LIGA SPANYOL
Mengenal Lima Metode Dupont untuk Los Blancos
12 July 2019 13:58 WIB
MADRID – Gregory Dupont berhasil memeras keringat pasukan Real Madrid dalam sesi latihan pertamanya di Montreal, Kanada, Rabu (10/7). Pelatih fisik baru Los Blancos itu memerintahkan Sergio Ramos dan kawan-kawannnya mengitari trek sambil berlari. Setelahnya masih sesi strectching dan rangkaian sit-up dan push-up.

Dupont sosok pengganti dari Antonio Pintus yang hengkang ke FC Internazionale Milano. Pria 47 tahun tersebut sebelumnya menjabat pelatih kebugaran tim nasional Prancis bersama Didier Deschamps, dan membantu Les Bleus juara Piala Dunia 2018. Dupont juga pernah bekerja bersama Eden Hazard ketika dirinya masih berada di Losc Lille (2009 – 2017).  Dengan keberadaan Dupont Los Blancos berharap bisa mengatasi masalah cedera musim lalu. Dia dikenal memiliki beberapa metode yang sangat efektif. Berikut penjelasannya:


Baca Juga :
- Menunggu Gebrakan Trisula Baru Milik Madrid
- La Liga Kelebihan 32 Pemain




 

Penelitian Melalui Jadwal dan Cedera


Baca Juga :
- Saat Harga Pemain Ditimbang Portal Statistik
- Jadi Cadangan Zidane, Morata-James Bisa Jadi Kekuatan Baru Simeone


Dupont bekerja sama dengan UEFA untuk bisa mengurangi jumlah cedera pemain di industri sepak bola. Studinya menjelaskan bahwa risiko cedera akan bertambah enam kali lipat saat pemain bertanding dengan margin kurang dari 72 jam. Catatan ini yang nantinya akan ia terapkan di Madrid.

 

Mandi Air Dingin Ketimbang Cryotherapy

Tak semua orang percaya bahwa alat canggih merupakan yang terbaik, dan Dupont adalah salah satunya. Dia percaya bila mandi dengan air dingin akan lebih ampuh dalam proses pemulihan ketimbang berendam di alat cryotherapy (terapi es batu). Bisa jadi ini merupakan kunci mengapa pemain timnas Prancis selalu terlihat bugar.

Penjelasan Lengkap kepada Pemain

Dupont ingin agar metodenya bisa dipahami dengan baik oleh semua pemain. Maka dari itu, ia berkomunikasi dan menjelaskan secara langsung terapi yang ia terapkan ke para pilar. Instruksi semacam ini jelas diperlukan mengingat Madrid akan menjalani jadwal pramusim padat dengan cuaca yang cukup panas.

Nutrisi

Hal yang tak jauh berbeda juga diterapkan oleh Dupont dalam  hal asupan nutrisi. Klub memiliki aturan ketat tentang makanan, dan para pemain diharapakn dapat menjaga pola makan ketika berada di luar fasilitas klub. Metode yang diterapkan oleh Dupont berbasis pada studi yang diprakarsai Jonas Bergstrom (Swedia) pada 1967. Metode ini diterapkan tergantung pada latihan sehari-hari, lalu akan dilihat apa asupan jenis makanan yang dibutuhkan oleh pemain.

Analisis Saat Pertandingan

Semua aspek pekerjaan di lapangan selama pertandingan dikirim ke bench agar pelatih mendapatkan informasi secara rinci. Nantinya akan dianalisis melalui perangkat teknologi agar bisa mengetahui keadaan pemain. Dengan begitu Dupont dan staf lainnya bisa mengetahui apa yang harus dibenahi. *CR5

D
Penulis
Dini Wulandari
news