news
LIGA INGGRIS
Jadi Direktur Teknik Arsenal, Edu Bertekad Bikin Perbedaan
11 July 2019 14:04 WIB
berita
Mantan gelandang Arsenal Edu Gaspar resmi memulai tugas barunya di Emirates sebagai Direktur Teknik./Istimewa
LONDON – Mantan gelandang Arsenal FC Edu Gaspar telah kembali ke Emirates untuk menduduki jabatan sebagai direktur teknik baru klub. Pria 41 tahun ini telah menjabat sebagai koordinator umum timnas Brasil sejak 2016. Ia meninggalkan posisinya itu setelah Dani Alves dan kawan-kawan memenangi Piala Amerika untuk pertama kalinya dalam 12 tahun, pada Minggu (7/7) lalu.

Dengan pengalamannya di Brasil, Edu diharapkan mampu membantu pembangunan skuat Arsenal dalam jangka panjang. Khususnya dengan keterbatasan anggaran dalam tiga musim terakhir akibat gagal finis empat besar di Liga Primer. Ke depannya dia akan menjalin kerja sama penuh dengan pelatih Unai Emery, dan berbagai elemen dari tim akademi The Gunners.




Baca Juga :
- Tertinggal Dulu, Arsenal Bangkit Kalahkan West Ham United dalam 9 Menit
- Opsi Pelatih Baru Arsenal Mulai Mengerucut




“Kami sangat gembira Edu bergabung dengan tim. Dia memiliki pengalaman hebat dan pengetahuan sepak bola teknis dan yang paling penting dia merupakan pria Arsenal yang sejati. Dia sangat memahami klub dan apa yang kami perjuangkan bagi jutaan penggemar kami di seluruh dunia,” ujar Direktur Sepak Bola Arsenal Raul Sanllehi.

Intinya, Edu akan memastikan seluruh elemen klub Arsenal memiliki - dan mengikuti - filosofi yang kuat melalui semua kegiatan sepak bola mereka. Anggota dari “The Invincibles” yang melegenda, Edu akan memulai peran barunya itu dengan mengikuti rombongan tur pramusim Amerika Serikat (AS) yang akan berlangsung pada Kamis (11/7) ini.


Baca Juga :
- Kolaborasi Pemain Muda dengan Senior
- Lagi, Kasus Rasial Terjadi di Sepak Bola


Kepada situs resmi klub, Edu menyatakan: "Arsenal selalu memiliki tempat khusus di hati saya dan saya senang bisa kembali ke klub hebat ini dengan peran baru. Kami memiliki skuat hebat, banyak pemain muda yang sangat berbakat ddan fantastis di setiap level. Saya berharap bisa membantu membuat perbedaan."

Edu meninggalkan peran sebagai koordinator umum timnas Brasil setelah skuat pelatih Tite dinobatkan sebagai juara Piala Amerika 2019. Mantan pemain bernama lengkap Eduardo Cesar Daude Gaspar itu dianggap kandidat tepat sebagai direktur teknis The Gunners yang baru menyusul kepergian dua pendahulunya, Sven Mislintat dan Monchi.

Semasa berseragam Arsenal, Edu membuat 127 penampilan selama lima musim antara tahun 2000 dan 2005. Termasuk 30 penampilan di musim tak terkalahkan 2003/04. Sosok gelandang yang sangat berbakat dan favorit penggemar, Edu mewakili Brasil 22 kali dan sempat bermain untuk Corinthians, dan Valencia di era kepelatihan Emery.

Setelah mengakhiri karier bermainnya di tahun 2010, dia menjadi direktur sepak bola Corinthians sebelum bertugas untuk timnas Brasil pada 2016. Nantinya peran yang serupa akan dijalaninya untuk Arsenal. Sebagai ganti Edu, Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) kabarnya telah resmi menunjuk Juninho Paulista Pernambucano.

Sportsmail memahami CBF setuju melepas Edu dengan biaya kompensasi sebesar 6 juta paun, yang jadi hambatan yang signifikan mengingat kondisi keuangan Arsenal yang ketat musim panas ini. Artinya Edu diharapkan bekerja dalam anggaran terbatas untuk merekrut pemain setelah tiga musim berturut-turut tanpa sepak bola Liga Champions.

Ada lubang setelah kepergian Petr Cech, Aaron Ramsey, dan Danny Welbeck. Tim juga butuh kualitas lebih banyak di bek tengah, yang bisa bermain melebar. Klub dapat bersandar pada sistem pemain muda untuk menutup beberapa celah itu, dan Edu dapat berkonsultasi dengan rekan lamanya Freddie Ljungberg untuk mengetahui siapanya.***NURUL IKA HIDAYATI

Rekam Jejak Edu Gaspar Setelah Gantung Sepatu
Periode         Tim                 Jabatan
2019-...          Arsenal           Direktur Teknik
2016-2019     Brasil              Koordinator Tim
2011-2016     Corinthians     Manajer Tim

Karier Edu Gaspar sebagai Pemain
Periode         Klub              Total laga      Trofi
2009-2010     Corinthians    16                  0
2005-2009     Valencia         72                  1
2001-2005     Arsenal          127                5
1998-2001     Corinthians    23                  3

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news