news
LIGA INGGRIS
Wan-Bissaka Bisa Berikan MU Dua Keuntungan
26 June 2019 15:06 WIB
berita
Aaron Wan-Bissaka (kiri)/Istimewa
MANCHESTER – Ada alasan kuat Manchester United FC (MU) sangat getol mendatangkan Aaron Wan-Bissaka dari Crystal Palace FC musim panas ini. Sebab, kehadiran pemain 21 thun itu dapat memperkuat pertahanan. Tak hanya itu, kehadirannya akan memberikan ruang gerak lebih agresif dari sisi sayap. Ya, posisi Wan-Bissaka adalah bek kanan. Ia memiliki kemampuan mengover lini belakang sekaligus membantu serangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, MU seperti membiarkan sayap kanannya mandek. Pelatih Setan Merah Ole Gunnar Solskjaer usai laga Boxing Day tahun lalu mengakui, dalam sepak bola modern, penting untuk memiliki full-back yang punya inisiatif menyerang. Awalnya, strategi ini diterapkan dan berjalan lancar. Namun, seiring waktu, pertahanan MU seperti kehabisan bahan bakar.




Baca Juga :
- Kiper MU Kecelakaan, Lamborghini Seharga Rp 3,1 Miliar Ringsek
- MU Kehilangan Rashford 3 Bulan, Solskjaer Uring-uringan




Itu akibat faktor kebugaran yang dialami para pemain, tak terkecuali di lini belakang MU. Pertahanan menjadi rapuh karena sejumlah bek kerap dilanda cedera. Sebenarnya, saat masih ditangani Jose Mourinho, sudah ada upaya klub untuk mengatasinya problem tersebut. Termasuk, medatangkan Stefano Rapetti, sebagai pelatih kebugaran yang pernah bersama Mou di FC Internazionale. Namun masalah itu belum juga teratasi.

Itu mengapa, MU sangat butuh Wan-Bissaka yang kini dianggap sebagai salah satu bek sayap terbaik di Liga Primer. Meski, baru berusia 21 tahun, Solskjaer melihatnya sebagai pemain yang dibutuhkan Setan Merah untuk mengisi posisi bek kanan. Yang menarik, justru tantangan yang akan dihadapi Wan-Bissaka. Bermain di klub seperti MU tentu akan menghadirkan beban dan tekanan yang lebih besar.


Baca Juga :
- Taklukkan Setan Merah, Begini Kata Jurgen Klopp
- Pogba Pakai Kruk Tiba di Paris Bersama Istrinya, Ini yang Dilakukan


Maklum, sejauh ini sang pemain baru memperkuat tim utama Crystal Palace dalam dua musim terakhir. Pengalamannya jelas masih sangat minim. Ditambah lagi, level The Eagles jauh di bawah MU. Di Old Trafford, tantangannya akan jauh lebih rumit. Wan-Bissaka tidak hanya dituntut membantu Setan Merah meraih kemenangan di setiap pertandingan, ia juga harus mampu memberikan performa maksimal.

Apalagi MU harus mengeluarkan dana besar untuk memboyongnya. Pasalnya, Palace tak akan melepasnya dengan banderol kurang dari 50 juta paun. Jika negosiasi rampung, Wan-Bissaka bisa tampil dalam laga perdana Setan Merah di Liga Primer melawan Chelsea FC di Old Trafford, 11 Agustus mendatang. Duel ini menarik. Sebab, Wan-Bissaka kemungkinan berduel dengan Christian Pulisic yang akan diplot sebagai sayap kiri The Blues.

“Keuntungan saya bisa bermain sebagai sayap,” kata Wan-Bissaka. “Jadi, siapa pun yang akan saya hadapi, saya tahu apa yang harus dilakukan. Entah mereka berada di dalam atau sisi luar (lapangan), tetapi saya hanya fokus untuk tim.”

Wan-Bissaka tampil impresif saat The Eagles menahan MU 0-0 di Old Trafford pada 24 November lalu. Ketika itu, Setan Merah masih dilatih Mourinho. Ia tampil sebagai bek kanan yang solid dan agresif. Hanya saja, Wan-Bissaka absen ketika C. Palace menjamu MU di Selhurst Park, tiga bulan kemudian. Hasilnya,  mereka menelan kekalahan 1-3 dari pasukan Solskjaer.*CHOIRUL HUDA

Dalam Angka

42 – Total pertandingan yang dilakoni Aaron Wan-Bissaka bersama Crystal Palace di Liga Primer sejak 2017/18.

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news