LIGA TOPSKOR
Sebanyak 24 Pemain Lolos ke Seleksi Tahap Akhir TopSkor Indonesia
24 June 2019 07:57 WIB
berita
Siasana seleksi TopSkor Indonesia goes to Gothia Cup Cina 2019 - Foto TopSkor/Ady Sesotya
BOGOR - Seleksi tahap kedua tim TopSkor Indonesia (TSI) goes to Gothia Cup Cina 2019 telah berakhir, Minggu (23/6). Dari 31 pemain yang mengikuti seleksi di lapangan Universitas Trisakti Nagrak, Ciangsana, Bogor dan Lapangan Garem, Gunung Sindur, tim pelatih akhirnya menetapkan 24 pemain yang bakal mengikuti seleksi tahap akhir yang akan digelar Jumat (28/6), Sabtu (29/6), dan Minggu (30/6) mendatang.

Nantinya mereka akan terus bersaing sebelum pelatih menentukan 16 pemain yang akan berangkat ke Gothia Cup Cina 2019, Agustus mendatang. Para pemain seleksi ini telah dipantau selama kurang lebih dua pekan dengan mengikuti enam kali sesi latihan.


Baca Juga :
- TVN: Topskor Indonesia Melakukan Serangkaian Uji Coba Sebelum ke Cina
- Skrining Play-off Liga TopSkor U-12 Rampung




Berbagai aspek dinilai, mulai teknik dasar bermain bola, mental, kemampuan pemain dalam membangun serangan dari bawah (build-up), menjaga pertahanan, intelegensi dalam mengambil keputusan, mengontrol tekanan lawan, hingga ketahanan fisik.

Hasilnya, tim pelatih menetapkan 24 pemain yang lolos seleksi lanjutan, sementara sisanya terpaksa dipulangkan. Namun bukan berarti, pemain yang ditepikan tersebut peluangnya tertutup. Mereka sudah masuk dalam bank data TSI, dan sewaktu-waktu bisa saja dipanggil kembali.


Baca Juga :
- TopSkor Indonesia Menang Selusin Gol
- Jajal PaSS Parung, TopSkor Indonesia Coba Mengeksplorasi Peran Lini Kedua


“Pastinya ini bukan keputusan mudah. Sebab pemain-pemain yang mengikuti seleksi lanjutan ini, merupakan yang terbaik mewakili dari SSB masing-masing,” kata pelatih kepala TSI Yunus Muchtar.

Menurut Yunus, pemain yang dipanggil seleksi sejatinya punya kualitas. Sebelum menetapkan daftar nama-nama yang lanjut seleksi tahap akhir, tim pelatih pun mendiskusikannya dengan Direktur Liga TopSkor M Yusuf Kurniawan. Selanjutnya, Yunus berencana di tengah proses seleksi akhir nantinya akan ada jadwal uji coba.

“Uji coba penting, untuk kami tim pelatih menilai konsistensi dari para pemain. Juga untuk melihat mentalitas mereka dalam simulasi pertandingan yang sesungguhnya. Biasanya ada yang bagus saat latihan tapi melempem saat pertandingan,” ucap Yunus.

Dalam tiga latihan ke depan, pemain akan dipantau lebih rinci lagi kemampuan mereka  dalam pertandingan. Rencananya, seleksi tahap ketiga akan kembali digelar di lapangan Universitas Trisakti. “Saya sangat mengapresiasi perjuangan para pemain dalam memperlihatkan kemampuan mereka. Sejauh ini mereka terlihat selalu berlatih dengan motivasi tinggi,” Yunus melanjutkan.

Seleksi tim TSI sendiri akan terus berlangsung hingga Juli mendatang, demi mendapat 16 pemain terbaik. Pemain-pemain ini yang nantinya akan dibawa untuk tampil di ajang Gothia Cup 2019 di Qhingdao, Cina, pada Agustus mendatang.

Beban berat pun berada di pundak Yunus dan tim. Bagaimana tidak, Yunus ditargetkan memperbaiki prestasi tim U-14, yang selama dua tahun terakhir harus puas menempati peringkat ketiga. Menariknya, di dua edisi tersebut, TSI U-14 selalu disingkirkan tim bentukan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA).* FURQON AL FAUZI

 

Pemain Seleksi Lanjutan TSI

Kiper: Raufa (UNI), M Deryl (Asia FS)

Belakang: Imam Badrujaman (ISA), M Revansyah (Kabomania), M Arka (Villa 2000),  M Fadli (ISA), Sadewa (Tunas Cileungsi), Bintang Ramadan (Villa 2000), Farhan (RMD)

Tengah: Taufikul Hakim (Kabomania), Nathaniel (Asia), Raihan Hafiz (ISA); Ahmad Syauki (Salfas Soccer),  Raditya Agustin (Matador Mekarsari), Farel (Saint Prima), Rafi Yuwanda Saragih (Siaga Pratama), Doni Pamungkas (Bina Taruna)

Depan: Aditia R (Kabomania), Bagas Prayoga (Asia), Odillo Pinutusta (ASIOP), Malik Kaldi (Matador Mekarsari), Bani Satriani (UNI Bandung); Adrian Irfansyah (TMP SoccerOne),  Rizaldi Putra (ISA)

 

R
Penulis
Rizki Haerullah
news