UMUM
Fokus Latihan di Bogor untuk Piala AFF U-15, Pemain Timnas U-16 Diberi “PR” oleh Pelatih
01 July 2019 13:15 WIB
berita
Seleksi Timnas U-16/Foto: Husni Yamin
JAKARTA – Timnas Indonesia U-16 telah merampungkan pemusatan latihan tahap kedua sejak Jumat (28/6) lalu. Pemusatan latihan ditutup laga uji coba melawan SKO Ragunan dengan kemenangan Garuda Muda 3-1.

Sebelum bertolak ke Thailand untuk mengikuti Piala AFF U-15 2019, pasukan asuhan Bima Sakti dijadwalkan menggelar pemusatan latihan (TC) terakhir mulai 7 Juli mendatang di Stadion Padjajaran, Bogor. “Kami akan fokus latihan di Bogor sampai berangkat ke Thailand," Bima menuturkan, Minggu (30/6).




Baca Juga :
- Diperkuat Sederet Pemain Timnas U-16 dan Garuda Select, Persib U-16 Justru Terpuruk
- Masuk Runner-up Terbaik, Timnas U-16 Indonesia Lolos ke Piala Asia U-16 2020




Coach Bima puas dengan hasil yang diraih timnas U-16 selama pemusatan latihan tahap kedua. Segala permasalahan berhasil diperbaiki dan kini timnas U-16 tinggal mematangkan persiapan dalam pemusatan latihan tahap akhir.

Bima mengatakan, untuk TC terakhir mendatang dirinya akan lebih mendalami kerja sama tim. Menurut mantan gelandang timnas itu, dalam hal chemistry dan kerja sama timnya masih ada kekurangan selama tahap seleksi pertama dan kedua yang sudah dijalani.


Baca Juga :
- Timnas U-16 Indonesia Imbang Lawan Cina, Finis Runner-up Grup G
- Dibobol Jepang pada Injury Time, Timnas U-16 Malaysia Gagal Lolos Piala Asia U-16 2020


“Kini seluruh pemain diliburkan selama seminggu ke depan,” asisten pelatih timnas U-16, Indriyanto Nugroho, menimpali. Namun, selama libur, jajaran tim kepelatihan timnas U-16 juga tidak lupa memberikan arahan kepada para pemain untuk tetap menjaga kondisi tubuh dengan baik.

“Itulah pekerjaan rumah yang kami berikan kepada setiap setiap pemain. Sebab bagaimanapun kebugaran itu sangat penting. Juga, agar persiapan mereka khususnya fisik yang selama ini sudah diterapkan dalam latihan, tidak sia-sia,” Indriyanto menambahkan.

Piala AFF U-15 akan berlangsung di Thailand pada 22 Juli-9 Agustus mendatang. Dalam ajang ini timnas U-16 tergabung dalam Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Singapura, dan Filipina.

Melihat komposisi tim yang akan dihadapi Garuda Muda pada turnamen level Asia Tenggara tersebut, menurut Indri, sapaan mantan penyerang PSSI Primavera itu, tentu bukan hal yang mudah. Maka itu, Indri menilai persiapan pemain harus lebih matang pada TC terakhir pekan depan.

“Menurut kami semua lawan berat. Vietnam, Filipina, dan Singapura lawan yang tangguh pada level Asia Tenggara. Tetapi setiap tim pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Maka itu jika berbicara optimisme, tentu kami semua harus optimistis bisa mengatasi semua lawan di Piala AFF nanti,” Indri menuturkan.

Ia kemudian menilai selama menggelar TC dan beberapa uji coba, Resa Aditya Nugraha dan kawan-kawan sudah banyak mengalami perkembangan yang dihasilkan. Secara organisasi, teknik, maupun fisik dinilainya mulai meningkat.

“Tentunya perkembangan tersebut terjadi secara bertahap. Lagi pula mereka juga bermain pada kompetisi Liga Elite Pro Academy U-16, jadi paling tidak tinggal membuat mental mereka kuat secara merata pada Piala AFF nanti,” ujar Indriyanto.*Nizar Galang Gandhimar

Pembagian Grup Piala AFF U-15 2019 di Thailand

Grup A

Indonesia, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Singapura, Filipina

Grup B

Thailand, Malaysia, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, Australia

 

Jadwal Timnas U-16 pada Piala AFF U-15 2019

Sabtu, 27 Juli 2019

Vietnam vs Indonesia

Senin, 29 Juli 2019

Indonesia vs Singapura

Rabu, 31 Juli 2019

Indonesia vs Timor Leste

Jumat, 2 Agustus 2019

Filipina vs Indonesia

Minggu, 4 Agustus 2019

Indonesia vs Myanmar

 

 

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id