KICK OFF
Los Incas Bisa Mengejutkan
29 June 2019 04:01 WIB
berita
PERU akan menantang sang pemegang rekor 15 gelar: Uruguay, dalam perempat final Piala Amerika 2019. Tentu saja, soal siapa yang favorit, Uruguay yang memiliki peluang untuk meraih kemenangan. Salah satu alasannya adalah keunggulan kualitas skuat, terutama di barisan depan. Uruguay memiliki Luis Suarez dan Edinson Cavani, dua predator yang masing-masing telah menorehkan dua gol sepanjang penampilan keduanya di Piala Amerika kali ini.

Suarez dan Cavani dua pemain dengan jumlah tembakan terbanyak. Suarez melepaskan 17 tembakan, sedangkan Cavani membukukan 13 tembakan. Suarez rata-rata melepaskan 5,7 tembakan per laga. Sementara itu, Cavani 4,3 tembakan. Karena itu, faktanya tidak ada pemain yang paling sering melepaskan tembakan atau meneror pertahanan lawan dibandingkan dengan duet Uruguay tersebut. Kekuatan Uruguay dapat dilihat dari perjalan mereka dalam fase grup.




Baca Juga :
- Jalan Terjal Liverpool
- Kekuatan Barca Bakal Lebih Dahsyat




Tim asuhan Washington Tabarez ini telah menekuk Ekuador dengan empat gol tanpa balas, lalu imbang 2-2 lawan Jepang, dan terakhir mengalahkan Cile 1-0. Di sisi lain, Uruguay memiliki keseimbangan dalam kekuatan pertahanan mereka. Lalu, ada sejumlah gelandang yang kini tengah dalam penampilan menanjak. Sebut saja Lucas Torreira yang belakangan diminati  klub besar Eropa. Meski demikian, asa Uruguay bisa hilang jika mereka meremehkan Peru.

Terlepas dari kekalahan telak mereka dari Brasil, Peru praktis telah memperlihatkan sebagai tim dengan mental yang kuat. Setelah imbang tanpa gol lawan Venezuela pada laga pertama grup, pasukan Ricardo Gareca ini mampu membuat kejutan dengan bangkit saat lawan Bolivia. Pertama mereka tertinggal satu gol namun kemudian mereka mengejar hingga akhirnya membalikkan kedudukan menjadi menang 3-1.


Baca Juga :
- Conte Mampu Membuat Pemain Bangkit
- Kini Banyak yang Meragukan Solskjaer


Sebagai tim yang terdiri dari pemain sarat pengalaman, Uruguay tentu tidak akan meremehkan Peru. Saat ini, Charrua memang beruntung karena memiliki delapan pemain yang punya pengalaman dalam ajang Piala Amerika. Mereka adalah kiper Fernando Muslera dan Martin Silva. Lalu ada bek Martin Caceres, Diego Godin, dan Sebastian Coates. Di lini tengah, Uruguay memiliki Nicolas Lodeiro. Dan tentu para penyerang seperti Edinson Cavani dan Luis Suarez. Semua pemain ini terlibat ketika membawa timnas Uruguay juara Piala Amerika 2011.

Sebaliknya, Peru datang dalam laga ini dengan situasi yang tidak ideal setelah mereka kehilangan Jefferson Farfan yang cedera. Gareca sendiri belum menegaskan siapa yang akan menggantikan peran Farfan. Meski demikian, Gareca pelatih yang tahu menghadapi situasi ini. Bahkan, dia telah memberikan pesan lewaet sosial media terkait tekad timnya untuk bangkit.*Irfan Sudrajat


 

n
Penulis
nana sumarna