ONE CHAMPIONSHIP
Pengalaman Atlet ONE Championship Berbelanja dari UKM Indonesia 
27 June 2019 20:21 WIB
berita
Priscilla Hertati Lumban Gaol, atlet mixed martial arts (MMA) Indonesia sering berbelanja di UKM
JAKARTA - Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan tulang punggung dari ekonomi berbagai negara, termasuk Indonesia – dimana sektor ini berkontribusi terhadap lebih dari 60 persen pendapatan negara. 

Sebagai negara kepulauan dengan beragam suku dan budaya, produk yang dihasilkan oleh para pegiat UKM ini pun bermacam-macam. UKM ini dikategorikan sebagai unit usaha yang memiliki tidak lebih dari 250 karyawan.


Baca Juga :
- Atlet Bela Diri Campuran Indonesia Berbicara Tentang Ground Game
- Apa Yang Dipertaruhkan Dalam ONE: MASTERS OF DESTINY?




Mulai dari makanan tradisional, sampai pada miniatur dan pakaian yang menggambarkan ciri khas suatu daerah, seluruhnya memiliki peran dalam membangkitkan pertumbuhan ekonomi. 

Peran UKM juga sudah diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang menetapkan 27 Juni sebagai hari perayaan bagi UKM. Fakta bahwa UKM telah membuka banyak lapangan pekerjaan dianggap sebagai salah satu faktor pentingnya sektor ini dalam dunia usaha.


Baca Juga :
- Catatan KO Terbaik dari Petarung di ONE: MASTERS OF DESTINY
- Atlet MMA Asal Indonesia Serukan Perang Terhadap Narkoba


Berdasarkan pengalaman Priscilla “Thatie” Hertati Lumban Gaol, atlet mixed martial arts (MMA) Indonesia yang tergabung dalam organisasi beladiri terbesar dunia, ONE Championship, UKM memberikan peran penting bukan hanya bagi pelaku usaha, tapi juga bagi konsumen.

“Saya sering berbelanja di UKM dan hal ini sudah menjadi kebiasaan, karena faktor harga yang lebih bersaing,” ujar Priscilla, yang saat ini mengincar perebutan gelar Juara Dunia divisi atomweight.

Menurutnya, kehadiran UKM ini dapat memberi pelanggan opsi produk yang lebih banyak lagi.  “Ketika saya mencari barang tertentu, tak jarang saya berbelanja di pasar Jatinegara [Jakarta Timur],” tambah Priscilla, yang mencetak kemenangan saat bertanding di Jakarta baru-baru ini.

Atlet berdarah Batak yang kini tinggal di Jakarta ini juga menyebutkan keunggulan lain dari produk yang dipasarkan oleh UKM. Ia mengatakan para konsumen dapat melihat langsung proses pembuatan atau pengemasan sebuah produk, karena biasanya lokasi penjualan produk itu berada di dekat lokasi pembuatannya.

“Pada dasarnya, produk UKM juga memiliki daya saing jika dibandingkan produk luar, asal kita bisa memilah dengan baik,” katanya. “Selain itu, hal yang unik dari berbelanja di UKM adalah harga yang lebih murah, karena kita terkadang dapat menawar [harga beli].”

Hal yang sama diungkapkan pula oleh atlet MMA senior Indonesia lainnya, “The Terminator” Sunoto, yang juga tergabung bersama ONE. Atlet kelahiran Blora, Jawa Tengah ini menyampaikan bahwa UKM juga dapat memberi peluang lebih bagi pegiat sektor usaha kecil untuk memasarkan produknya.

“Mereka punya peran penting dalam hal supply dan demand, menghubungkan banyak sektor ke konsumen,” ujar petarung yang berasal dari keluarga petani ini.

Disamping itu, berbelanja dari UKM bisa membantu perekonomian orang-orang yang terlibat didalamnya. Barang-barang yang dipasarkan di UKM, menurutnya, tidak kalah bersaing dengan barang yang dipasarkan di tempat-tempat elit seperti mall. 

news
Penulis
Suryansyah
news