news
LIGA INTERNASIONAL
Inggris Kejar Gelar dan Tiket ke Tokyo
27 June 2019 07:54 WIB
berita
Penyerang timnas putri Inggris Ellen White (kanan) siap membawa timnya melangkah lebih jauh daripada perempat final Piala Dunia Wanita.
LE HAVRE – Tim nasional putri Inggris siap mengulang sukses empat tahun lalu saat bertemu Norwegia di perempat final Piala Dunia Wanita 2019 di Stade Oceane, Kamis (27/6). Ketika itu Lionesses berhasil mengalahkan Gresshoppene 2-1 pada 16 besar di Ottawa sebelum akhirnya finis di peringkat ketiga.

Itu menjadi pencapaian tertinggi timnas putri Inggris sepanjang sejarah. Kini, mereka berharap bisa kembali menembus semifinal pada turnamen di Prancis ini. Harapan itu harus dipenuhi bukan saja demi menjaga impian jadi juara tapi juga untuk menjaga peluang lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.




Baca Juga :
- Kepa Bikin Timnas Spanyol Seri Lawan Norwegia di Menit Terakhir
- Kado Perpisahan Terindah Ellis




Hanya tiga tim Eropa dengan pencapaian tertinggi di Piala Dunia Wanita 2019 yang berhak ke Jepang. Persaingan menjadi lebih ketat mengingat tujuh dari delapan perempat finalis berasal dari Benua Biru. Amerika Serikat merupakan satu-satunya tim di babak delapan besar yang berasal dari luar Eropa.

Jika AS kalah dari tuan rumah Prancis di perempat final maka keempat semifinalis akan berasal dari Eropa. Dengan begitu, Inggris minimal harus bisa mengulang prestasi di Piala Dunia 2015 agar bisa merebut tiket ke Tokyo tahun depan.


Baca Juga :
- Swedia Tetap di Posisi Dua
- Timnas Wanita Amerika Serikat Pertimbangkan Tunjuk Phil Neville Sebagai Pelatih


Ini akan jadi beban tambahan bagi Inggris, tapi pelatih Phil Neville menegaskan para pemainnya harus bisa menghadapi tuntutan tersebut. “Tiga atau empat tahun lalu, kami berjuang untuk meraih perhatian publik dan media. Kini, setelah berhasil meraihnya, kami tidak akan melangkah mundur. Kami akan menyambut tekanan ini dengan tangan terbuka,” kata Neville.

Inggris tampil impresif di Piala Dunia Wanita 2019. Mereka memenangi ketiga laga di fase grup dengan mencetak lima gol dan kebobolan hanya satu gol sebelum menghajar Kamerun 3-0 di 16 besar.

Striker Ellen White jadi salah satu bintang dengan mencetak empat gol dalam tiga laga. Torehan ini menempatkannya di peringkat kedua daftar top scorer di bawah Sam Kerr (Australia) dan Alex Morgan (AS) yang sama-sama mengoleksi lima gol.

“Permainan Ellen telah naik ke level lebih tinggi,” ucap Neville. “Di Piala Eropa dua tahun lalu, dia bermain di sayap kiri. Orang bilang dia seorang pekerja. Kini, dia salah satu striker terbaik di turnamen ini. Kini, dia seperti Ruud Van Nistelrooy, Alan Shearer, atau Michael Owen. Dia telah berubah dari pekerja keras menjadi predator.”

Tapi, masalah mengganggu yang bisa mengancam peluang Inggris meraih kemenangan lawan Norwegia. Kedua pilar jantung pertahanan Lionesses, Steph Houghton dan Millie Bright, dalam kondisi yang diragukan. Houghton mengalami cedera lawan Kamerun di babak 16 besar sementara Bright terserang virus.

Neville akan menantikan perkembangan kondisi kedua pemain itu hingga saat-saat akhir. Tapi, dia juga tidak akan panik jika salah satu atau keduanya tidak pulih tepat waktu. Pasalnya, Inggris masih memiliki dua bek tengah yang tidak kalah tangguh, Leah Williamson dan Abbie McManus.

Di kubu Norwegia, dendam atas kekalahan di babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2015 jadi salah satu faktor yang menambah motivasi mereka dalam duel lawan Inggris kali ini. Apalagi, itu menjadi pencapaian terendah Gresshoppene di turnamen ini. “Saya sangat terpukul saat itu dan rasa itu masih ada hingga sekarang. Saat itu saya masih muda, tapi kekalahan itu sangat berat,” kata bek 26 tahun Maria Thorisdottir.*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Perkiraan Starter 
NORWEGIA – INGGRIS
Stadion: Oceane
Wasit: Lucila Venegas Montes
Prediksi TopSkor: 45-55

NORWEGIA 4-4-2
Pelatih:
Martin Sjoegren

1 Hjelmseth

2 Wold
6 Mjelde
3 Thorisdottir
17 Hegland-Minde

21 Saevik
8 Risa
14 Syrstad Engen
16 Reiten

10 Hansen
9 Herlovsen

Cadangan: 12 Fiskerstrand, 13 Asland, 15 Eikeland, 5 Hansen, 4 Hovland, 18 Leonhardsen-Maanum, 11 Utland

INGGRIS 4-3-3
Pelatih:
Phil Neville

1 Bardsley

2 Bronze
14 Williamson
15 McManus
3 Greenwood

4 Walsh
10 Kirby
8 Scott

7 Parris
18 White
11 Duggan

Cadangan: 13 Telford, 5 Houghton, 6 Bright, 20 Carney, 23 Staniforth, 19 Stanway, 9 Taylor

Pertemuan Terakhir:
22/01/17       Uji Coba          Inggris 0-1 Norwegia
22/06/15       Piala Dunia     Norwegia 1-2 Inggris

 

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news