LIGA INGGRIS
Klopp Inginkan Asensio untuk Menantang Salah
11 July 2019 13:18 WIB
berita
Bintang muda Real Madrid Marco Asensio dikabarkan menjadi bidikan Liverpool untuk memperkuat tim musim depan./AFP
LIVERPOOL – Liverpool FC tidak buru-buru di bursa transfer musim panas ini. The Reds baru merekrut bek muda Sepp Van Den Berg dari PEC Zwolle, 27 Juni lalu. Klub Merseyside itu lebih tenang dibandingkan para rival seperti Manchester City FC, Manchester United FC (MU), atau Tottenham Hotspur FC yang telah memecahkan rekor pembelian pemain mereka masing-masing.

The Reds belum memperlihatkan sinyal bakal kembali menghabiskan dana besar setelah merekrut bek Virgil Van Dijk (75 juta paun) dan kiper Alisson Becker (69 juta paun) pada 2018. Namun kabar teranyar menyebutkan Liverpool mempertimbangkan untuk mendatangkan bintang muda Real Madrid CF Marco Asensio ke Anfield. Klub siap mengajukan proposal senilai 67 juta paun kepada Los Blancos.


Baca Juga :
- Klopp Masih Berburu Bek
- Gigitan Hewan Bikin Robertson Terkapar




Liverpool dianggap telah memiliki skuat sempurna menyusul kesuksesan menjuarai Liga Champions 2018/19. Namun pelatih Juergen Klopp merasa skuatya belum lengkap, terutama untuk dapat menghentikan dominasi Man. City di liga domestik. Ia pun meyakini The Reds butuh amunisi tambahan dalam upaya mempertahankan gelar Liga Champions pada 2019/20 nanti. 

Selain itu, suporter pun telah mendesak klub merekrut pemain anyar, khususnya di lini depan. Pasalnya, Liverpool berpotensi menghadapi kriris penyerang pada awal musim. Trio andalan; Mohamed Salah, Roberto Firmino, maupun Sadio Mane kemungkinan telat bergabung usai tampil di Piala Afrika dan Piala Amerika. Sementara Xherdan Shaqiri cedera dan Danny Ings serta Daniel Sturridge telah hengkang.


Baca Juga :
- Grujic Terpaksa Tunda Kembali ke Liverpool
- Ruang Gerak Rasisme di Sepak Bola Kian Dipersempit


Kini hanya tersisa dua penyerang yang fit dalam skuat The Reds, Divock Origi dan pemain muda Rhian Brewster. Klopp sendiri berharap bisa mendatangkan penyerang tambahan untuk menghadirkan persaingan di lini serangan. Itu yang menjadi alasannya ingin merekrut Asensio. Sang pelatih juga melihat bahwa pemain 23 tahun tersebut bisa menjadi pengganti ideal bagi Salah jika mengalami cedera saat kompetisi bergulir.

“Liverpool adalah klub ambisius dan jika kami tidak mengeluarkan banyak uang untuk merekrut pemain demi memperkuat tim, maka akan sulit untuk bisa bersaing. Semua klub melakukan itu, jadi kami pun harus melakukannya,” ujar Klopp terkait transfer.

Hanya saja, menurut laporan media Spanyol El Desmarque, pihak Madrid ingin menjadikan ketertarikan Klopp terhadap Asensio sebagai jalan untuk mendatangkan Mane ke Santiago Bernabeu. Ya, pelatih Los Blancos Zinedine Zidane diketahui sangat berharap penyerang asal Senegal itu bergabung dengan timnya. Tentu ini pilihan yang sulit bagi Liverpool mengingat krusialnya peran Mane.

Pertanyaannya, apakah The Reds layak mengorbankan salah satu penyerang andalannya itu untuk Asensio? Jelas banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Mungkin pertukaran tersebut bakal menjadi perjudian besar bagi Klopp. Tetapi Asensio adalah salah satu pemain muda dengan potensi luar biasa. Ini telah diperlihatkannya bersama Madrid. Ia menyumbang enam gol dan tujuh assist dalam 44 laga musim lalu.

Jumlah itu memang jauh jika dibandingkan catatan trio penyerang Liverpool, termasuk Mane. Namun yang perlu diingat, hanya separuh dari total penampilannya tersebut Asensio turun sebagai starter. Bisa dibayangkan jika ia mendapatkan waktu bermain lebih banyak. Selain itu, filosofi dan gaya bermain The Reds bakal sangat ideal untuknya. Asensio memiliki kecepatan dan fleksibel.

Selain sebagai penyerang, ia juga bisa diplot sebagai gelandang. Kehadirannya akan memungkinkan Klopp memiliki variasi taktik. Jika Liverpool bisa mempertahankan Mane, tentu akan jauh lebih baik. Pelatih asal Jerman ini bisa mencoba skema 4-2-3-1 dengan mendorong Salah sebagai sentral serangan dan Firmino mengisi peran di belakangnya. Mane di sisi kiri dan Asensio di kanan.***           

I
Penulis
I Gede Ardy E
news