LIGA 2
Jelang Laga Bigmatch, Sriwijaya FC dan Persita Saling Intip
12 July 2019 13:56 WIB
berita
PALEMBANG - Duel sengit akan mempertemukan Sriwijaya FC (SFC) versus Persita Tangerang di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), dalam lanjutan laga Grup Wilayah Barat Liga 2 2019, Sabtu (13/7). Laga ini akan berlangsung menarik karena kedua tim punya tren positif di awal kompetisi, sama-sama punya pertahanan kokoh mengingat baru kemasukan satu gol saja.

Dalam pantauan TopSkor, Kamis (11/7) sore, di lapangan Atletik Jakabaring, skuat Persita hanya latihan ringan dan fun game. Tidak ada latihan taktik ditampakkan skuat Pendekar Cisadane. Pemain dan pelatih tampak melebur bermain sundulan dalam satu lingkaran sambil sesekali tertawa.




Baca Juga :
- Jadi Kiper Ketiga SFC, Ferry Rotinsulu Diet
- Meski Gagal Menuai Akhir Manis, Budiman Yunus Puas Melihat Performa Bandung United




Pemandangan yang sangat berbeda dengan SFC yang berlatih di Stadion GSJ. Pelatih SFC Kas Hartadi justru tampak serius menginstruksikan pemainnya dalam materi latihan finishing dan juga set piece (bola mati). “Cepat, cepat!” Kas berteriak memberi instruksi kepada pemain yang membawa bola.

Saat sesi latihan tendangan penalti, penyerang SFC Airlangga Sucipto juga disinggung Kas, karena tendangan penaltinya tidak masuk. “Belum panas,” kata Airlangga. “Belum panas gimana sudah latihan dari tadi?” Kas menimpali.


Baca Juga :
- Tiket Terakhir Babak 8 Besar Liga 2 Grup Barat, PSMS Paling Berpeluang
- Masuk 8 Besar, Widodo Minta Pemain Persita Lebih Percaya Diri


Kepada pemain SFC lain yang penaltinya tidak masuk, Kas juga nyeletuk soal gaya tendangan pemain tersebut. “Tendangan kewer-kewer,” Kas mengkritisi.

Usai latihan, Kas mengaku sangat serius menyiapkan timnya melawan Persita, Menurutnya, Persita tim spesial yang punya lini pertahanan kuat, sehingga latihan finishing SFC tidak boleh main-main. “Saya tahu Persita punya pertahanan yang kuat, dan juga tim yang subur sejauh ini,” kata Kas.

Untuk membongkar pertahanan kuat Persita, Kas sudah punya resep tersendiri. Antara lain kerja keras dan sabar mengurai satu persatu pertahanan Persita. Setelah terurai taktik finishing yang sudah digodok baru dilancarkan.

Kas juga sudah mengintip komposisi pemain Persita musim ini yang dihuni banyak pemain berkualitas, berpengalaman, dan ekstimnas. “Ada M Roby, Amarzukih, Egy Melgiansyah, juga Sirvi Arvani pencetak gol terbanyak saat ini,” ucap Kas.

Hanya saja, Kas tidak akan memerintahkan pemainnya fokus mematikan pergerakan Sirvi. Titahnya adalah siapa saja pemain SFC yang dekat dengan Sirvi maka wajib menutup ruang geraknya.

Meski dirinya puas dengan kinerja benteng SFC, namun Kas tetap mematangkan lini pertahanan timnya. “Kami juga latihan compact defend, karena Persita tentu akan bermain menyerang. Pertahanan kami tidak boleh dengan mudah tertembus mereka," kata Kas.

Sementara itu, pelatih Persita Widodo Cahyono Putro (WVP) mengakui timnya juga punya pertahanan yang kokoh, begitu juga SFC. Namun Persita tetap memiliki kelemahan. Hanya saja WCP, sapaan akrabnya, enggan mengungkapkan detail kelemahan timnya saat ini.

“Sepak bola kan berkembang terus, setiap pertandingan pasti ada kesalahan. Pertandingan sebelumnya dan pertandingan berikutnya pasti berbeda kesalahannya," kata WCP.

Namun, WCP mengapresiasi capaian timnya saat ini yang produktif di lini depan dan kokoh di lini belakang.”Tapi jika berkaca dari  laga terakhir melawan PSPS Riau, hanya sedikit bermasalah pada penyelesaian akhir. Karena ada beberapa peluang  yang tidak bisa menjadi gol,” kata WCP.

Terkait melawan SFC, WCP mengaku para pemain sudah melakukan recovery hingga mendapat asupan gizi yang cukup. Dirinya memastikan akan ada rotasi pemain melawan SFC dibandingkan laga-laga sebelumnya. “Kami sudah menyiapkan taktik yang berbeda, karena setiap lawan tentu akan berbeda taktik,” ucap WCP.AGUSTIAN PRATAMA 

R
Penulis
Rizki Haerullah