KICK OFF
Mineirao, Argentina, dan Maracana
01 July 2019 04:02 WIB
berita
ADA Stadion Mineirao yang menyimpan tragedi Mineirazo. Di stadion itu pula pada Selasa (2/7) nanti, akan datang Argentina. Ya, Brasil akan menghadapi dua “hantu” tersebut dalam fase semifinal Piala Amerika 2019. Mineirao merupakan tempat yang meninggalkan memori paling pahit dalam sejarah sepak bola Brasil. Di stadion tersebut, Tim Samba digulung Jerman dengan skor 1-7 pada 8 Juli 2014, dalam semifinal Piala Dunia.

Kekalahan telak tersebut kemudian disebut dengan tragedi Mineirazo oleh publik sepak bola Brasil. Selain sebagai salah satu tim kuat dalam sepak bola dunia, Brasil memang memiliki sejumlah sebutan terkait momen-momen pahit dalam perjalanan mereka. Stadion Maracana contohnya, yang kemudian dikenal dengan Maracanazo, sebutan untuk peristiwa kekalahan mengejutkan timnas Brasil dari Uruguay dalam final Piala Dunia 1950 di stadion tersebut.


Baca Juga :
- Magnet Besar Maguire dan De Ligt
- Griezmann Lebih Loyal dibanding Neymar




Kini, Piala Amerika 2019 bisa menjadi momentum Brasil untuk memperbaiki semua itu. Namun, sebelum ke Maracana, pasukan Tite harus lebih dulu menghapus Mineirao dengan cara mengalahkan rival abadi mereka: Argentina. Setelah kekalahan dari Jerman dalam Piala Dunia 2014 tersebut, timnas Brasil memang belum pernah lagi memiliki kesempatan tampil di stadion milik klub Cruzeiro tersebut.

Bagi tim yang memiliki sejarah besar dalam sepak bola, tim yang lima kali merengkuh trofi Piala Dunia dan delapan kali Piala Amerika, tentu banyak trauma yang dialami tim ini. Meski demikian, selain sejumlah trauma, mereka tentu memiliki lebih banyak momen indah dan mengesankan. Khususnya jika mengukur rivalitas mereka dengan berbagai gelar yang mereka raih sejak masa silam. Brasil total telah mengoleksi 17 gelar dalam ajang besar (Piala Dunia 5 kali, Piala Amerika 8 kali, dan Piala Konfederasi 4 kali).


Baca Juga :
- Inter Bukan Hanya Icardi
- Griezmann Melengkapi Barcelona


Meski demikian, soal jumlah trofi, Argentina pun punya jumlah yang sama. Dalam sejarahnya, Argentina juara Piala Dunia 2 kali, 14 kali Piala Amerika, dan 1 kali Piala Konfederasi. Karena itulah, duel yang mempertemukan keduanya dalam semifinal Piala Amerika 2019 nanti akan memberikan satu gelar tambahan. Jika di antara Brasil dan Argentina berhasil meraih gelar ajang ini, tentu mereka bakal lebih banyak perolehan trofinya.

Bagi Brasil, sukses meraih gelar Piala Amerika 2019 akan sangat berarti karena dengan demikian mereka telah mengatasi hantu dan trauma yang selama ini selalu dikaitkan dengan nasib buruk. Sebaliknya, bagi Argentina, kekalahan dalam semifinal nanti praktis akan membuat mereka kembali berada dalam penantian gelar yang panjang.*Irfan Sudrajat

n
Penulis
nana sumarna
news