news
INFOGRAFIS
Analisis Riko Simanjuntak Soal Kualifikasi Piala Dunia 2022
19 July 2019 13:41 WIB
berita
JAKARTA - Hasil undian Pra-Piala Dunia (PPD) 2022 dan Pra-Piala Asia (PPA) 2023 sudah diketahui. Asa pemain timnas Indonesia pun langsung melambung tinggi. Mereka berharap kembali dipanggil pelatih Simon McMenemy untuk manggung di ajang tersebut dan berjuang membawa Indonesia lolos ke babak-babak selanjutnya.

Dalam ajang tersebut, Indonesia bersaing di Grup G dengan tim unggulan asal Timur Tengah Uni Emirat Arab dan tiga tim asal Asia Tenggara, yakni Vietnam, Thailand, dan Malaysia. “Itu bukan grup neraka. Peluang kita lolos dari babak kualifikasi sangat terbuka. Lawan yang harus dihadapi timnas tidak ada yang superior. Masih bisalah kita bersaing dengan mereka," kata Achmaf Jufriyanto, bek timnas.




Baca Juga :
- Ini Formasi 11 Pemain Terbaik SEA Games 2019, Timnas U22 Indonesia Kirim 3 Pemain
- Ini Agenda Timnas Indonesia Sepanjang Tahun 2020




Syaratnya, saat laga kandang, semua kemenangan harus bisa diraih. Tidak boleh ada yang lepas atau membuat timnas terjerembab. Begitupun saat tandang, anak-anak Indonesia tidak kehilangan angka. Agar bisa terus menjaga asanya.

“Vietnam, Thailand, Malaysia setara kualitasnya dengan timnas Indonesia. Kita sudah tahu kekuatan mereka karena sering jumpa diberbagai kejuaraan. Enggak ada yang perlu ditakutkan dari mereka,” bek Persib itu menambahkan.


Baca Juga :
- Daftar Pemain Timnas U-22 Indonesia yang Masih Bisa Dipakai untuk SEA Games 2021
- Eks Pelatih Timnas Indonesia U-19 Resmi Dikontrak Klub Malaysia, Sabah FA


Sementara UEA, kualitas sepak bolanya tidak sehebat tim Timur Tengah lainnya, seperti Qatar, Suriah, Arab Saudi. UEA, secara tradisi, kalah gemerlap dengan tim serumpun di atas. “UEA tidak sebagus Qatar, Suriah, dan Arab Saudi. Saya enggak melihat UEA halangan buat Indonesia,” ucap Jupe.

Sementara, andalan baru timnas, Riko Simanjutak menilai pertempuran di fase kualifikasi nanti sangat bernuansa klasik. Ia meyakini pertemuan melawan Vietnam, Malaysia, dan Thailand bakal sangat seru. “Saya rasa nanti akan banyak laga klasik.

Kami harus bisa memaksimalkan laga kandang melawan mereka dan kalau bisa juga mencuri poin di kandang tiga tim itu, selain UEA,” ucap pemain Persija itu.

Menurutnya, dari tiga tim itu, Thailand yang paling punya banyak pengalaman. Tim Negeri Gajah Putih dinilainya memiliki kekompakan dan strong. “Tapi kita juga harus percaya akan peluang kita bisa bersaing dengan mengalahkan mereka,” ucap Riko.

Sementara, gelandang timnas Evan Dimas Darmono menilai langkah Indonesia bakal tidak mudah. “Namun bukan berarti kita tidak punya peluang,” kata Evan.

Bek timnas asal Madura United, Fachrudin Aryanto menilai asa Indonesia lolos ke babak berikutnya cukup terbuka lebar. “Saya pikir peluang sama besarnya. Grup G ini memang kekuatan semua tim merata, tapi saya sendiri sangat yakin Indonesia bisa ambil peluang lolos ke babak berikutnya," ujar pemain kelahiran 19 Februari 1989 dengan caps 35 bersama timnas Indonesia itu.***DANI W/NOVAL L/FURQON AL/SRI N.

 

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news