news
UMUM
Timnas U-16 Dievaluasi Total Sebelum hadapi Persija dan PS Tira Persikabo U-16
13 July 2019 13:27 WIB
berita
Uji coba timnas U-16 versus PPLPD Bogor Foto TopSkor Ady Sesotya
BOGOR - Setelah menjalani pemusatan latihan (TC) tahap akhir sejak 7 Juli lalu, kembali timnas U-16 menjalani laga uji coba melawan PPLPD Bogor di Stadion Mini Cibinong, Bogor, Jumat (12/7). Dalam laga ini pasukan Bima Sakti Tukiman harus mengakui kehebatan lawannya. Garuda Muda menyerah 0-1. Gol semata wayang PPLPD Bogor diciptakan Ikhwan Ali melalui tendangan bebas di menit ke-60.

Masih banyak kekurangan yang menjadi pekerjaan rumah bagi Bima Sakti untuk menciptakan tim yang solid. Contohnya pada laga uji coba hari ini (kemarin), terlihat para pemain timnas U-16 masih belum dapat menguasai permainan dengan baik. Terutama sektor lini tengah yang sepanjang jalannya pertandingan selalu kalah duel.




Baca Juga :
- Bagi Aji Santoso, Persija adalah Rival Terakhir Musim Ini yang Harus Ditumpas
- Target Awal Bintang Timur Surabaya Tercapai




“Ya, terlihat performa pemain tidak maksimal, memang itu problem kami selama ini. Kami build-up sudah bagus tapi dari tengah ke depan menjadi problem. Itu menjadi PR kami. Kami akan perbaiki di nomor enam ke atas (lini tengah ke striker),” ujar Bima.

Meski begitu, Bima menilai sejak Ramadan hingga sekarang timnya terus mengalami progres. Salah satunya mengenai fisik pemain. Terlihat hingga pertandingan berakhir pemain dalam kondisi yang fit.


Baca Juga :
- AIA Ajak Talenta Muda Sepak Bola Berlatih di Akademi Persija
- Pelatih Madura United Komentari 3 Hukuman Penalti Lawan Persija


“Pada awalnya lawan tim kurang bagus dan sekarang melawan tim yang bagus jadi ini sengaja kami persiapkan untuk peformance mereka di tanggal 27 Juli (Piala AFF U-15) dalam menghadapi lawan yang lebih lagi,” kata Bima.

Waktu persiapan menuju Thailand tinggal dua pekan lagi. Bima melihat dari uji coba ini sepertinya semua lini harus mendapatkan evaluasi. Pasalnya, masih banyak pemain yang melakukan kesalahan terutama di lini belakang. Di mana organisasi pertahanan tidak berjalan dengan baik.

Selain itu ia akan memberikan laga uji coba kembali pada pekan depan untuk kembali melihat perkembangan anak asuhnya. “Rencananya hari Selasa (16/7) uji coba dan Kamis (18/7) uji coba lagi untuk melihat perkembangan pemain. Untuk lawan kami mau Persija U-16 dan PS Tira (Persikabo) U-16,” ujar Bima.

Dalam uji coba kemarin, juga banyak terlihat pemain yang nervous. Akibatnya tidak jarang pemain melakukan salah passing maupun kontrol yang selalu lepas. Hal itu diakui gelandang timnas U-16 jebolan Liga TopSkor Resa Aditya.

“Sebenarnya babak pertama skema berjalan dengan baik, dua peluang untuk gol seharusnya bisa diselesaikan dengan baik. Namun mungkin ini bukan harinya. Dalam laga uji coba selanjutnya kami akan berusaha lebih solid lagi,” ujar Resa.

TC tahap akhir ini dilakukan sebagai persiapan timnas U-16 menghadapi Piala AFF U-15 2019 mulai 27 Juli 2019 di Chonburi, Thailand. Indonesia tergabung di Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Singapura, dan Filipina.*NIZAR GALANG GANDHIMAR

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news