharuan di lini belakang tak terelakan. Lucas Hernandez yang profilnya digantikan oleh Hermoso jadi satu-satunya yang pergi dengan cara dijual atau menghasilkan pemasukan. Sedang Diego Godin, Filipe Luis, dan Juanfran Torres hengkang gratis sebab habis kontraknya.


Baca Juga :
- Savic Cedera, Kans Felipe
- Investasi Besar Atletico Belum Sepadan


Meski begitu untuk Lucas, Bayern Muenchen membayar hingga 80 juta euro (sekira Rp1,2 triliun); angka klausul pelepasannya, yang sukses dimaksimalkan Los Rojiblancos. Ditambah 7 juta euro, klub mendapat empat bek baru; 25 dan 22 juta untuk Hermoso-Trippier, dan sebelumnya Felipe Monteiro dan Renan Lodi sama-sama 20 juta.

Lewat 87 juta euro (Rp1,3 Triliun) yang digelontorkan itu, Simeone merasakan peremajaan pada barisan pertahanannya. Empat bek yang baru masuk memiliki rasio umur 25,75 tahun; Hermoso (24 tahun), Trippier (28), Felipe (30), Lodi (21). Sementara empat bek yang keluar punya rata-ratanya 30,75 tahun; Lucas (23) Godin (33), Luis (33), Juanfran (34).

Satu-satunya poin minus dari pembaharuan lini belakang yang dilakukan musim panas ini yakni pelatih perlu kembali menyatukan perpaduan pemainnya. Karenanya uji coba pertama, lawan CD Numancia, akan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sabtu (20/7) atau Minggu dini hari WIB jadi adaptasi pertama kuartet baru garapan Simeone, sambil menguji hasil belanja besar-besarannya musim ini.*TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

Bek yang Dimiliki Atletico Untuk 2019/20:
Jose Gimenez             Bek tengah     24 Tahun
Stefan Savic                Bek tengah     28 Tahun
Mario Hermoso*       Bek tengah     24 Tahun
Felipe de Almeida     Bek tengah     30 Tahun
Francicso Montero Bek tengah   20 Tahun
Renan Lodi                Bek kiri           21 Tahun
Kieran Trippier         Bek kanan      28 Tahun
Sime Vrsaljko             Bek kanan      27 Tahun
Santiago Arias           Bek kanan      27 Tahun
Keterangan; Tebal=Pemain dari atau akan main naik-turun tim muda Atletico B. *=Bisa juga bermain sebagai bek kiri.

D
Penulis
Dini Wulandari