news
LIGA 1
The Jakmania Lewati Rekor Bonekmania pada Liga 1 2019, Luciano Ikut Terkesan
11 July 2019 12:18 WIB
berita
Luciano Leandro di tengah kerumunan The Jakmania di SUGBK, Rabu (10/7)/ Foto: Ady Sesotya:
JAKARTA – Tidak salah rasanya Persija Jakarta menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai kandang saat menjamu Persib Bandung, Rabu (10/7). Betapa tidak, tercatat total 70.136 The Jakmania, suporter fanatik  Persija, memadati stadion termegah se-Indonesia itu.

Artinya The Jakmania memecahkan rekor penonton terbanyak pada Liga 1 2019. Melewati rekor sebelumnya yang dipegang Bonekmania (pendukung Persebaya Surabaya) saat mendukung Persebaya menjamu tim yang sama, Persib, Jumat (5/7) lalu di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Saat itu total 50 ribu Bonekmania memadati stadion tersebut.




Baca Juga :
- Laga Indonesia versus Malaysia Bukan Sekadar Menang-Kalah
- Milomir Seslija Semringah Skuatnya Kian Lengkap Sebelum Jumpa Persija




SUGBK yang berkapasitas 80 ribu penonton tentu mampu menampung suporter sebanyak itu. Sekretaris Umum The Jakmania, Dicky Soemarno, bersyukur laga El Clasico Indonesia itu dimainkan di SUGBK. Selain Ismed Sofyan dan kawan-kawan dapat dukungan penuh, panitia pelaksana pertandingan Persija tentu juga mengeruk keuntungan besar.

“Kami beruntung sekali main kandang di stadion dengan kapasitas besar. Ketika ada satu pertandingan super big match seperti laga Persija lawan Persib ini, sudah pasti semua penggemar sepak bola di Jakarta ingin menonton langsung di stadion,” Dicky mengungkapkan, kemarin.


Baca Juga :
- Kontestan Semifinalis Liga 1 Putri 2019 Terkuak
- Menjamu Barito, Lagi-lagi Persib Tanpa Ezechiel N'Douassel


“Jadi, alhamdulillah Persija beruntung. Sebab selain bermain di SUGBK, satu lagi alhamdulillah situasi pertandingan kondusif banget,” kata Dicky. Meski demikian, belum tentu SUGBK akan kembali digunakan Persija dalam laga kandang berikutnya saat menjamu Semen Padang, 20 Juli. Semua tergantung situasi yang ada.

Di sisi lain, laga klasik Macan Kemayoran kontra Maung Bandung yang tersaji dalam pekan ke-8 Liga 1 2019 itu bukan hanya menyita perhatian The Jakmania. Melainkan juga seorang legenda Persija.

Ketika waktu baru berjalan lima menit, seorang lelaki asing berusia sekitar 50-an berusaha masuk dari desakan The Jakmania menuju tribune khusus awak media. Ia memakai busana serbahitam, mulai topi, kaca mata, hingga kaus yang dipakai.

Awalnya tidak seorang pun mengetahui sosoknya. Tapi TopSkor tahu lelaki itu adalah Luciano Leandro, pemain sekaligus legenda yang pernah membawa Persija berjaya pada Liga Indonesia 2001. Memang saat ini Luciano sedang menganggur dari dunia sepak bola setelah mundur menangani Persipura Jayapura.

"Saya datang atas undangan teman saya Andrio dan Farhan. Kami sering komunikasi. Saya sudah sembunyi pakai kaca mata dan topi, tapi masih ada saja yang mengetahui. Saya memang ingin melihat suasana Jakarta. Saya cukup bahagia di sini," kata Luciano.

Lelaki asal Brasil itu mengaku rindu atmosfer pertandingan kala melawan Persib. Tidak lain dukungan The Jakmania membuat pertandingan berjalan hangat. "Saya lihat sekarang dukungan penonton semakin besar, tapi lebih normal waktu saya main di Persija. Sekarang terlalu banyak. Tapi itu biasa, apalagi tim Ibu Kota ini sudah jadi juara. Ada prestasi di sepak bola Indonesia," ujar Luciano.*

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news