KICK OFF
La Chilena dan La Chalaca
03 July 2019 04:01 WIB
berita
CILE kini selangkah lagi untuk ke final Piala Amerika. Untuk menuju laga puncak, mereka harus menyingkirkan Peru dalam laga yang juga bertajuk Derby Pasific. Jika berhasil, Alexis Sanchez dan kawan-kawan akan menjadi tim ketiga yang ke final tiga kali beruntun sepanjang sejarah Piala Amerika. Sejak kompetisi ini dinamai Copa America pada 1975, hanya ada dua yang mampu tiga kali beruntun melangkah ke babak final (Uruguay 1983-1989 dan Brasil (1995-1999).

Tentu saja, ini akan menjadi momen bersejarah bagi sepak bola Cile. Apalagi, pencapaian mereka hingga ke semifinal sendiri merupakan kejutan karena dalam ajang besar sebelumnya, tepatnya pada Piala Dunia 2018, mereka tidak mampu tampil dalam putaran final (tidak lolos). Apalagi, jelang ke Brasil untuk tampil dalam ajang Piala Amerika 2019 ini, Cile di bawah asuhan Reinaldo Rueda datang membawa rapor yang tidak mengesankan. 




Baca Juga :
- Jalan Terjal Liverpool
- Kekuatan Barca Bakal Lebih Dahsyat




Cile hanya meraih enam kemenangan dari 16 laga di bawah asuhan Rueda. Intinya, seperti tidak ada satu pun yang mempercayai bahwa Cile bisa berbuat banyak dalam ajang Piala Amerika kali ini. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Mereka mampu memperlihatkan sebagai tim juara. Terakhir, Cile membuat Kolombia frustrasi. Memaksa lawan mereka tersingkir lewat adu penalti. Cile lolos ke fase knockout dengan status runner-up Grup C di bawah Uruguay.

Cile dan Peru selalu memunculkan bintang-bintang berkelas. Keduanya bertemu dalam laga semifinal ini dengan perseteruan abadi Derby Pacific. Persaingan yang terjadi dengan latar belakang kedua negara ini yang pernah berkonflik terkait teritorial kedua negara ini. Bahkan, “perseteruan” keduanya pun sampai kepada istilah La Chilena. Publik Cile yakin bahwa tendangan salto tersebut merupakan produk mereka dalam sebuah pertandingan pada 1914. Namun, orang Peru yakin bahwa mereka memiliki La Chalaca yang terjadi pada abad ke-19.


Baca Juga :
- Conte Mampu Membuat Pemain Bangkit
- Kini Banyak yang Meragukan Solskjaer


La Chilena bagi Cile tapi La Chalaca bagi Peru. Dalam literature sepak bola dunia, memang disebutkan bahwa tendangan salto menjadi sebuah atraksi yang mengesankan dalam sebuah pertandingan sepak bola. Ketika olahraga ini mengawali kemunculannya di dunia, tendangan salto menjadi bagian yang istimewa. Karena itulah, kisahnya direkam dalam sebuah tulisan yaitu tentang pekerja dari Pacific, tepatnya dari Cile dan Peru, memperlihatkan permainan mengesankan dengan tendangan salto.

Jadi, Cile dan Peru memang memiliki sejarah kental tentang sepak bola. Bukan hanya Brasil maupun Argentina. Ini pula yang membuat duel Peru dan Cile pada semifinal Piala Amerika 2019 ini menjadi spesial. Apakah akan ada tendangan salto yang dalam pertandingan nanti? Bagi masing-masing tim, meraih kemenangan dalam upaya menuju ke final tentu menjadi yang paling penting.*Irfan Sudrajat

n
Penulis
nana sumarna