LIGA SPANYOL
Barca Belum Menemukan Pelapis Alba, Suarez, dan Pique
12 July 2019 13:20 WIB
berita
Bek kiri Barcelona, Jordi Alba membutuhkan pelapis agar bisa mendapatkan istirahat cukup.-Topskor/Ist
BARCELONA – Rumitnya operasi transfer Antoine Griezmann dan juga rumor kembalinya Neymar Junior telah membuat konsentrasi FC Barcelona terfokus di masalah tersebut. Akibatnya mereka seperti melupakan bahwa agenda di bursa pemain musim panas ini tidak hanya sektor serangan. Masih ada lini yang membutuhkan pelapis agar bisa lebih kuat musim ini.

Ya, Los Azulgranas (julukan Barca) membutuhkan kedalaman skuat yang memadai agar bisa bersaing memenangkan trofi-trofi bergengsi di 2019/20. Dalam hal ini Ernesto Valverde selaku pelatih Barcelona telah meminta para petinggi untuk menguatkan skuatnya dengan membeli pemain lapis kedua berkualitas. Sang juru taktik sadar bila para pemain yang diplot sebagai back-up musim lalu tak bisa tampil sebagai mana mestinya.




Baca Juga :
- Messi Terima Sepatu Emas Keenam
- Rakitic Siap Angkat Koper




Setidaknya ada tiga posisi yang saat ini menjadi fokus Barcelona: bek tengah, bek kiri, dan penyerang tengah. Mereka butuh pemain segar karena Gerard Pique, Jordi Alba, dan Luis Suarez sudah berusia 30 ke atas. Barcelona menginginkan pemain yang lebih muda dan memiliki kualitas.

Di antara ketiga lini tersebut, kasus yang paling menjadi fokus adalah bek kiri. Alba (30 tahun) adalah satu-satunya spesialis pada sisi tersebut. Tidak adanya pelapis memaksa Valverde menempatkan Nelson Semedo di posisi tersebut ketika Alba absen atau diistirahatkan selama menjalani musim lalu.


Baca Juga :
- Zidane Pusing Dipusingkan Virus FIFA
- Fabian Krusial di Spanyol


Posisi bek tengah berbeda. Pique sudah berusia 32 tahun dan Barcelona harus memikirkan penggantinya. Awalnya La Blaugrana mengincar Matthijs De Ligt dari AFC Ajax, namun usaha yang dilakukan klub untuk mendatangkannya gagal setelah sang pemain sepakat bergabung dengan Juventus FC. Di skuat Barca saat ini, selain Clement Lenglet, Samuel Untiti, dan Jean-Clair Todibo. Namun penampilan keduanya dirasa tak sesuai harapan.

Umtiti yang sebelumnya pernah menjadi andalan performanya turun akibat cedera lutut parah yang dideritanya pada akhir tahun lalu. Setelah kejadian itu, Barcelona mulai ragu kepadanya dan bahkan telah memasukan namanya dalam daftar jual. Sementara Todibo dirasa belum bisa mencapai level dari Barca.

Lalu di posisi penyerang tengah saat ini masih diisi oleh Suarez, sebagai yang utama. Striker asal Uruguay ini telah berusia 32 tahun dan karena demikian ia tak bisa diplot untuk jangka panjang. Musim lalu, Kevin-Prince Boateng yang diharapkan sebagai pelapisnya sebagai penyerang tengah, tetapi gelandang serang asal Ghana tersebut tak cocok ditempatkan di sana. Selain itu performa Suarez juga dianggap sudah menurun setelah pada awal musim lalu lutunya sempat bermasalah.

Dengan demikian, Barcelona benar-benar perlu memfokuskan masalah ini. Memang betul bahwa mereka butuh dana besar untuk memboyong Griezmann dan Neymar. Tetapi di satu sisi mereka juga perlu mengalokasikan bujet lebih untuk membeli pelapis kedua.*CR5

 

 

 

 

                                                               

D
Penulis
Dini Wulandari