LIGA ITALIA
Presiden I Rossoneri Paolo Scaroni ingin bangun stadion indah di San Siro
12 July 2019 13:09 WIB
MILAN - San Siro baru untuk saat ini masih dalam bentuk rancangan. Sebuah stadion modern yang dilengkapi area komersial dan zona hijau di sekitarnya. Rabu (10/7), CEO FC Internazionale Alessandro Antonelli bersama Presiden AC Milan Paolo Scaroni dan CEO Ivan Gazidis merayu Dewan Kota Milan.

Mereka membawa dokumen setebal 750 halaman tentang rencana stadion baru dan menjelaskan idenya. Ini baru tahap awal, tanda bahwa kedua klub memiliki rencana solid di masa depan. "Kami telah bekerja dan akan terus bekerja untuk menciptakan stadion paling indah di dunia,” Scaroni berpromosi.


Baca Juga :
- Lukaku Bikin Lawan Terkesima
- Sneijder Miliki Ikatan Emosional dengan FC Utrecht




Rencananya cukup jelas. Mereka ingin memiliki stadion kapasitas 60-65 ribu tempat duduk. Lokasinya di zona yang saat ini menjadi tempat parkir Stadion Giuseppe Meazza. Pertokoan, restoran dan tempat hiburan juga disediakan agar area tersebut tetap hidup setiap hari meski tidak ada pertandingan atau even lain, seperti konser. Mereka mengadaptasi gaya Staples Centre, markas klub basket LA Lakers dan LA Clippers.

Scaroni menjelaskan kalau proyek dengan nilai investasi 1,2 miliar euro (sekira Rp19 triliun) itu akan menyerap sebanyak 3.500 pekerja. Ditilik dari sisi perekonomian, tawaran ini patut dipertimbangkan. Pasalnya, sejak didera krisis, lapangan pekerjaan di Negeri Piza makin sedikit.


Baca Juga :
- Milan Mencari Trequartista Kelas Dunia
- Laboratorium Taktik Seri A


Diharapkan sikap para politisi termasuk wali kota Milan, Giuseppe Sala, yang menentang ide penghancuran Meazza, melunak sehingga proses pembangunan bisa dimulai jauh sebelum 2023. Jadi arena baru bisa menggelar laga pertama pada musim 2024/25. Selain itu juga mereka bisa menggelar seremoni pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2026 di tempat yang lebih modern.

“Kami memiliki tantangan besar, kami ingin melakukan sesuatu yang ambisius, yang tidak ada di Italia, dibutuhkan untuk meningkatkan daya tarik sepak bola Italia,” kata Gazidis. Rencana ini akan mengikuti aturan mengenai stadion baru dan Antonello mengatakan, “Kami ingin bekerja dengan semua institusi dan semua warga kota. Kami memiliki rencana bagi kota Milan, menciptakan pusat hiburan baru bagi kota Milan.”

Kedua klub ingin menyediakan 12 ribu tempat duduk khusus untuk orang-orang penting atau perwakilan perusahaan. Tentu saja tiket untuk area ini akan sangat mahal, tidak terjangkau untuk suporter biasa. Ini adalah salah satu siasat mendapatkan kenaikan pemasukan.

Untuk mewujudkan distrik baru San Siro, kemungkinan akan digelontorkan 80 juta euro untuk konstruksi infrastruktur publik. Idenya proyek ini dilakukan dalam dua tahap. Pertama, selama 36 bulan, kontraktor membangun stadion berkualitas, sangat aman dan tidak ada pembatas. Kedua, peruntuhan Meazza (yang tetap digunakan selama stadion baru belum berdiri) dan pembangunan zona komersial.

Atalanta Buntu

Keinginan Atalanta BC menyambut tamu Liga Champions untuk sementara di San Siro menemui jalan buntu. Mereka memang sudah mengantongi restu dari Sala dan FC Internazionale, tapi tidak dengan I Rossoneri.

Scaroni berkilah, “Saya belum mendengar hal ini dari wali kota. Kami kira semua sudah selesai. Kami akan memikirkan para penggemar kami, yang mana ikut menderita lantaran kami tidak maju ke Liga Europa. Stadion ini bukan hanya dimiliki oleh klub, tapi juga tifosi.”* Dari berbagai sumber

X
Penulis
Xaveria Yunita
news