news
BASKET
Teken Kontrak Maksimal, Simmons Dapat Rp 2,3 Triliun
17 July 2019 15:22 WIB
berita
Ben Simmons
PHILADELPHIA – Ben Simmons mungkin belum punya nama besar. Namun, dalam dua musim belakangan, dirinya menjadi pilar penting Philadelphia 76ers. Kolaborasinya dengan Joel Embiid mampu membawa klubnya tersebut jadi unggulan ketiga dalam fase play-off NBA.

Klub yang bermarkas di Wells Fargo Center ini pun seolah tak ingin kehilangan sang bintang muda. Tanpa pikir panjang, juara NBA tiga kali itu menyodorkan kontrak maksimal berdurasi lima tahun kepada pria asal Australia ini. Nilainya pun tak main-main, 170 juta dolar AS (sekitar Rp2,3 triliun).




Baca Juga :
- Ayo Tebak, Slam Dunk James Harden Ini Hitungannya Masuk atau Tidak?
- Momen Kocak Andre Drummond Tersandung Blake Griffin




Sebagai bagian dari komitmennya kepada 76ers, Simmons pun langsung mengiyakan tawaran tersebut. Sebagai catatan, kontrak ini mulai berlaku pada NBA 2020/21. Jadi, kontrak Simmons berakhir pada 2024/25. Namun, ia memiliki opsi keluar pada musim terakhir perikatannya dengan 76ers.

Adapun untuk NBA 2019/20, Simmons masih menggunakan kontrak rookie-nya. Dengan kata lain, dirinya hanya digaji 8,1 juta dolar (sekitar Rp 112,7 miliar). Tapi, pada tahun berikutnya, angka tersebut akan melonjak nyaris empat kali lipat menjadi 29, 3 juta dolar AS (sekitar Rp407,7 mliar).


Baca Juga :
- Joel Embiid Tak Cetak Poin, Drake Meledeki Sang Pemain
- Tak Cetak Poin Saat Hadapi Raptors, Embiid Bersumpah Tak Akan Ulangi Lagi


“Saya ingin terus bekerja sama dengan tim ini agar permainan saya terus bertumbuh. Setidaknya ada satu hal yang bisa saya dapatkan musim lalu (2018/19), yakni kepemimpinan. Itulah perbaikan yang saya dapatkan,” ujar Simmons berbicara soal kontraknya dengan 67ers, belum lama ini.

Simmons pun bermimpi bisa membawa klubnya tersebut meraih gelar NBA. Bila melihat materi yang ada, saat ini, tim milik Joshua Harris itu sangat berpotensi mewujudkan hal tersebut. Lima orang dalam jajaran starter 2019/20 merupakan pebasket-pebasket yang berkualitas.

Mereka memang kehilangan Jimmy Butler yang hengkang ke Miami Heat. Namun, sebagai ganti, 76ers mendapatkan Josh Richardson. Untuk membantu Embiid dan Simmons, 76ers pun mendatangkan bigman sekelas Al Horford. Sebelumnya, Horford berstatus andalan Boston Celtics.

Satu lagi pemain yang tak boleh dilupakan adalah Tobias Harris. Melihat apa yang telah dibangun 76ers, wajar rasanya jika Simmons yakin menyepakati kontrak berdurasi lama. “Intinya, jika anda memberi bola, saya bisa bermain. Saya siap memberi segalanya untuk 76ers,” Simmons menuturkan.

Untuk diketahui, Simmons sebenarnya rookie NBA 2016/17. Ketika itu, ia berada di peringkat pertama dan dipilih 76ers dalam NBA Draft 2016 di Barclays Center, Brooklyn, New York. Namun, ia absen pada musim pertamanya karena retak telapak tangan di NBA Summer League 2016.

Seolah ingin memberi bukti, dalam NBA 2017/18, Simmons langsung menunjukkan kapasitasnya. Hasilnya, ia meraih gelar Rookie of the Year dengan mengalahkan bintang Boston Celtics, Jayson Tatum, serta pemain Utah Jazz, Donovan Mitchell, yang juga bersinar ketika itu.  

Peluang Emas

Jika melihat peta persaingan NBA 2019/20, Simmons jelas berpeluang membawa timnya lolos ke final. Ini karena persaingan di Wilayah Timur tak terlalu berat usai pindahnya Kawhi Leonard ke Los Angeles (LA) Clippers.

Sebenarnya, masih ada Brooklyn Nets yang baru merekrut Kyrie Irving dan Kevin Durant. Tapi, karena Durant absen sepanjang 2019/20, tim ini diperkirakan belum terlalu kuat. Praktis hanya Milwaukee Bucks dengan Giannis Antetokounmpo.

Tapi, 76ers juga wajib mewaspadai Miami Heat. Setelah mendapatkan Butler, Heat berupaya merekrut Kevin Love atau Chris Paul. Jika operasi mendatangkan bintang ini berhasil, klub besutan Erik Spoelstra akan kembali kuat.*KRISNA C. DHANESWARA

 

loading...
L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news
news