news
LIGA SPANYOL
La Quinta, Angin Segar Spanyol
02 July 2019 12:30 WIB
berita
Tim nasional Spanyol U-21 memiliki masa depan yang cerah setelah berhasil menjuarai Kejuaraan Eropa 2019 dengan menekuk tim kuat Jerman di final, Minggu (30/6).-Topskor/Ist
UDINE – Perjalanan tim nasional Spanyol U21 di Italia pada Piala Eropa U21 akhirnya mencapai klimaksnya. Tim yang berjuluk La Rojita ini berhasil keluar sebagai jawara, dan meraih La Quinta atau trofi kelimanya di ajang tersebut. Kesuksesan itu mereka raih usai menang 2-1 atas Jerman U21 pada partai final, Minggu (30/6) atau Senin dini hari WIB.

Di awal turnamen, La Rojita sempat tampil meragukan dengan keok 1-3 dari tim muda milik tuan rumah. Kekalahan dari Italia U21 itu menjadi lecutan sebab setelahnya selalu menang hingga di laga pamungkas. Dengan La Quinta, mereka jadi tim dengan trofi terbanyak, seraya Italia U21. Kemenangan ini pun kian berharga sebab juga berarti balas dendam.




Baca Juga :
- Skuat Napoli Akhirnya Setuju Melakukan Pemusatan Latihan
- Zidane Siap Menukar 2 Pemain Bintang Madrid dengan Superstar Seri A Ini




Di Dacia Arena, Spanyol U21 bisa unggul cepat melalui Fabian Ruiz. Pemain yang dianugerahi pemain terbaik turnamen ini melepaskan tembakan dari luar kotak penalti pada skema serangan balik yang tak terbendung. Di babak kedua Daniel Olmo mencetak gol kedua setelah memanfaatkan bola muntah, dan gol balasan dicetak Nadiem Amiri di akhir laga.

Dengan itu, tim yang kini dilatih Luis de la Fuente ini sukses revans atas Jerman U21 pada Piala Eropa U21 edisi sebelumnya. Di Polandia 2017 lalu, La Rojita bisa melaju kencang sebab terus meraih kemenangan sejak awal turnamen. Namun ketika final, tim yang kala itu masih diasuh Albert Celades itu harus merasakan kekalahan pahit 0-1 dari Jerman U21.


Baca Juga :
- Lionel Messi Minta Presiden Barcelona Kejar Pemain Bintang Real Madrid
- Banyak Pemain Muda Los Blancos Dipanggil Timnas


“Saya merasakan betapa hebatnya menjadi juara. Dan kami meraih kebahagiaan yang lebih luar biasa sebab mengalahkan kekuatan seraya Jerman yang sulit dikalahkan. Para pemain ini bisa, sebab diberikan kepercayaan di timnas, dan sekarang giliran klub. Mereka adalah generasi yang tidak dapat diulang dan pantas mendapatkan pengakuan,” kata Fuente.

Keberhasilan para pemuda ini keluar sebagai juara di Italia memberi angin segar tersendiri bagi sepak bola Spanyol. Pasalnya tepat setahun yang lalu, kekhawatiran lahir pasca La Roja –julukan timnas senior Spanyol– tersingkir di 16 besar Piala Dunia 2018. Permainan penguasaan bola nan agresif yang sudah menjadi citra tim dianggap sudah tak bertaji.

Banyaknya operan dengan tingginya persentase akurasi umpan dan kepemilikan yang dicatat bukan jaminan untuk sukses. Luis Enrique yang sempat jadi harapan baru, pun harus mundur sebelum terbukti berprestasi. Sekarang keadaan kembali membaik, sebab La Rojita menjadi jawara dengan mempertahankan karakter sepak bola Spanyol.

Sepanjang turnamen, mereka jadi tim dengan penguasaan bola tertinggi yakni 59 persen (di belakangnya 53 persen Jerman U21). Soal akurasi umpan ada 89 persen yang hanya kalah dari Inggris U21 (90 persen). Tim yang dikapteni Jesus Vallejo ini juga jadi penembak terbanyak dengan 83 sepakan (25 tembakan lebih banyak dari Jerman U21 di posisi kedua).

Spanyol U21 juga memberi jaminan masa depan cerah untuk La Roja, sebab di tim saat ini disesaki pemain luar biasa. Beberapa dari mereka bahkan telah jadi andalan utama di klub. Satu yang menarik, La Rojita jadi juara dengan memberi formasi baru di sepak bola Spanyol yakni 4-2-3-1. Skema ini membuat keagresifan tim bisa diseimbangi pertahanan solid.

Untuk kuartet bek, polanya masih sama; sayap agresif dan bek tengah membantu lewat sundulan di bola mati. Tambahannya, Fuente memainkan dobel pivot yang juga agresif membantu serangan (Ruiz dan Marc Roca). Di depannya ada tiga pemain kreatif, yang bisa “menjelajah” untuk membuka ruang. Penyerangnya diisi false nine; Mikel Oyarzabal.*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

Trofi Spanyol U21 di Piala Eropa U21:
1986
1998
2011
2013
2019

 

Daftar Juara Piala Eropa U21 Terbanyak:
Spanyol          5 Kali
Italia                5
Uni Soviet       3
Jerman            2
Belanda          2
Inggris                        2

 

Daftar Pemain Spanyol U21 di Piala Eropa U21 2019:
Kiper

Antonio Sivera           22 Tahun       Deportivo Alaves
Unai Simon                 22 Tahun       Athletic Bilbao
Dani Martin                20 Tahun       Sporting Gijon
Belakang
Jesus Vallejo              22 Tahun       Real Madrid
Aaron Martin             22 Tahun       FSV Mainz
Jorge Mere                 22 Tahun       FC Koln
M. Aguirregabiria      23 Tahun       Deportivo Alaves
Pol Lirola                   21 Tahun       US Sassuolo
Junior Firpo               22 Tahun       Real Betis
Tengah
Fabian Ruiz                23 Tahun       SSC Napoli
Carlos Soler               22 Tahun       Valencia CF
Mikel Merino             23 Tahun       Real Sociedad
Dani Ceballos             22 Tahun       Real Madrid
Mikel Oyarzabal         22 Tahun       Real Sociedad
Manu Vallejo              22 Tahun       Cadiz CF
Igor Zubeldia             22 Tahun       Real Sociedad
Alfonso Pedraza        23 Tahun       Villarreal CF
Marc Roca                  22 Tahun       RCD Espanyol
Pablo Fornals                        23 Tahun       West Ham United
Depan
Borja Mayoral           22 Tahun       Real Madrid
Rafa Mir                     22 Tahun       Las Palmas
Dani Olmo                  21 Tahun       Dinamo Zagreb

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news