LIGA INTERNASIONAL
Nigeria Spesialis Comeback
12 July 2019 13:06 WIB
berita
Bek tengah William Troost-Ekong meluapkan ekspresi setelah mencetak gol kemenangan untuk Nigeria atas Afrika Selatan, 2-1, pada laga perempat final Piala Afrika 2019 di Stadion Cairo International, Mesir, Rabu (10/7).
KAIRO - Nigeria memastikan tiket semifinal Piala Afrika setelah mengalahkan Afrika Selatan (Afsel) pada laga perempat final di Stadion Cairo International, Rabu (10/7) malam. Bagi The Super Eagles, inilah fase empat besar ke-15 di turnamen sepak bola terbesar di Benua Hitam tersebut.

Ada hal menarik di balik lolosnya Nigeria sampai ke semifinal. Usai dibekap Madagaskar di laga terakhir fase grup, 0-1, tidak ada yang menjagokan Nigeria mampu melangkah lebih jauh di Piala Afrika. Tetapi, asumsi itu berubah 180 derajat setelah The Super Eagles masuk ke fase knockout.


Baca Juga :
- Calon Gelandang AC Milan Jadi Pemain Terbaik Piala Afrika 2019
- Gol Kilat Bounejah Bawa Aljazair Juara Piala Afrika 2019




Di 16 besar, The Super Eagles mulai menunjukkan mentalitas juara. Melawan Kamerun, Nigeria memimpin lewat Odhion Ighalo pada menit ke-19. Tapi, Kamerun berbalik memimpin hanya dalam tiga menit di babak kedua (41 dan 44).

Selang 20 menit setelah gol kedua Kamerun, The Super Eagles membalas. Tidak tanggung-tanggung, Ighalo dan Alex Iwobi membuat Kamerun tersingkir lewat gol-gol yang juga mereka ciptakan hanya dalam tiga menit (63 dan 66).   


Baca Juga :
- Julukan Baru untuk Nigeria
- Nigeria Rebut Peringkat Ketiga Piala Afrika 2019 Usai Membekuk Tunisia


Kematangan mental dan teknik Nigeria kembali terlihat di perempat final melawan Afsel. Nigeria memimpin lebih dulu lewat Samuel Chukwueze sekaligus gol pertama striker Villarreal CF itu untuk negaranya.

Namun,gelandang Afsel Bongani Zungu mampu menyamakan kedudukan di babak kedua lewat sundulan. Inilah gol pertama di Piala Afrika yang disahkan wasit setelah melihat Video Assistant Referee (VAR), yang diaplikasi mulai perempat final.

Saat skor imbang inilah Nigeria menunjukkan mentalitas juara. William Troost-Ekong mencetak gol dari sontekan ringan pada menit ke-89, memanfaatkan tendangan pojok dari pemain pengganti, Simon Moses.  

“Kami tertinggal lalu mampu memukul balik pada menit terakhir. Fantastis!” kata Gernot Rohr, pelatih Nigeria asal Jerman. “Selain teknik, mentalitas dan sikap pemain juga luar biasa.”

Kemenangan Nigeria atas Afsel memang tidak lepas dari faktor keberuntungan. Hal itu pula yang membuat pelatih Afsel Stuart Baxter sangat kecewa. Bafana Bafana memang unggul penguasaan bola, 53 persen berbanding 47 persen.

Lebo Mothiba dan kawan-kawan sudah mencoba bermain dengan operan-operan jauh dan bola-bola pendek. Namun, mereka tidak mampu menembus soiidnya pertahanan Nigeria. Dengan kekalahan dari Nigeria ini, Afsel untuk kali ketiga secara beruntun selalu tersingkir di perempat final Piala Afrika.  

“Kami tahu Afsel tim sangat bagus. Kami melihat bagaimana mereka mampu menyingkirkan Mesir (di 16 besar),” ucap Rohr. “Kami sedikit diuntungkan dengan kondisi pemain yang lebih segar.”  

Di semifinal, Nigeria – juara Piala Afrika tiga kali (1980, 1994, 2013) – akan menghadapi pemenang laga Pantai Gading melawan Aljazair yang berlangsung dini hari WIB tadi. Laga semifinal ini akan digelar pada Minggu (14/7) malam di Stadion Cairo International. “Kami harus mampu memulihkan kembali stamina karena Aljazair atau Pantai Gading akan sama menyulitkan di empat besar nanti,” kata Rohr.*TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

NIGERIA 2-1 AFSEL
Stadion: Cairo International
Penonton: 48.343

NIGERIA 4-2-3-1
Pelatih:
Gernot Rohr

16 Akpeyi                  

20 Awaziem
5 Troost-Ekong
22 Omeruo
3 Collins

8 Etebo
4 Ndidi                       

13 Chukwueze
18 Iwobi/6 Balogun (90+1)
7 Musa/15 Simon (81)

9 Ighalo         

AFSEL 4-3-3
Pelatih:
Stuart Baxter

22 Williams   

5 Mkhize
18 Hlanti
14 Hlatshwayo
2 Mkhwanazi

8 Zungu
15 Furman
12 Mokotjo   

19 Tau
9 Mothiba/21 Veldwijk (86)
23 Lorch/11 Zwane (58)    

Gol: 1-0 (Samuel Chukwueze, 27), 1-1 (Bongani Zungu, 71), 2-1 (William Troost-Ekong, 89)  
Wasit:
Redouane Jiyed

Kartu kuning: Mothiba, Musa, Hlatshwayo, Tau, Mkhize
Kartu merah: -
Tembakan ke gawang: 4-2
Tembakan melebar: 4-2
Tendangan pojok: 6-1
Offside: 1-1
Pelanggaran: 21-18
Penguasaan bola: 47-53

 

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news