OTO SPORT
Rea Ambil Alih Klasemen
08 July 2019 07:53 WIB
berita
Juara dunia Superbike dari Tim Kawasaki Racing Jonathan Rea memanfaatkan pengalamannya untuk menaklukkan lintasan basah Sirkuit Donington Park, Inggris.
LEICESTERSHIRE - Pembalap Kawasaki Racing Jonathan Rea berhasil meraih seluruh kemenangan pada putaran kedelapan Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) di Sirkuit Donington Park, Inggris, Sabtu dan Minggu (6-7/7). Hasil itu juga berhasil membuat Rea mengambil alih posisi pertama dari rival terkuatnya Alvaro Bautista.

Bautista yang sudah memimpin klasemen selama tujuh putaran awal, saat ini tertinggal 24 angka dari Rea yang memimpin dengan 376 poin. Karakter trek yang tidak cocok dengan motornya, Ducati Panigale V4R, membuat Bautista kesulitan meraih hasil terbaik di Sirkuit Donington Park.


Baca Juga :
- Ducati Berpacu dengan Waktu untuk Sempurnakan GP19
- MotoGP Gelar Uji Coba di Sirkuit KymiRing, Sirkuit MotoGP Finlandia 2020




“Sungguh menyenangkan bisa kembali memimpin klasemen setelah awal musim yang sulit. Saya berterima kasih kepada tim karena membuat motor bekerja dengan baik di sini. Ini juga menjadi hasil yang penting bagi kami untuk melanjutkan sisa perlombaan. Karena Alvaro juga akan terus memberikan tekanan,” kata Rea.

Pada race pertama, Sabtu, Bautista gagal menyelesaikan lomba karena terjatuh. Kondisi trek yang basah juga membuat pria asal Spanyol itu benar-benar kesulitan di perlombaan. Hal itu sempat membuat Rea terkejut, tapi ia juga senang karena ia tidak perlu berjuang untuk menghindari lawan terkuatnya.


Baca Juga :
- Update Klasemen Rider MotoGP 2019: Marquez Tetap Tak Terkejar
- Hasil Lengkap MotoGP Ceko: Marquez Dominan, Miller Podium


“Saya memang menyadari ada pembalap Ducati yang terjatuh, tapi tidak mengetahui siapa. Tim saya memberikan informasi soal itu, kemudian kecepatan mulai turun karena sempat terkejut. Untungnya saya bisa mengembalikan kecepatan. Bagaimanapun Anda harus menerima bahwa Alvaro tidak bisa tampil kuat di trek basah,” ujar Rea.

Memasuki paruh kedua musim ini di WSBK, Bautista tidak tampil sekuat seperti di awal musim. Di mana ia berhasil mendominasi dengan memenangkan 11 lomba dalam empat putaran awal secara beruntun. Tetapi pada empat putaran terakhir kinerjanya mulai tak konsisten dan itu berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Rea.

“Setelah putaran keenam di Sirkuit Jerez, Spanyol, saya tertinggal 61 poin dari Alvaro. Tapi sekarang saya berhasil memimpin klasemen. Motor saya, Kawasaki ZX-10RR, sangat mudah dikendarai dan stabil saat pengereman. Saat ini saya yang unggul. Jujur, lebih mudah bagi saya berlomba tanpa mengambil banyak risiko,” ujar Rea.

Bautista tetap merasa senang dengan hasil lomba di Sirkuit Donington Park, karena Panigale V4R dapat melaju cepat di trek yang biasanya memberikan kesulitan. Ia juga menyadari bakal sulit mengalahkan Rea di kondisi apa pun di sana. Mengingat trek memiliki karakter dengan perubahan arah yang cepat.

“Saya senang dengan kecepatan kami. Memang sedih tidak dapat meraih kemenangan, tapi saya bangga dengan kinerja tim. Mereka telah memberikan saya motor terbaik, hanya saja Kawasaki tampil lebih baik di sini. Saya telah berusaha semaksimal mungkin dan berusaha untuk tetap bersama barisan terdepan. Tapi itu benar-benar sulit,” kata Bautista.

Pria 31 tahun itu memang belum pernah menjajal Sirkuit Donington Park dengan motor MotoGP. Namun, ia pernah berlomba di sana saat masih di kelas 250cc/Moto2, dan ia mengatakan bahwa trek lebih cocok dengan tenaga motor yang lebih kecil. Meski begitu, ia senang karena motornya telah mengalami peningkatan besar.

“Trek lebih cocok dikendarai dengan motor 250cc. Saya benar-benar fokus pada trek dan mengingat dengan baik posisi pengereman yang ideal. Seiring berjalannya waktu kami berhasil menemukan setelan yang tepat. Saya cukup terkejut karena kami terus berkembang. Saya senang dengan pekerjaan yang kami lakukan,” ujar Bautista.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

Lima Besar Klasemen WSBK 2019
Pembalap                            
Jonathan Rea (Kawasaki) 376 Poin
Alvaro Bautista (Ducati) 352
Michael Van Der Mark (Yamaha) 206
Alex Lowes (Yamaha) 192
Leon Haslam (Kawasaki) 187

Konstruktor            
Ducati 382 Poin
Kawasaki 378
Yamaha 280
BMW 156
Honda 52

 

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news