news
LIGA SPANYOL
Barca Segera Eksekusi Transfer Grizzi
02 July 2019 12:49 WIB
berita
Per 1 Juli kemarin, klausul pelepasan Antoine Griezmann di Atletico otomatis turun dari 200 menjadi 120 juta euro.-Topskor/Ist
BARCELONA – Juli telah tiba, dan itu artinya FC Barcelona harus segera bergerak untuk mengeksekusi operasi perekrutan Antoine Griezmann. Ini waktu yang ditunggu-tunggu sejak sang penyerang mengumumkan tak lagi membela Atletico Madrid mulai musim depan. Kini Barca siap untuknya, setelah ada penurunan nilai klausul per tanggal 1 Juli.

Setahun yang lalu, Grizzi –sapaan akrab Griezmann– boleh saja menolak tawaran yang datang usai diberi kenaikan gaji untuk tetap bertahan di Atletico. Tapi sekarang, tak hanya memberi keputusan akan pergi, ia bahkan bersedia memotong upahnya. Tim berjuluk Los Azulgrana hanya perlu menebusnya 120 juta euro (sekitar Rp1,9 triliun).




Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen La Liga Spanyol, Senin Dini Hari WIB
- Raksasa La Liga Sedang Bermasalah




Angka itu adalah hasil pengurangan hampir setengahnya dari klausul pelepasan sebelumnya: 200 juta euro. Sementara gaji, penyerang tim nasional Prancis itu punya bayaran 17 juta euro per musim, yang kemungkinan akan dipangkas jadi 15 juta euro. Tak hanya dari sisi dirinya, kesiapan untuk menebusnya pun ada dari sisi Barca sendiri.

Secara internal, klub yang dipresideni oleh Josep Maria Bartomeu ini juga tidak punya masalah untuk bisa mendatangkan Grizzi secepatnya. Neraca keuangan mereka positif, sehingga aman dari masalah sanksi Finansial Fair Play (FFP) meski melakukan belanja besar.


Baca Juga :
- Malapetaka 7 Menit di Ciutat de Valencia, Tandang Momok Barca
- Duel Monumental Simeone


Setahap demi setahap, Barcelona berhasil mengumpulkan 70 juta euro yang dibutuhkan untuk menutup buku keuangan 2019 yang  berakhir 30 Juni kemarin. Mereka tidak mengalami defisit karena berhasil mengantongi hampir 100 juta euro dari penjualan pemain.

Pemasukan pertama didapat dari kesepakatan pelepasan Paco Alcacer (23 juta euro ke Borussia Dortmud) dan Andre Gomes (25 ke Everton FC). Kemudian ada Jasper Cillessen (35 ke Valencia CF), Denis Suarez (12,9 ke Celta Vigo), Marc Cardona (2,5 ke CA Osasuna), dan Marc Cucurella (2 ke SD Eibar).

Selain itu ada pula pelepasan para pinjaman Jeison Murillo dan Kevin-Prince Boateng sehingga mengurangi beban gaji. Los Azulgrana juga belum berhenti menjual para pemainnya, seraya Rafinha Alcantara yang sudah di pintu keluar. Untuk belanja pemain, ada Frenkie de Jong (75 juta), Norberto Neto (26), dan Emerson De Souza (12).

 

Terkait Neymar

Mendatangkan Griezmann bukan berarti melupakan perekrutan lainnya bagi Barca. Selain ada Matthijs de Ligt yang sebelumnya terus diperjuangkan, tentu klub tak lupa terkait operasi memulangkan Neymar Junior dari Paris Saint Germain (PSG). Saga transfer ini masih bisa terjadi, dengan mengorbankan pemain demi kestabilan finansial.

Terkait angka kepindahannya memang belum ada kepastian, tapi 2017 lalu tim asal Prancis itu membawanya keluar dengan 222 juta euro. Demi penyerang asal Brasil, pemasukan bisa didapat lewat menjual Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele. Ivan Rakitic yang sejatinya mau dipertahankan pelatih Ernesto Valverde pun bisa saja pergi.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

 

SOROT
Semaki menjadi angin segar bagi FC Barcelona, kabarnya Atletico Madrid bahkan bersedia jika transfer Antoine Griezmann dibayar dengan cara dicicil.

           

D
Penulis
Dini Wulandari
news
news