BASKET
IBL 3x3 Bisa Tentukan Timnas SEA Games
05 July 2019 10:30 WIB
berita
Konferensi pers IBL Gojek 3x3, kemarin. (Dokumentasi IBL)
JAKARTA – Indonesian Basketball League (IBL) kembali menggelar IBL Gojek 3x3 2019. Event yang diselenggarakan untuk kali kedua ini bakal mentas di Cirebon (6-7 Juli), Yogyakarta (20-21 Juli), Bandung (27-28 Juli), dan Jakarta (3-4 Agustus) untuk final. Untuk tahun ini, sekaligus jadi seleksi utama tim nasional (timnas) 3 x 3 SEA Games XXX/2019 Filipina, 30 November-10 Desember mendatang.

Ketua Subidang (Kasubid) 3x3 Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), Anthony Gunawan mengatakan, pemain-pemain terbaik dalam ajang ini akan diprioritaskan masuk timnas. “Dengan adanya IBL 3 x 3, kami bisa seleksi pemain dari sini. Tahun lalu, kejuaraan ini juga terbukti kompetitif. Jadi bisa mengasah kemampuan pemain,” katanya.




Baca Juga :
- Preview Cina U-23 vs Indonesia U-23, Uji Kekuatan Timnas SEA Games
- Soal Dana Swadaya, CdM SEA Games Minta Cabor Tenang




Sekadar informasi, klub yang keluar sebagai juara IBL 3x3 akan membawa nama Indonesia dalam FIBA 3x3 Tour Masters di Jeddah, Arab Saudi, 18-19 Oktober mendatang. Jika melaju ke dua besar, tim tersebut berhak tampil dalam Grand Final FIBA 3x3 2019 di Utsunomiya, Jepang, 2-3 November. Sistem ini disebut Anthony menguntungkan.

Dengan hanya menyertakan satu tim ke ajang dunia, para pemain praktis selalu bersama-sama hingga tak perlu lagi mengasah kekompakan. “Tim juara IBL 3x3 nanti pastinya sudah sering bersama. Berlatih bareng, tidur juga bareng-bareng di mes. Secara chemistry, lebih terjamin ketimbang mengambil pemain dari banyak klub,” Anthony menuturkan.


Baca Juga :
- Dokter Royal Sports Medicine Centre Sebut VO2 Max Rookie IBL 2019 Memuaskan
- Harapan Erick Thohir untuk Raja Sapta Oktohari dan Regenerasi KOI


Bila jumlah kota penyelenggara mengalami penambahan, tidak demikian dengan peserta IBL 3x3 yang berkurang dibanding musim lalu. Bogor Siliwangi tak mengirim wakil, menyusul status sebagai peserta liga yang tengah dibekukan akibat masalah keuangan. Kemudian, Bank BPD Bima Perkasa Jogja dan Prawira Bandung, tahun ini hanya menurunkan satu tim.

Di sisi lain, Satya Wacana Salatiga akan menyertakan dua tim. Jadi, IBL 3x3 2019 bakal diramaikan oleh 10 tim atau berkurang dua. “Adanya pemusatan latihan nasional (pelatnas) timnas SEA Games 2019 juga turut mengurangi jumlah peserta. Tapi, dari sisi kemeriahan justru akan bertambah,” ucap Direktur IBL Hasan Gozali.*KRISNA C. DHANESWARA

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati