news
LIGA INTERNASIONAL
Ditakuti!
02 July 2019 12:02 WIB
berita
BELO HORIZONTE – Lionel Messi semakin menjadi magnet dalam Piala Amerika 2019, khususnya jelang semifinal antara Argentina lawan tuan rumah Brasil, Selasa (2/7) atau Rabu pagi WIB. La Pulga menjadi isu yang mencuat karena kapten La Albiceleste—julukan Argentina—ini menyatakan: “Saya memang tidak dalam performa terbaik saat ini.”

Pernyataan bintang terbaik dunia tersebut pun mengundang perhatian besar. Fakta bahwa setelah empat laga yang dimainkan Tim Tango, peran Messi memang tidak menonjol, khususnya bagi pemain yang memiliki predikat bintang besar. Dengan situasi tersebut, wajar jika kemudian memunculkan “teori”: Brasil berpeluang meraih kemenangan dalam lagan anti karena Messi masih bermain di bawah performa.




Baca Juga :
- The Haters
- Target Banyak Klub




Ya, demikianlah salah satu isu yang mencuat dari laga Clasico antara Brasil vs Argentina. Namun demikian, tidak semua percaya terhadap teori tersebut. Sejumlah mantan bintang timnas Brasil, justru menilai sebaliknya. Bagi mereka, Messi adalah Messi, pemain yang sangat berbahaya. Bahkan, belum munculnya permainan terbaik membuat bintang Barcelona tersebut menjadi pemain yang semakin ditakuti.

“Ketika Anda memiliki Messi… semuanya bisa menjadi mungkin!” kata Rivaldo, yang telah menorehkan 35 gol dalam 74 laga untuk timnas Brasil sejak 1993 hingga 2003. “Saya kira, dia justru akan termotivasi karena laga selanjutnya (lawan Brasil) adalah pertandingan besar. Inilah momen ketika Argentina sangat membutuhkan dirinya. Dan, Messi tahu bagaimana memberikan reaksi untuk tantangan seperti ini,” dia menegaskan.


Baca Juga :
- Kutukan Barradas
- INFOGRAFIS: Ney+Grizzi?


Ronaldo Nazario, salah satu legenda hidup sepak bola Brasil lainnya juga memperingatkan Tim Samba agar tetap waspada, khususnya terhadap Messi. “Apa yang dapat saya katakana tentang Messi? Saya yakin, Messi tipikal pemain yang selalu ingin membuat orang bahagia dengan permainannya. Dalam usia 32 tahun, serta situasi Argentina yang sangat membutuhkan gelar, Messi datang ke sini bukan untuk berlibur. Bagi saya, Messi adalah sosok terbaik dalam sejarah sepak bola,” kata penyerang yang membawa Brasil dua kali juara Piala Amerika ini (1997 dan 1999).

Intinya, deretan mantan bintang Brasil tersebut tidak percaya dengan isu Messi yang akan terus bermain di bawah performa terbaik. Karena itu, tidak ada cara lain bagi Brasil dalam hal ini pelatih Tite untuk meredam pergerakan La Pulga dalam pertandingan nanti. “Argentina akan menjadi lawan yang sangat sulit dan Messi bisa menentukan pertandingan nanti kapan pun,” kata bintang timnas Brasil yang tampil di Piala Amerika 2019 ini, Philippe Coutinho.

Messi menjadi sosok yang ditakuti pasukan Tite. Soal laga klasik, Messi sudah sembilan kali menghadapi Brasil. Dari jumlah tersebut, dia membawa Tim Tango merah tiga kemenangan, sekali imbang, dan mengalami lima kekalahan. Dari sembilan laga tersebut, dia mampu menorehkan empat gol. Meski demikian, semua gol itu terjadi dalam ajang uji coba. Gol pertamanya terjadi dalam uji coba 17 November 2010, dalam kemenangan 1-0. Lalu hattrick saat menang 4-3 pada 9 Juni 2012.

Karena itu, laga kali ini kesempatan bagi Messi untuk menorehkan gol ke gawang Brasil untuk kategori pertandingan kompetitif. Apalagi, ini pertandingan krusial yang menentukan langkah Argentina untuk ke final dan kemudian meraih gelar Piala Amerika.

Tantangan Messi
Meski demikian, untuk mewujudkannya, Messi memang harus memperlihatkan permainan terbaiknya. Pasalnya, Brasil asuhan Tite merupakan tim yang sangat kokoh di pertahanan. Ya, ini kali pertama dalam sejarah timnas Brasil mereka mereka melalui empat laga dalam ajang Piala Amerika tanpa kemasukan satu gol pun.

Messi akan menghadapi serangkaian tembok berjalan dimulai dari lini tengah Brasil yang memiliki dua gelandang tangguh bertipikal bertahan: Carlos Casemiro dan Arthur Melo. Lalu, ada dua bek berpengalaman di jantung pertahanan: Thiago Silva dan Marquinhos. Terakhir, untuk menorehkan gol, Messi, Sergio Aguero, dan Lautaro Martinez, harus mematahkan penjagaan kiper hebat: Alisson Becker.* Irfan Sudrajat

loading...
n
Penulis
nana sumarna
news
news